Pengertian Internet Service Provider (ISP), Fungsi, Jenis dan Contoh ISP Lengkap

Posted on

Pengertian Internet Service Provider (ISP), Fungsi, Jenis dan Contoh ISP dalam Jaringan Internet

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi dewasa ini, penggunaan internet memang sudah dapat dikatakan menjadi bagian pokok bagi penggunanya. Dengan adanya internet kita dapat mengakses apa saja yang ada di dalamnya secara global dengan cepat dan hanya membutuhkan biaya yang begitu murah. Untuk dapat mengakses internet, kita membutuhkan sebuah koneksi agar terhubung dengan internet. Cara mendapatkan koneksi internet anda dapat menggunakan cara berlangganan pada Internet Service Provider (ISP).

Lalu, apa itu ISP? Nah, kali ini kita akan membahas tentang pengertian ISP dan fungsinya dalam jaringan agar dapat terkoneksi dengan internet.Simak ulasan berikut ini.

Pengertian ISP

ISP atau Internet Service Provider merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan sambungan internet. Pada jaringan ISP terhubung ke Internet menggunakan ISP lain, seperti ISP Amerika , ISP SIngapura, dan ISP Hongkong.

Untuk anda yang ingin terhubung ke dalam internet menggunakan ISP cukup mudah. Anda apat menghubungi ISP mellalui Modem (Modular de Modular) dan komputer, lalu ISP yang akan mengurus langsung mengenai rincian yang dibutuhkan untuk bisa terhubung ke dalam jaringan internet, termasuk biaya koneksi.

Contoh ISP

Berikut ini adalah contoh-contoh ISP yang ada di Indonesia

  1. Telkom Speedy
    Telkom Speedy merupakan ISP produk dari perusahaan besar PT.Telkom Indonesia. Telkom Speedy menawarkan koneksi internet yang stabil.
  2. Access Service Dedicated To Internet (Astinet)
    Astinet juga merupakan produk dari PT.Telkom Indonesia yang menawarkan jasa sambungan internet pada penggunaan skala besar.
  3. IM2
    IM2 adalah layanan sambungan internet dari PT. Indosat. IM2 melayani jasa hosting dan penyewaan domain.
  4. Centrin
    Centrin ini milik PT. Centrin Online, yaitu menawarkan layanan jasa pada koneksi internet dengan menggunakan infrastruktur yang super canggih.
  5. Provider seluler
    Saat ini hampir semua provider seluler juga menawarkan jasa layanan internet atau ISP. Layanan ISP melalui seluler ini biasanya berbasis quota yang dapat diaktifkan dengan paketan tertentu.

Fungsi ISP

  1. ISP berfungsi untuk menyediakan layanan internet bagi para penggunanya sehingga pengguna dapat dengan mudah terhubung dalam jaringan
  2. Sebagai eprantara dalam menyediakan sambungan internet
  3. ISP menghubungkan komputer client ke gateway internet terdekat
  4. ISP menyediakan modem sebagai sambungan dial-up
  5. ISP menghubungkan pengguna ke dalam layanan informasi Worls Wide Web (WWW)
  6. Dengan ISP maka pengguna dapat menggunakan layanan surat elektronik (e-mail)
  7. Dengan ISP pengguna dapat melakukan percakapan suara melalui internet
  8. ISP juga dapat melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem annti virus kepada pelanggannya.

Jenis ISP

  1. Dial-up Conection
    Dial-up Conection adalah koenksi ke jaringan internet yang memiliki sifat sementara dimana pengguna tidak terkoneksi secara terus menerus ke dalam sebuah jaringan internet. Pengguna hanya akan dikenakan biaya berdasarkan berapa lama waktu yang digunakan untuk mereka terhubung ke jaringan internet
  2. Dedicated Communication
    Dedicated Communication memiliki sifat menetap, yaitu kita terhubung ke jaringan internet selama 24 jam dalam 7 hari. Jenis dari koneksi ini biasanya banyak digunakan oleh perusahaan yang memiliki jumlah komputer dan karyawan yang banyak.
  3. Hotspot
    Hotspot merupakan jenis layanan internet tanpa menggunakan kabel seperti dial-up. Hotspot sering digunakan dalam cafe, bandara atau tempat-tempat lainnya.
  4. Wireless
    Wireless juga merupakan jenis layanan internet tanpa kabel. Layanan ini tidak dipungut biaya telepon, tapi dikenakan tarif atau biaya pemakaian internet.
  5. Mobile Acces
    Merupakan layanan yang dapat digunakan untuk mengakses internet kapan saja dengan mudah melalui ponsel atau smarphone. Layanan ini sangat bermanfaat bagi pengguna telepon seluler yang mendukung kecanggihan teknologi ini, baik GSM maupun CDMA.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Internet Service Provider (ISP), Fungsi, Jenis dan Contoh ISP. semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.