Pengertian Filsafat : Ciri, Fungsi, Tujuan dan Macam Macam Jenis Filsafat

Posted on

Pengertian Filsafat – Apa yang dimaksud dengan filsafat? Apa pengertian filsafat menurut bahasa dan istilah? Apa itu fungsi filsafat? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian filsafat menurut para ahli, fungsi dan macam-macam jenis filsafat secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Konsep

Pengertian Filsafat Secara Umum

Secara umum, pengertian filsafat adalah analisis masalah umum dan mendasar mengenai permasalahan seperti bahasa, akal pikiran, nilai, pengetahuan dan eksistensi.

Definisi filsafat ialah ilmu mengenai semua kejadian hidup manusia, berpikir kritis dan dijelaskan melalui konsep dasar. Filsafat tidak bisa bisa dipahami lebih baik dengan dilakukan riset.

Secara historis, filsafat meliputi inti dari semua ilmu pengetahuan. Orang yang mendalami ilmu filsafat disebut dengan filsuf. Pythagoras disebut sebagai tokoh yang kemungkinan menyebutkan istilah filsafah untuk pertama kali.

Pengertian Filsafat Menurut Bahasa dan Istilah

Secara etimologi, istilah filsafat berasal dari kata serapan bahasa Arab dan bahasa Yunani yaitu Philosophia yang terdiri dari kata “Phillia” yang artinya persahabatan, cinta dan lainnya serta “Sophia” yang artinya kebijaksanaan. Sehingga secara harfiah filsafat diartikan sebagai seorang pecinta kebijaksanaan.

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Marcus Tullius Cicero (106 SM – 43 SM)

Filsafat diartikan sebagai ilmu pengetahuan mengenai suatu hal yang maha agung dan usaha pencapaiannya.

Aristoteles (384 SM – 322 SM)

Pengertian filsafat adalah ilmu pengetahuan yang mencakup kebenaran yang didalamnya terdapat ilmu metafisika, estetika, politik, ekonomi, etika dan retorika.

Plato (427 SM – 347 SM)

Definisi filsafat yaitu ilmu pengetahuan yang cenderung menggapai kebenaran asli.

Immanuel Kant (1724-1804)

Filsafat merupakan ilmu pokok dan dasar dari semua pengetahuan yang meliputi 4 permasalahan didalamnya seperti apa yang bisa diketahui? (dijawab oleh metafisika); “apa yang bisa dikerjakan? (dijawab oleh etika); “sampai dimana pengharapan?”(dijawab oleh antropologi).

Pudjo Sumedi AS., Drs.,M.Ed. & Mustakim, S.Pd.,MM

Istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani “philosophia”. Sejalan dengan perkembangan yang terjadi, filosofi dikenal dalam beragam bahasa, diantaranya Bahasa Prancis, Belanda, Jerman yaitu “philosophic”; Bahasa Inggris yaitu “philosophy”; Bahasa Latin yaitu “philosophia”; dan Bahasa Arab yaitu “falsafah”.

Baca Juga : Pengertian Pendidikan

Rene Descartes

Filsafat ialah gabungan semua pengetahuan yang menjadikan Allah, manusia dan alam sebagai dasar penyelidikan.

Al-Farabi

Pengartian filsafat ialah ilmu pengetahuan mengenai alam maujud dan memiliki tujuan menyelidiki hakikat yang sebetulnya.

Ir. Proedjawijatna

Filsafat juga diartikan sebagai ilmu yang berupaya menemukan penyebab segala dengan pikiran belaka.

Langeveld

Arti filsafat yaitu pikiran mengenai masalah akhir dan menentukan yakni masalah kondisi, tuhan, keabadian dan freedom.

Prof. Dr. Fuad Hasan

Filsafat merupakan sebuah ikhtiar untuk berpikir radikal, maksudnya dari radiksnya suatu gejala mulai dari akar suatu hal yang ingin dipermasalahkan. Dengan menggunakan penyelidikan yang radikal tersebut filsafat berusaha untuk mencapai kesimpulan yang umum.

Bertrand Russel

Filsafat ialah hal yang ada diantara teologi dan sains. Dalam teologi, filsafat berisi pemikiran tentang masalah pengetahuan definitif hingga seberapa jauh, tak dapat dipatikan. Sedangkan dalam sains, filsafat meletakkan perhatian pada akal manusia dibanding otoritas tradisi maupun wahyu.

Drs H. Hasbullah Bakry

Pengertian ilmu filsafat ialah ilmu yang menjajaki semua hal sevara mendalam tentang manusia, ketuhanan dan alam semesta sehingga bisa menciptakan pengetahuan mengenai sejauh mana pengetahuan yang bisa dicapai akal manusia dan bagaimana sikap seharusnya manusia tersebut setelah memperoleh pengetahuan tersebut.

Notonogo

Filosofi menyelidiki hal yang menjadi objek inti dari segi mutlak, tetap, tak berubah atau alami.

Sidi Gazalba

Filsafat iyalah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran, tentang segala sesuatu yang dimasalahkan, dengan berfikir radikal, sistematis dan menyeluruh.

Brubacher

Asal filosofi dari bahasa Yunani yaitu filos dan sofia yang artinya cinta kebijaksanaan atau belajar.

N. Driyarkara

Definisi filsafat yakni pemikiran yang mendalami mengenai penyebab disana dan melakukan; pemikiran dari kenyataan jauh ke mengapa penghabisan tersebut.

Baca Juga : Pengertian Fundamental

Prof. Dr.Muhamad Yamin

Arti filsafat adalah penekanan pikiran sehingga individu menemukan kepribadiannya dalam kejadian yang dialaminya.

