Pengertian Membaca Intensif : Karakteristik, Ciri, Tujuan, Jenis dan Cara Membaca Intensif

Posted on

Cara Membaca Intensif – Apa yang dimaksud membaca intensif intensif? Bagaimana cara membaca intensif dengan benar? Mengapa kita harus membaca intensif? Apa tujuan membaca intensif? Apa yang dimaksud dengan membaca intensif dan ekstensif? Mengapa kita harus membaca intensif? Apa kelebihan membaca artikel dengan metode membaca intensif?

Baca Juga : Pengertian Tindak Tutur

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian membaca intensif, karakteristik, ciri, tujuan, jenis dan cara membaca intensif secara lengkap.

Pengertian Membaca Intensif

Membaca Intensif merupakan kegiatan membaca yang dilakukan secara seksama, telaah, teliti dan penanganan terperinci yang dilakukan pembaca pada bacaan yang pendek berkisar 2-4 halaman. Membaca intensif yaitu membaca telaah isi dan membaca telaah bahasa.

Pengertian membaca intensif adalah kegiatan membaca yang dilakukan seseorang dengan cermat agar memahami bacaan teks dengan cepat dan tepat. Kemampuan membaca intensif adalah kemampuan memahami secara detail isi bacaan secara lengkap, akurat dan kritis pada suatu fakta, konsep, pendapat, gagasan, pengalaman, perasaan dan pesan yang ada pada teks bacaan.

Membaca intensif yakni teknik membaca untuk pembelajaran. Keterampilan membaca intensif membuat pembaca paham pada teks, bisa pada tingkat lateral, kritis interpretatif, ataupun evaluatif. Pada aspek kognitif, hal yang dapat dikembangkan dengan teknik membaca intensif adalah kemampuan untuk membaca dengan komprehensif.

Karekteristik Membaca Intensif

Karakteristik atau ciri membaca intensif, antara lain:

  • Membaca agar memperoleh tingkat pemahaman yang tinggi dengan harapan mampu mengingatnya dalam waktu relatif lama.
  • Membaca detail agar memahami seluruhnya meliputi isi dan bagian teks.
  • Sebagai dasar untuk belajar pemahaman yang lebih baik dan mengingat lebih lama.
  • Tidak memakai cara membaca tunggal tapi dengan berbagai teknik membaca seperti scanning, membaca komprehensif, skimming dan teknik yang lainnya.
  • Tujuan membaca intensif adalah pengembangan keterampilan dalam membaca dengan detail yang menekankan pada pemahaman kata, pengembangan kosa kata, kalimat dan pemahaman seluruh isi wacana.
  • Melatih siswa membaca kalimat pada teks dengan cermat dan penuh konsentrasi, adanya kecermatan, sehingga menemukan kesalahan struktur, kosakata, serta penggunaan ejaan atau tanda baca.
  • Dapat melatih siswa berpikir lebih kritis, kreatif dan inovatif.

Tujuan Membaca Intensif

Tujuan membaca intensif adalah untuk mendapatkan informasi sebagai bahan diskusi, sebagai sarana untuk menentukan pokok persoalan yang menarik dari teks bacaan untuk dapat atau layak dijadikan sebagai bahan diskusi.

Membaca intensif juga bisa digunakan sebagai sarana memilih satu atau beberapa pokok pikiran yang paling tepat untuk dijadikan sebagai bahan diskusi. Selain dengan cara tersebut, kita juga bisa menentukan bahan diskusi dengan cara membuat kesimpulan dari pokok pikiran tersebut lalu ambil inti sari persoalannya.

Manfaat Membaca Intensif

Berikut ini manfaat membaca intensif, antara lain:

  • Agar pembaca memahami isi teks secara baik.
  • Agar pembaca memahami latar belakang penulisan teks tersebut.
  • Agar pembaca dapat mempunyai daya ingat yang lebih lama yang berkaitan dengan isi teks/buku yang dibaca.

Jenis Membaca Intensif

Berikut ini jenis-jenis membaca intensif, antara lain:

Membaca Teliti

Tujuan membaca teliti adalah untuk memahami secara detail gagasan yang ada pada terks bacaan dan untuk melihat organisasi penulisan atau pendekatan yang digunakan oleh penulis. Dengan cara membaca ini, pembaca dituntut dapat mengenal dan mengaitkan antar gagasan yang ada, baik yang ada pada kalimat maupun pada setiap paragraf.

Baca Juga : Pengertian Retorika

Membaca Pemahaman

Pengertian membaca pemahaman menurut Tarigan (1986:56) adalah jenis membaca yang dengan tujuan memahami standar atau norma kesastraan, resensi kritis, drama tulis, serta pola fiksi.

Membaca Kritis

Pengertian membaca kritis adalah jenis membaca yang dilakukan secara bijaksana, penuh tenggang hati, mendalam, evaluatif, analisis dan bukan hanya mencari kesalahan.

Membaca Ide

Pengertian membaca ide adalah jenis kegiatan membaca yang bertujuan untuk mencari, mendapatkan dan memanfaatkan ide yang ada dalam bacaan. Pengertian membaca ide menurut Tarigan (1986:56) adalah kegiatan membaca yang bertujuan untuk mencari jawaban atau pertanyaan berikut dalam suatu bacaan, seperti:

  • Mengapa hal itu merupakan judul atau topik yang baik?
  • Masalah apa saja yang dikupas atau dibentangkan dalam bacaan tersebut?
  • Hal apa yang dipelajari dan yang dilakukan oleh sang tokoh.?

Membaca Bahasa Asing

Umumnya tujuan membaca bahasa asing pada tatanan yang lebih rendah adalah untuk memperbesar daya kata dan untuk mengembangkan kosakata, dalam tatanan yang lebih luas tentu saja bertujuan untuk mencapai kefasihan.

Membaca Sastra

Pengertian membaca sastra adalah kegiatan membaca karya sastra, baik yang berkaitan dengan kepentingan apresiasi ataupun berhubungan dengan kepentingan studi dan kepentingan pengkajian.

Cara Membaca Intensif

Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan dalam menyimpulkan informasi atau perihal yang baik untuk dijadikan bahan diskusi dari sebuah teks,antara lain:

  • Membaca dengan jeli sehingga dapat menentukan hal yang paling menarik dari hal lainnya. Sebaiknya, apabila kalian menemukan pokok pikiran yang ada lalu memilih yang paling layak dijadikan sebagai bahan diskusi.
  • Pertimbangkan kemampuan diri dan kemampuan teman diskusi berkaitan dengan kemampuan diri dalam menguasai atau memahami hal yang akan didiskusikan. Jangan sampai kalian menentukan diskusi yang menarik takalian sendiri tidak memahami persoalan tersebut.
  • Pertimbangkan referensi yang dimiliki peserta diskusi berkaitan dengan hal yang akan didiskusikan.

Baca Juga : Pengertian Talkshow

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian membaca intensif, karakteristik, ciri, tujuan, jenis dan cara membaca intensif secara lengkap. Semoga bermanfaat