Pengertian Tumbuhan Monokotil, Ciri, Jenis dan Contoh Tumbuhan Monokotil Lengkap

Posted on

Pengertian Tumbuhan Monokotil, Ciri, Jenis dan Contoh Tumbuhan Monokotil Lengkap – Tumbuhan biji berkeping satu dalam ilmu biologi disebut dengan tumbuhan monokotil. Monokotil merupakan salah satu kelompok besar tanaman berbunga yang secara klasik diajarkan selain tumbuhan biji berkeping dua atau dikotil.

Ciri khas tumbuhan monokotil yakni mempunyai satu daun lembaga, berakar serabut, daun berseling, biji berkeping satu atau tunggal, tulang daun sejajar dan memiliki bentuk pita. Dalam taksonomi, monokotil dikelompokan dalan beberapa kelompok besar diantaranya Liliopsoda, Lilidae dan Monocotyledodae.

Namun, menurut beberapa sistem klasifikasi tumbuhan monokotil memperoleh berbagai nama namun dengan kesepakatan yang stabil. Klasifikasi tumbuhan monokotil:

  • Monocotyledoneae dalam sistem de Candolle dan sistem Engler.
  • Monocotyledones dalam sistem Bentham & Hooker dan sistem Wettstein.
  • Kelas Liliopsida dalam sistem Takhtajan dan sistem Cronquist.
  • Anak kelas Liliidae dalam sistem Dahlgren dan sistem Thorne (1992).
  • Klad Monokotil dalam sistem APG dan sistem APG II.

Ciri Tumbuhan Monokotil

Adapun ciri-ciri tumbuhan dikotil atau tanaman biji berkeping tunggal atau satu, diantaranya:

  • Biji berkeping satu atau tunggal
  • Diantara floem dan xilem tidak ada kambium
  • Memiliki berkas vaskuler (pembuluh angkut) pada batang yang bertipe kolateral tertutup atau antara xilem dengan floem tidak terdapat kambium).
  • Letak xilem dan floem tersebar atau tidak teratur.
  • Umumnya pada batang dan akar tidak mempunyai kambium sehinga tidak bisa terjadi pertumbuhan sekunder dan tidak akan tumbuh membesar. Namun ada juga tumbuhan monokotil yang berkambium, diantaranya sisal (Agave sisalana).
  • Berakar serabut
  • Bagian ujung akar dilindungi oleh koleoriza dan ujung batangnya dilindungi koleoptil
  • Umumnya berdaun tunggal kecuali jenis tanaman palem
  • Umumnya berurat daun sejajar atau melengkung dan berpelepah daun
  • Bunga terdiri atas kelopak, mahkota, benang sari yang berjumlah tiga atau kelipatan tiga.

Jenis Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil memiliki sekitar 50 ribu hingga 60 ribu jenis yang telah dikenal, diantaranya:

Orchidaceae, yakni tumbuhan semak menahun. Anggrek berakar rimpang, daun berdaging dan sebagian jenisnya hidup secara epifit. Contoh suku Orchidaceae diantaranya: Vanda tricolor, Spathologttis plicata (anggrek tanah).

Spathologttis plicata

Musaceae, yakni kelompok tumbuhan jenis pisang-pisangan. Memiliki bentuk pohon atau semak dengan batang semu yang terdiri atas pelepah daun, tulang daun menyirip dan bunga membentuk karangan. Contohnya seperti Musa paradisiaca (pisang).

Musa paradisiaca

Cactaceae, yakni kelompok tumbuhan kaktus, memiliki batang untuk menyimapan air (sukulen), berdaun kecil dengan bentuk sisik atau berbentuk duri tempel. contoh: Opuntia elatior (Buah dapat dimakan).

Opuntia elatior

Liliaceae, yakni tumbuhan semak basah, sebagian jenisnya ada yang berakar rimpang, umbi lapis, contohnya seperti Lilium regale dan bunga tulip.

Tulip

Amaryllidaceae, yakni tumbuhan semak basah menahun. Tumbuhan ini berumbi lapis atau akar rimpang. Contohnya seperti Poliantes tuberosa (sedap malam) dan Zephyranthes rosea (kembang cokelat).

Polianthes tuberosa

Pandanaceae, yakni tumbuhan monokotil berbentuk pohon perdu atau semak. Daun pandanaceae bertulang daun sejajar dan terkumpul rapat. Daun yang rontok akan meninggalkan bekas pada batangnya. Contohnya seperti Pandanus tectorius (pandan).

Pandanus tectorius

Dan lain sebagainya

Demikian artikel tentang”Pengertian Tumbuhan Monokotil, Ciri, Jenis dan Contoh Tumbuhan Monokotil Lengkap“, semoga bermanfaat.