Johann Gotlich Fickte

Filsafat merupakan wissenschaftslehre yaitu ilmu umum yang menjadi dasar dari semua ilmu; ilmu yang membahas tentang hal nyata. Filsafat menyatakan semua bidang dan ilmu yang mencari kebenaran dari segala realitas.

Paul Nartorp

Filsafat merupakan Grunwissenschat yakni ilmu dasar yang ingin menetapkan suatu kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukkan kesamaan dasar akhir yang memuat segalanya.

Harold H. Titus

Filsafat juga diartikan sebagai serangkaian sikap dan kepercayaan pada alam dan kehidupan yang umumnya diterima secara tak kritis. Filsafat merupakan pemikiran yang menjunjung tinggi sikap dan kepercayaan.

Prof. Dr. Ismaun, M.Pd

Filsafat ialah usaha pemikiran dan angan-angan manusia dengan akal dan hatinya dengan kesungguhan yaitu umum, integral, sistematis radikal, kritis, sistematis dan mendasar untuk menggapai dan mendapatkan kebenaran sejati.

Ciri Ciri Filsafat

Adapun karakteristik filsafat diantaranya yaitu:

  • Menyeluruh (universal), artinya memiliki pemikiran yang luas dan tak berpusat pada suatu aspek tertentu.
  • Mendasar (radikal), artinya pemikiran yang dalam hingga hasil yang mendasar dan esensial.
  • Sistematis, artinya berdasarkan pola dan metode berpikir yang berurutan dan masuk akal walaupun spekulatif.

Fungsi dan Tujuan Filsafat

Fungsi filsafat yaitu memberikan arah, tujuan, nilai dan keyakinan pada individu. Harusnya sebuah filsafat mewahyukan keyakinan pada individu dalam membantu dalam menjalani kehidupan yang baru, menciptakan individu yang digolongkan berdasarkan bangsa, ras juga keyakinan keagamaan setiap individu.

Tujuan filsafat yaitu menemukan hakikat kebenaran suatu hal secara logika, etika dan juga metafisika. Sehingga seseorang yang berfilsafat akan bisa memaknai hidup mereka baik baik dalam ruang lingkup pribadi ataupun sosial.

Jenis Jenis Filsafat

Berikut ini beragam macam filsafat diantaranya yaitu:

Filsafat Islam

Filsafat Islam merupakan filsafat dari seluruh ulama. Terdapat sejumlah perbedaan diantara filsafat Islam dengan filsafat lain diantaranya:

  • Para filsuf muslim asli mempelajari karya filsafat Yunani klasik khususnya karya Plotinus & Aristoteles lalu disesuaikan dengan agama Islam.
  • Islam adalah agama tauhid.
  • Dalam tradisi lain, filsafat yaitu “menemukan Tuhan”, sedangkan dalam filsafat Islam Tuhan telah ditemukan
  • Filsuf Islam telah berpusat pada manusia dan alam, sebab seperti yang telah dimengerti bahwa pembahasan mengenai Tuhan tak ada akhir.

Baca Juga : Pengertian Ilmu

Filsafat Timur Tengah

Filsafat ini disebut sebagai pewaris filsafat barat. Filsuf timur tengah pertama yaitu orang muslim (arab) dan sejumlah orang yahudi yang berhasil menguasasi daerah Mediterania dan pertemuan antara tradisi mereka dengan kebudayaan filsafat Yunani.

Selanjutnya, para filsuf timur tengah memberikan tafsiran dan komentar terhadap karya Yunani. Pada abad pertengahan, setelah Kekaisaran Romawi runtuh, dan karya filsuf Yunani klasik mulai dilupakan. Kemudian, para filsuf Timur Tengah mendalami karya yang sama bahkan orang Eropa mempelajari hasil terjemahnya.

Berikut ini beberapa nama tokoh filsuf Timur Tengah diantaranya Averroes, Kahlil Gibran, Ibnu Tufail dan Ibnu Sina.

Filsafat Barat

Filsafat ini merupakan ilmu yang umumnya secara akademis di pelajari di universitas yang berada di Eropa juga sekutunya. Filosofi ini merupakan bentuk pengembangan dari filsafat Yunani Kuno.

Berikut sejumlah nama tokoh filsuf barat diantaranya Jean-Paul Sartre, Plato, Friedrich Nietzsche, Thomas Aquinas, Karl Heinrich Marx, Rene Descartes, Arthur Schopenhauer, Georg Hegel dan Immanuel Kant.

Filsafat Kristen

Awalnya, filsafat Kristen disusun oleh bapa gereja dalam menemukan tantangan pada abad pertengahan. Pada saat itu, kristen dunia barat berada di abad kegelapan dan banyak yang mulai bertanya mengenai keyakinan agama.

Jenis filsafat ini berfokus pada permasalah mengenai keberadaan tuhan dan ontologis dan keberadaan tuhan. Umumnya tokoh filsuf Kristen merupakan ahli teolog seperti St Bonaventura dan St Thomas Aquinas.

Filsafat Timur

Pengertian filsafat timur yaitu kultur filsafat yang tumbuh di wilayah Asia, khususnya India, China dan wilayah lain tang mendapat pengaruhnya. Ciri utama dari filsafat timur yaitu berkaitan dengan filsafat agama.

Berikut sejumlah tokoh filsuf timur antara lain Mao Zedong, Zhuang Zi, Konfusius, Lao Tse, Bodhidharma dan Siddharta Gautama Buddha.

Baca Juga : Pengertian Semiotika

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian filsafat menurut para ahli, fungsi dan macam-macam jenis filsafat secara lengkap. Semoga bermanfaat