5 Cara Ampuh Melembabkan Kulit Wajah

Posted on
Taukah Anda? kulit yang kering sebenarnya tidak baik karena dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini, keriput, serta kekusaman. Buat Anda yang merasa tidak percaya diri dengan kulit wajah yang terasa kering dan kasar, mulai sekarang Anda harus rajin-rajin memberikan asupan cairan, nutrisi, serta vitamin, agar kulit muka tetap lembab.

Untuk mengembalikan kelembaban kulitmu cobalah menjalankan secara rutin tips-tips cara melembabkan kulit berikut ini :

1.    Perbanyak mengkonsumsi air putih
Pada situasi tertentu, kulit sering kali mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini disebabkan beberapa sebab diantaranya adalah :
a.    Faktor cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin
b.    Berada dalam ruangan ber AC yang terlalu lama, serta
c.    Terlalu lama berjemur di bawah terik sinar matahari, 

Semua itu dapat penyebab kulit menjadi dehidrasi, meminum air putuh sebanyak minimal 8 gelas per hari  ini untuk memenuhi asupan air serta mineral yang dibutuhkan untuk melembabkan kulit.

Anda tidak perlu takut menjadi gemuk, karena air putih tidak membuat gemuk, tapi sebaliknya sangat baik untuk kesehatan. Sebenarnya dengan banyak mengkonsumsi air putih anda bisa tetap langsing.

2.    Konsumsi buah-buahan segar
Konsumsilah buah-buahan segar yang banyak mengandung nutrisi, vitamin, karoten, likopen, dan lain lain. Dengan mengkonsumsi buah-buahan segar setiap hari yang banyak mengandung vitamin akan mendorong produksi kolagen pada kulit.

Konsumsilah buah yang banyak terdapat kandungan air, vitamin C serta vitamin K dan E. Buah-buahan berikut adalah buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin A, C, E dan K, sanga dianjurkan bagi anda untuk mengembalikan kulit yang kering dan kusam.
a.    Buah manga
b.    Tomat
c.    Semangka
d.    Anggur
e.    Jeruk

3.    Memperbanyak konsumsi sayur sayuran
Terbiasa makan makanan instan atau makanan siap saji menyebabkan wanita modern kurang memperhatikan asupan gizi dari sayur-sayuran. Padahal sayur-sayuran sangat banyak manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Seperti halnya buah-buahan, sayur-sayuran bisa menjadi sumber vitamin, gizi, serta nutrisi yang dapat membantu kulit tetap lembab. berapa jenis sayur-sayuran yang baik untuk menjaga kelembaban kulit di antaranya adalah
a.    Bayam
b.    Wortel
c.    Brokoli, serta
d.    Kubis.

Sayuran dalam jumlah cukup dapat memenuhi kebutuhan vitamin A, vitamin E, vitamin C, serta dapat menjadi sumber antioksida. Biasakanlah memakan sayuran segar secara rutin setiap hari agar kulit tetap lembab, dan terhindar dari penuaan dini.

4.    Olahraga
Seiring bertambahnya usia, seseorang akan kehilangan banyak hal. Diantaranya,
a.    Kekencangan kulit
b.    Kelembaban kulit, hingga
c.    Kemampuan kulit dalam menyerap nutrisi dan vitamin dari luar seprti dari cream vitamin.

Pada usia 30 tahun ke atas, seseorang harus mengimbangi asupan nutrisi dari dalam dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Olahraga dilakukan untuk tetap menjaga agar kulit tetap kuat elastis kencang dan segar.

Olahraga-olahraga ringan seperti berjalan kaki, senam, serta peregangan otot, dapat membantu tubuh mengeluarkan zat-zat berbahaya melalui keringat. Dengan begitu kulit akan tetap sehat dan lembab.

5.    Manfaatkan eksfoliasi
Mungkin eksfoliasi sedikit terdengar asing di telinga anda. Eksfoliasi adalah sebuah proses pengelupasan pada kulit untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan terangkatnya sel kulit mati akan memudahkan nutrisi serta vitamin menyerap ke dalam kulit.

Akan tetapi perlu diingat, melakukan eksfoliasi tidak boleh terlalu sering. Lakukan eksfoliasi hanya untuk membantu kulit mengangkat sel kulit mati 3 (tiga) bulan sekali. Karena apabila terlalu sering melakukan ekspolitasi pada kulit, akan mengakibatkan kulit kehilangan keseimbangan dan justru akan menjadikannya semakin kering.

Sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit untuk mendengarkan saran agar anda tahu bagaimana cara melakukan eksfoliasi yang benar dan tepat.

Tips dan Cara melembabkan kulit wajah di atas adalah sebagian kecil dari begitu banyak cara melembabkan kulit wajah lainnya. Masih ada banyak tips-tips dan cara lain yang bisa anda lakukan untuk menjaga kelembaban kulit. Oleh karena itu, tetaplah berusaha merawat dan menjaga serta jangan gampang menyerah. Karena kulit adalah investasi yang harus dimiliki oleh seorang wanita untuk penampilan yang sempurna.