25 Pengertian Belajar Menurut Pendapat Para Ahli dan Kesimpulannya Terlengkap

Posted on

Mengetahui Pendapat Para Ahli tentang Definisi Belajar dan Pengertian Secara Umum

Kalian pasti sudah tidak asing mendengar kata belajar, karna sudah pasti kegiatan belajar merupakan kegiatan yang setiap hari kalian lakukan apalagi kalian adalah seorang pelajar. Lalu, apakah yang dimaksud dengan kata belajar?

Nah.. kali ini pelajaransekolahonline akan membahas mengenai pengertian dari belajar. Secara umum belajar merupakan suatu kegiatan berproses dan merupakan unsur fundamental dalam setiap jenjang pendidikan. Kegiatan belajar dilakukan setiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai positif.

Banyak ahli mengemukakan pendapatnya mengenai definisi belajar, dari setiap definisi yang diungkapkan berbeda-beda menurut pandangan mereka.

Definisi belajar menurut ahli

  1. Menurut Hamalik
    Belajar merupakan perubahan tingkah laku yang relatif mantap berkat latihan dan pengalaman.
  2. Menurut Anni
    Belajar merupakan proses penting bagi perubahan perilaku manusia dan mencakup segala sesuatu yang difikirka dan dikerjakan.
  3. Menurut Darsono
    Belajar merupakan suatu kegiatan yang melibatkan individu secara keseluruhan, baik fisik maupun psikis, untuk mencapai suatu tujuan.
  4. Menurut Sardiman
    Belajar merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan, meniru dan lain sebagainya.
  5. Menurut Slameto
    Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya
  6. Menurut Winkel
    Belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
  7. Menurut Ernest R. Hilgard
    belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya. Sifat perubahannya relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak bisa diterapkan pada perubahan akibat situasi sesaat, seperti perubahan akibat kelelahan, sakit, mabuk, dan sebagainya.
  8. Menurut Gagne
    Belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.
  9. Menurut Moh. Surya
    belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.
  10. Menurut Doris Lessing
    Belajar adalah mengerti sesuatu yang telah diketahui sepanjang hidup tetapi dengan pemahaman yang berbeda.
  11. Menurut Drs. Ahmad Mudzalir
    Belajar adalah syarat mutlak untuk menjadi pandai dalam segala hal baik dalam bidangilmu pengetahuan maupun keterampilan.
  12. Menurut Hilgard & Bowner
    Belajar sebagai suatu proses yang mana suatu kegiatan berasal atau berubah lewatreaksi dari suatu situasi yang dihadapi dengan karakteristik-karakteristik dari perubahan-perubahan aktifitas tersebut tidak dapat dijelaskan dengan dasar kecenderungan-kecenderungan reaksi asli,kematangan atau perubahan-perubahan sementara dari organisme.
  13. Menurut teori ilmu jiwa Gestalt
    Belajar bukan hanya sekedar proses asosiasi antara stimulus dengan respon yangdiperkuat dengan koneksi-koneksi atau conditioning dengan melalui latihan-latihan atauulangan-ulangan.
  14. Menurut Dr. Nana Sudjana
    Belajar adalah proses mereaksi terhadap semua situasi yang ada disekitar individu.Belajar adalah proses yang diarahkan kepada tujuan , proses berbuat melalui berbagai pengalaman, proses melihat, mengamati, memahami sesuatu. Inilah hakikat belajar sebagai inti proses pengajaran.
  15. Menurut Arthur T. Jerslid
    Belajar adalah perubahan atau membawa akibat perubahan tingkah laku dalam pendidikan karena pengalaman dan latihan atau karena mengalami latihan.
  16. Menurut Morgan
    Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
  17. Menurut Gage
    Belajar adalah suatu proses di mana suatu organisma berubah perilakunya sebagai akibat dari pengalaman.
  18. Henry E. Garret
    Belajar merupakan proses yang berlangsung lama melalui latihan maupun pengalaman yang membawa kepada perubahan diri dan perubahan cara mereaksi terhadap suatu perangsang tertentu.
  19. Lester D. Crow
    Belajar ialah upaya untuk memperoleh kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan, dan sikap-sikap.
  20. James L. Mursell
    Belajar adalah upaya yang dilakukan dengan mengalami sendiri, menjelajahi, menelusuri, dan memperoleh sendiri.
  21. Menurut KBBI
    Belajar adalah suatu usaha untuk memperoleh kepandaian ilmu
  22. Menurut Dimyati & Mudjiono
    Belajar ialah suatu proses internal yang kompleks. Yang terlibat dalam proses internal tersebut diantaranya meliputi unsur afektif (berkaitan dengan sikap, nilai-nilai, ketertarikan, apresiasi, dan penyesuaian perasaan sosial).
  23. Menurut Muhibbin
    Belajar merupakan suatu kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan.
  24. Menurut Djamarah
    Belajar merupakan suatu aktivitas yang dilakukan dengan melibatkan dua unsur yakni jiwa dan raga. Gerak raga yang ditunjukan harus sejalan dengan proses jiwa untuk mendapatkan suatu perubahan. Dan perubahan yang diperoleh itu bukan perubahan fisik, melainkan perubahan jiwa dengan sebab masuknya kesan-kesan yang baru. Perubahan tersebut merupakan hasil dari proses belajar.
  25. Menurut Lisnawaty Simanjuntak
    Belajar merupakan perubahan yang relatif menetap dalam potensi tingkah laku yang terjadi sebagai akibat dari latihan dengan penguatan yang tidak termasuk perubahan-perubahan karena kematangan, kelelahan dan kerasukan pada susunan syaraf atau dengan kata lain mengetahui dan memahami sesuatu sehingga terjadi suatu perubahan dalam diri seseorang yang belajar.

Dari pendapat pari ahli diatas, dapat disimpulkan baha belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh suatu perubahan baik dalam segala hal yang mencakup keseluruhan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

Kegiatan belajar dapat kita lakukan dimana saja dan kapan saja, tidak hanya didapatkan dari bangku sekolah, kegiatan belajar juga bisa kita dapatka dari luar seperti di rumah, di lingkungan dan organisasi.

Demikan  penjelasan yang diberikan tentang pengertian belajar menurut pendapat para ahli. Semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan anda. Terimakasih..