Prinsip , Sikap Dan Rahasia Sukses Para Wirausahawan Dunia

Posted on

Untuk menjadi wirausaha yang sukses diperlukan suatu tekad yang mantap dan mampu membaca peluang pasar. Contoh tokoh wirausaha yang sukses di bidangnya, seperti Bill Gates, Henry Ford, Ducan Symne, Tirto Utomo, dan Mas Agung. Mereka pada awalnya merupakan wirausaha kecil yang berhasil dalam usahanya karena ketepatannya dalam memilih bidang usaha yang digeluti. Di antara faktor-faktor yang mendukung keberhasilan wirausaha tersebut sebagai berikut:

  1. tipe orang-orangnya yang ulet dan pekerja keras serta mempunyai tujuan dan dedikasi yang tinggi;
  2. tipe orang-orang yang mempunyai komitmen tinggi untuk mencapai tujuan dan berprestasi bagi perkembangan usahanya;
  3. ada dukungan faktor ekstemal berapa permintaan akan barang dan jasa.

donald e petersen

Agar lebih jelasnya, di bawah ini dimuat prinsip dan sikap wirausaha terkenal yang membeberkan rahasia suksesnya.

1. Donald E. Petersen (Presiden Ford Motor Company)

Bekerja sebagai pemain tim, bukan perorangan. Pertandingan tidak dimenangkan atau dikalahkan oleh satu orang, melainkan lebih merupakan usaha kelompok. Perlakukanlah orang- orang dengan hormat dan layak. Percaya kepada kemampuan dasar untuk melakukan yang terbaik.
Jangan pernah berkompromi dengan integritas pribadi. Bersedialah untuk memeriksa keputusan-keputusan dengan sederetan nilai kepribadian, yaitu kebenaran. Perkayalah orang- orang disekelilingnnya, baik bawahan maupun rekan-rekan dan mereka pantas mendapat keuntungan dari pemikiran atau ide-ide.

2. Dr. Joyce Brothers (tokoh termasyhur Amerika)

Sebelum saya pergi tidur di malam hari, saya selalu mencatat dalam ingatan saya tentang tiga perkara penting yang haras saya lakukan keesokan harinya. Saya memulai dengan menyelesaikan perkara satu persatu. Saya haras selesai melakukan hal-hal ini atau paling tidak melakukan usaha untuk menyelesaikannya. Saya merasa bebas untuk melakukan hal-hal lainnya dalam seharian itu. Saya mencatat apabila saya gagal melakukan perkara-perkara sepele terlebih dahulu, sehingga perkara-perkara penting justra tidak tertangani.

3. Allan Bean (Astronout Apollo 12)

Sifat yang sangat penting untuk satu kesuksesan adalah penanganan suatu angan-angan. Saya sering menanyakan kepada orang-orang yang berangan-angan. Apa yang Anda lakukan hari ini untuk mewujudkan angan-angan? Temyata 85% di antara mereka tidak melakukan apa pun. Mereka merencanakan untuk melakukan minggu depan atau bulan depan karena mereka terlalu sibuk hari ini. Namun, 85% orang-orang ini boleh jadi tidak akan pernah menyaksikan angan-angan mereka menjadi kenyataan. Tanyakan kepada diri sendiri hal yang sama, apakah yang telah kulakukan hari ini untuk mewujudkan angan-angan saya?

4. Mary Kay Ash (Presiden Mary Kay Cosmetics)

Mereka yang menaiki tangga-tangga sukses tampaknya memiliki unsur-unsur kesamaan, yaitu keyakinan yang tidak terguncang dalam dirinya dan dalam segala hal yang sedang diusa- hakannya. Ketekunan dan determinasi adalah hal-hal pokok. Sukses hanya dapat dicapai oleh orang-orang yang yakin akan apa yang dikerjakannya.

5. Me Donald (Wirausahawan Hamburger)

Pelayanan kepada konsumen adalah (Quality, Service, Cleaness, dan Value) QSCV. Apakah tema perjuangan dapat meningkatkan karisma seorang wirausaha? Jawabannya sederhana, bahwa tema perjuangan mengajak perusahaan untuk mewujudkan dirinya. Dengan tema yang karismatik, orang-orang akan lebih jelas dan mudah disatukan. Jadi, cetuskanlah slogan-slogan kerja yang mendorong semangat dan etos kerja agar tujuan perusahan terukur. Canangkan slogan dengan konsisten. Dukunglah pengembangannya. Jika kamu seorang wirausaha yang tidak berhasil, salahkan dirimu sendiri.

6. Steven Jobs (Wirausahawan Legendaris)

Siapa sebenamya Steven Jobs? Apakah ia seorang pengusaha besar? Ia adalah wirausaha Amerika kecil-kecilan. Apakah ia seorang insinyur atau ahli teknik komputer? Bukan juga, ia adalah orang yang menghargai kredibilitas, ia penemu Apple Computer. Ia memandang hasil kreativitas itu sebagai komoditas yang dapat dijual. Apakah ia seorang yang kaya ray a pada awalnya? Jelas bukan. Ia dengan keberaniannya dan perhitungan dagangnya berhasil meyakinkan pemilik modal. Seorang ahli pemasaran ulung barangkali? Bukan juga. Ia seorang ahli strategi bisnis yang tidak tanggung-tanggung. Melihat latar belakang kesuksesan wirausaha Stave Jobs, rasanya kita perlu mencoba menengok ke sekeliling kita. Kita yakin bahwa di sekeliling kita banyak produk prototype hasil kreativitas orang lain yang bisa kita pasarkan atau kita modifikasikan. Jika kita jeli memandang dan memilih serta mewujudkan konsep Steven Jobs, tidak mustahil akan lahir di antara kita seorang wirausahawan legendaris.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Prinsip , Sikap Dan Rahasia Sukses Para Wirausahawan Dunia. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: