23 Pengertian Tari Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

23 Pengertian Tari Menurut Para Ahli Terlengkap Pengertian tari secara umum yaitu gerak tubuh secara berirama yang dilakukan ditempat dan waktu tertentu. Fungsi tari yaitu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud dan pikiran. Musik pengiring tari digunakan untuk mengtur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan. Menurut jenisnya, tari dibedakan menjadi 3 yaitu tari rakyat (tari tradisional), tari klasik dan tari kreasi baru (tari modern).

Pengertian Tari Menurut Para Ahli

Haukins (1990:2)

Pengertian tari menurut Haukins, Tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diubah oleh imajinasi dan diberi sebagai ungkapan si pencipta.

La Mery

Pengertian tari menurut La Mery, Tari adalah ekspresi yang berbentuk simbolis dalam wujud yang lebih tinggi harus diinternalisasikan Untuk menjadi bentuk yang nyata.

Kamala Devi Chattopadhyaya

Pengertian tari menurut Komala Devi Chattopadhyaya, Tari adalah suatu instinct atau desakan emosi didalam diri kita yang mendorong kita untuk mencari ekspresi pada tari.

Sussanne K Langer

Pengertian tari menurut Sussanne K Langer, Tari adalah gerak ekspresi manusia yang indah. Derakan dapat dinikmati melalui rasa ke dalam penghayatan ritme tertentu.

Corry Hamstrong

Pengertian tari menurut Corry Hamstrong, Tari adalah gerak yang diberi bentuk dalam ruang.

Suryodiningrat

Pengertian tari menurut Suryodiningrat, Tari adalah gerak seluruh tubuh yang selaras dengan irama musik (gamelan) diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud tertentu.

Coorie Hartong

Pengertian tari menurut Coorie Hartong, Tari adalah gerak-gerak yang diberi bentuk ritmis dari badan di dalam ruangan.

Judith Lynne Hanna

Pengertian tari menurut Judith Lynne Hanna, Tari adalah seni platis dari gerak yang visual terlihat sepintas.

Aristoteles

Pengertian tari menurut Aristoteles, Tari adalah gerakan ritmis yang bertujuan untuk menghadirkan karakter manusia, sebagaimana mereka bertindak dan menderita.

Suadarsa Pringgo Broto

Pengertian tari menurut Suadarsa Pringgo Broto, Tari adalah ketentuan bentuk-bentuk gerakan tubuh dan ruang.

M. Jazuli

Pengertian tari menurut M. Jazuli, Tari adalah gerak-gerak anggota tubuhyang selaras dengan bunyi musik.

Curt Sachs

Pengertian tari menurut Curt Sachs, Tari adalah gerak yang berirama. Pengucapan jiwa manusia melalui gerak gerik berirama yang indah.

S. Humardani

Pengertian tari menurut S. Humardani, Tari adalah ungkapan bentuk-bentuk gerak ekspresif yang indah dan ritmis.

K M A Theodora Retno Maruh

Pengertian tari menurut K M A Theodora Retno Maruh, Tari adalah suatu kesenian yang tidak akan pernah bersifat kontemporer baik yang pernah terlupakan sekalipun.

Drs. I Gede Ardika

Pengertian tari menurut Drs. I Gede Ardika, Tari adalah sesuatu yang bisa disatukan dalam berbagai hal hingga semua orang dapat menyesuaikan diri atau menyelaraskannya menurut caranya masing-masing.

Irmgrad Bartenieff & Forrestine Paulay

Pengertian tari menurut Irmgrad Bartenieff & Forrestine Paulay, Tari adalah bentuk seni yang ekspresionostis yang menjebatani reaksi jiwa seseorang dengan konflik dan problem dunia modern.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian tari menurut KBBI, Tari adalah gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, biasanya diiringi dengan bunyi bunyian (musik, gamelan dan sebagainya)

John Martin

Pengertian tari menurut John Martin, Tari adalah gerak sebagai pengalaman yang paling awal kehidupan manusia.

Franz Boas

Pengertian tari menurut Franz Boas, Tari adalah gerak gerak ritmis setiap bagian tubuh, lambaian tangan, gerak dari tarso atau kepala atau gerak-gerak dari tungkai serta kaki.

H’Doubler

Pengertian tari menurut H’Doubler, Tari adalah ekspresi gerak ritmis dari keadaan-keadaan perasaan yang secara estetis dinilai yang lambang-lambang gerakannya dengan sadar dirancang untuk kenikmatan serta kepuasan dari pengalaman-pengalaman ulang, ungkapan, berkomunikasi, melaksanakan, serta dari penciptaan bentuk-bentuk.

Waterman

Pengertian tari menurut Waterman, Tari terdiri dari gerak-gerak tubuh secara artistik yang secara kultural dipola serta distilasi.

Kealiinomohoku

Pengertian tari menurut Kealiinomohoku, Tari adalah seni sesaat dari ekspresi yang dipertunjukan dengan bentuk serta gaya tertentu lewat tubuh manusia yang bergerak di dalam ruang.

Bagong Kussudiarjo

Pengertian tari menurut Bagong Kussudiarjo, Tari adalah Keindahan bentuk dari anggota badan manusia yang bergerak, berirama dan berjiwa harmonis.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 23 Pengertian Tari Menurut Para Ahli Terlengkap Semoga  bermanfaat