Pembuluh Darah: Pengertian ,Macam-Macam Dan Penyakit Pada Pembuluh Darah

Posted on

Pembuluh darah adalah bagian dari sistem sirkulasi yang mengangkut darah ke seluruh tubuh. Ada tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri yang berfungsi membawa darah dari jantung, kapiler yang berfungsi sebagai tempat pertukaran sebenarnya air dan bahan kimia antara darah dan jaringan dan vena, yang membawa darah dari kapiler kembali ke jantung. pembuluh darah terbesar adalah aorta. Pembuluh darah pada manusia dibedakan menjadi dua macam, yaitu arteri dan vena.

Pembuluh Darah 2

Pembuluh Nadi (Arteri)

Istilah arteri biasa digunakan untuk pembuluh darah yang aliran darahnya mengalir meninggalkan jantung. Arteri berfungsi membawa darah dari jantung. Dinding arteri terdiri atas tiga lapisan yaitu lapisan terdalam yang berupa sel-sel epitel yang disebut endotelium. Lapisan tengah terdiri atas otot polos. Lapisan tengah ini berfungsi mengatur aliran darah dan tekanan darah. Sementara itu, lapisan terluar berupa jaringan ikat yang kuat dan elastis. Elastisitas arteri ini turut membantu mempertahankan tekanan darah. Arteri yang lebih kecil (arteriola) memiliki dinding berotot polos. Otot polos ini berfungsi untuk menyesuaikan diameter pembuluh darah sehingga terkadang pembuluh darah tersebut membesar dan kadang mengecil.
Arteri ada dua macam, yaitu arteri pulmonalis dan aorta. Arteri pulmonalis berfungsi membawa darah yang mengandung banyak C02 dari jantung menuju paru-paru. Aorta berfungsi membawa darah yang mengandung banyak 02 dari jantung ke seluruh tubuh.
Arteri bercabang-cabang hingga membentuk pembuluh yang diameternya lebih kecil. Pembuluh ini disebut arteriola. Arteriola bercabang-cabang lagi hingga membentuk saluran halus yang berhubungan langsung dengan jaringan. Saluran halus ini disebut kapiler.

Pembuluh Balik (Vena)

Istilah vena digunakan untuk pembuluh darah yang aliran darahnya mengalir kembali menuju jantung. Vena berfungsi membawa darah menuju jantung. Ada tiga macam vena yaitu vena kava superior yang berfungsi membawa darah yang mengandung banyak C02 dari tubuh bagian atas, vena kava inferior yang berfungsi membawa darah yang mengandung banyak C02 dari tubuh bagian bawah, serta vena pulmonalis yang berfungsi membawa darah yang mengandung banyak 02 dari paru-paru.
Vena lebih mudah dilihat mata karena vena berada di lapisan atas dekat dengan permukaan kulit dan berwarna kebiruan. Pembuluh ini dimulai dari pembuluh darah kapiler. Dari kapiler, darah memasuki venula. Pembuluh-pembuluh venula akan bergabung menuju pembuluh vena. Berdasarkan aliran darahnya, ada dua macam pembuluh darah berikut.
1. Pembuluh darah yang meninggalkan jantung terdiri atas arteri, arteriola, dan kapiler.
2. Pembuluh darah yang masuk ke jantung terdiri atas vena dan venula.

Tabel perbedaan antara arteri dan vena.

No. Perbedaan Arteri Vena
1 Dinding Tebal dan elastis Tipis dan kurang elastis
2 Katup Satu, terdapat pada pangkal aorla Banyak, terdapat sepanjang vena
3 Letak Dibagian dalam tubuh Di permukaan tubuh
4 Tekanan Kuat, jika terpotong darah memancar Lemah, jika terpotong darah menetes
5 Arah aliran darah Keluar dari jantung Masuk jantung

Jenis Penyakit dan Gangguan pada Pembuluh Darah

Pembuluh darah dapat mengalami gangguan dan berbagai jenis penyakit seperti berikut.

Hipertensi

Hipertensi diakibatkan oleh tekanan darah yang tinggi di dalam arteri. Hipertensi atau tekanar darah tinggi terjadi apabiia nilai ambang tekanan sistolik antara 140-200 mmHg atau lebih, dan nilai ambang tekanan diastolik antara 90-110 mmHg atau lebih. Gejala hipertensi yaitu sakit kepala, napas pendek, dan penglihatan kabur. Penyebab penyakit ini berkaitan dengan umur, kegemukan, dan keturunar Kondisi hipertensi memang tidak bisa disembuhkan, tetapi dapat dikontrol melalui pola hidup yang sehat, contoh tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, diet rendah garam dan rendah lemak: olahraga secara teratur, serta istirahat apabiia ielah atau tegang.

Varises

Varises merupakan pelebaran pembuluh balik (vena). Varises biasanya terjadi di kaki terutama di bagian betis. Sementara itu, varises yang terjadi di sekitar anus disebut ambeien. Varises dan ambeien terjadi karena katup-katup pada pembuluh balik tidak dapat menutup dengan sempurna dan lemahnya dinding pembuluh darah. Varises atau ambeien yang sudah parah, perlu ditangani melalui operasi. Hindari berdiri atau duduk yang terlalu lama agar tidak mengalami varises. Hindari mengejan saat buang air besar dan perbanyaklah mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran untuk mencegah ambeien.

Sklerosis

Arteri mempunyai sifat elastis. Oleh karena itu, ketika tekanan darah dalam keadaan maksimum, arteri mengembang untuk mengimbangi tekanan darah. Namun, seiring dengan pertambahan usia, dinding arteri kehilangan elastisitasnya karena adanya penimbunan zat kapur. Keadaan ini disebut arteriosklerosis. Hilangnya elastisitas juga terjadi karena adanya penumpukan kolesterol. Keadaan ini disebut aterosklerosis.
Arteriosklerosis dan aterosklerosis akan memengaruhi volume darah yang mengalir dan jumlah oksigen yang diedarkan. Arteriosklerosis dan aterosklerosis dapat mengakibatkan hal-hal berikut.

  • Kekurangan oksigen pada organ-organ tertentu. Jika kekurangan oksigen terjadi pada jantung maka sebagian sel-sel otot jantung akan mati sehingga dapat mengganggu kerja jantung.
  • Meningkatkan tekanan darah secara keseluruhan. Jika mencapai tingkatan tertentu, tekanan darah yang tinggi dapat mengakibatkan pecahnya kapiler darah. Jika kapiler darah yang pecah tersebut terjadi di otak, sebagian sel otak akan mengalami gangguan akibat dari pasokan udara dan glukosa yang terhambat. Selanjutnya dapat terjadi strok.
  • Penumpukan lemak di arteri koroner dapat menghambat aliran sel-sel darah. Akibatnya akan memicu pembekuan darah. Pembekuan darah di arteri koroner disebut jantung koroner.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pembuluh Darah: Pengertian , Macam-Macam Dan Penyakit Pada Pembuluh Darah. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: