Pengertian Tumbuhan Dikotil, Ciri, Jenis dan Contoh Tumbuhan Dikotil Lengkap

Posted on

Pengertian Tumbuhan Dikotil, Ciri, Jenis dan Contoh Gambar Tumbuhan Dikotil Lengkap – Tumbuhan berbiji belah atau juga disebut dengan tumbuhan berkeping biji dua atau tumbuhan dikotil ini merupakan salah satu kelompok tumbuhan berbunga yang memiliki sepasang biji lembaga, daun lembaga tersebut terbentuk sejak tahap biji sehingga sebagian anggotanya bersifat mudah terbeleh menjadi dua. Hal tersebutlah yang menjadi perbedaan antara tumbuhan dikotil dan monokotil.

Ciri-Ciri Tumbuhan Dikotil

Adapun ciri-ciri tumbuhan dikotil diantaranya:

  • Berakar tunggang.
  • Biji berkeping dua
  • Tidak memiliki tudung akar.
  • Jumlah kelopak bunganya dua, empat, lima atau kelipatannya.
  • Memiliki 2 keping lembaga atau kotiledon
  • Batang dan akarnya memiliki kambium dan dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar.
  • Batangnya bercabang-cabang.
  • Tipe berkas pengangkut kolateral terbuka.
  • Pada pembuluh pengangkutnya teratur dalam cincin (lingkaran).
  • Pada pola tulang daun dan bentuk sumsumnya menjari atau menyirip.

Jenis Tumbuhan Dikotil

Berikut ini beberapa suku jenis tumbuhan dikotil diantaranya:

Suku getah-getahan (Euphorbiaceae)

Tumbuhan pada suku ini jika dilukai bagian tubuhnya maka akan mengeluarkan getah berwarna putih.
Contoh tumbuhan dikotil dari suku getah-getahan diantaranya Manihot utilissima (ketela pohon), Havea Brasiliensis (karet).

Manihot utilissima

Suku kacang-kacangan (Papilionaceace)

Tanaman dikotil yang masuk dalam suku ini memiliki ciri-ciri mahkota bunga berbentuk kupu-kupu, buahnya polong dan sering ditemukan bintil akar. Contoh tanaman dikotil dari suku kacang-kacangan diantaranya: Arachis hypogaea (kacang tanah), Vigna sinensis (kacang panjang).

Vigna sinensis

Suku terong terongan (Solanaceae)

Tanaman dikotil dari suku ini memiliki ciri-ciri : bunganya berbentuk bintang, terompet, buah buni atau buah kotak dengan lapisan dalam berair atau berdaging. Contoh tanaman dikotil dari suku terong-terongan diantaranya: Solanum lycopersicum (tomat), Capsicum annum (cabai).

Capsicum annum

Suku cemara-cemaraan (Casuarinaceae)

Tumbuhan dikotil dari suku ini ciri-cirinya yaitu memiliki ranting yang beruas pada dahan besar seperti jarum dan buahnya mirip dengan runjung kecil. Contoh tumbuhan dikotil dari suku ini diantaranya : Cemara laut, Cemara lilin, cemara medan.

Cemara laut

Capparaceae

Suku ini masuk dalam jenis bunga-bungaan dengan ciri berdaun tunggal atau majemuk dan menjari dan berukuran kecil, buahnya mirip dengan bentuk kapsul memanjang. Contoh tumbuhan monokotil dari suku ini diantaranya: Gynandropis speciosa dan Capparis spinosa.

Capparis spinosa

Suku kapas-kapasan (Malvaceae)

Tumbuhan dikotil dalam suku ini memiliki bentuk pohon berupa perdu atau pohon yang memiliki ciri bunga besar dan membentuk corong dengan kelopa bunga bersatu. Contoh tumbuhan dikotil dari suku ini diantaranya: bunga sepatu, kapas, waru dan sidaguri.

Bunga Sepatu

Myrtales

Tanaman dikotil ini merupakan jenis bunga berbentuk pohon atau perdu dengan tampak daun selalu hijau dan beraroma apabila diremas. contoh tumbuhan monokotil pada suku ini yaitu pohon cengkeh (Eugenia caryphyllus) dan eucalyptus.

Eugenia caryophyllus

Apocynaceae

Tumbuhan dikotil ini memiliki bentuk batang bergerak putih dengan bunga berwarna mencolok, berukuran besar dan harum. Contoh tumbuhan dikotil suku ini yaitu tapak dara dan alamanda.

Tapak Dara

Piperaceae

Tumbuhan dikotil dalam suku ini berbentuk perdu atau semak dan ada juga jenis yang merambat dengan akar lekat. Daunnya memiliki bau aromatik dan rasa pedas. Contoh tumbuhan dikotil ini diantaranya sirih dan lada.

Sirih

Rosaceae (Mawar-mawaran)

Tumbuhan dikotil pada suku ini berbentuk semak akan tetapi ada juga yang memanjat, berkayu dengan duri yang mengelilingi batang. Contoh tumbuhan dikotil pada suku ini diantaranya: Rosa hybrida dan malus sylvstris.

Rosa hybrida

Demikian artikel tentang”Pengertian Tumbuhan Dikotil, Ciri, Jenis dan Contoh Tumbuhan Dikotil Lengkap“, semoga bermanfaat.