25 Pengertian Teori Menurut Ahli dengan Definisi Lengkap

Posted on

Definisi dan Pengertian Teori Menurut Pendapat Para Ahli Lengkap

Untuk melakukan sebuah penelitian biasanya seorang peneliti harus mengkaji terlebih dahulu teori-teori yang dikemukakan oleh ahli sebagai landasan mereka melakukan penelitian.

Teori berasal dari bahasa latin yaitu “Theoria” yang merupakan kata benda yang secara harfiah memiliki arti perenungan, spekuilasi atau visi. Sedangakan secara garis besar teori memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan bidang ilmu pengetahuan atau konteks diskusi yang digunakan.

Secara umum teori diartikan sebagai serangkaian bagian, definisi atau dalil yang saling berhubungan dan menghadirkan sebuah pandangan sistematis tentang fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel. Dalam sosial teori diartikan sebagai sebuah sistem dari keterkaitan atau ide-ide yang meringkas dan mengorganisasikan pengetahuan tentang dunia sosial. Sedangakan dalam ilmu pengetahuan teori diartikan sebagai model atau kerangka pikiran yang menjelaskan fenomena atau fenomena sosial tertentu.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian teori, berikut ini merupakan beberapa definisi teori menurut ahli.

Pengertian Menurut Ahli

1. KBBI
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Teori adalah pendapat yang dikemukakan sebagai keterangan mengenai suatu peristiwa atau kejadian, azas dan hukum umum yang menjadi dasar suatu kesenian atau ilmu pengetahuan, dan pendapat/cara/aturan untuk melakukan sesuatu.

2. F.M Kerlinger (dalam Rakhmat, 2004 : 6)
Teori merupakan himpunan konstruk (konsep), definisi, dan preposisi yang mengemukakan pandangan sistematis tentang gejala dengan menjabarkan relasi di antara variabel, untuk menjelaskan dan meramalkan gejala tersebut.

3. Suyanto, 2005:34
Teori merupakan seperangkat proposisi yang menggambarkan suatu gejala terjadi seperti ini. Untuk memudahkan penelitian diperlukan pedoman berfikir yaitu kerangka teori. Sebelum melakukan penelitian yang lebih lanjut seorang peneliti perlu menyusun suatu kerangka teori sebagai landasan berfikir untuk menggambarkan dari sudut mana peneliti menyoroti masalah yang dipilih.

4. Masri Singarimbun dan Sofian effendi (1998, 37)
Dalam bukunya Metode Penelitian Sosial mengatakan, teori adalah serangkaian asumsi, konsep, konstrak, defenisi dan preposisi untuk menerangkan suatu fenomena sosial secara sistematis dengan cara merumuskan hubungan antar konsep.

5. Hedriksen (1992)
Teori adalah suatu susunan hipotesis, konsep, dan prinsip pragmatis yang membentuk kerangka umum referensi untuk suatu bidang yang dipertanyakan.

6. Kerlinger (1973)
Teori adalah konsep-konsep yang berhubungan satu sama lainnya yang mengandung suatu pandangan sistematis dari suatu fenomena.

7. Jonathan H.Turner
Teori adalah sebuah proses mengembangkan ide-ide yang membantu kita menjelaskanbagaimana dan mengapa suatu peristiwa terjadi

8. Manning
Teori adalah seperangkat asumsi dan kesimpulan logis yang mengaitkan seperangkat variabelsatu sama lain. Teori akan menghasilkan ramalan-ramalan yang dapat dibandingkan dengan pola-pola yang diamati.

9. King
Teori adalah sekumpulan konsep yang ketika dijelaskan memiliki hubungan dan dapat diamatidalam dunia nyata.

10. Fawcett
Teori adalah suatu deskripsi fenomena tertentu, suatu penjelasan tentang hubungan antarfenomena atau ramalan tentang sebab akibat satu fenomena pada fenomena yang lain.

11. Stevens
Teori adalah suatu pernyataan yang isinya menyebabkan atau mengkarakteristikkan beberapa fenomena.

12. Littlejohn & Karen Foss
Teori adalah sebuah sistem konsep yang abstrak dan hubungan-hubungan konsep tersebutyang membantu kita untuk memahami sebuah fenomena.

13. Travers
Teori terdiri dari generalisasi yang dimaksudkan untuk menjelaskan dan memprediksi sebuah fenomena.

14. Emory-Cooper
Teori adalah suatu kumpulan konsep, definisi, proposisi, dan variable yang berkaitan satusama lain secara sistematis dan telah digeneralisasikan , sehingga dapat menjelaskan danmemprediksi suatu fenomena (fakta-fakta) tertentu.

15. Calvins S.Hall & Garner Linzey
Teori adalah hipotesis (dugaan sementara) yang belum terbukti atau spekulasi tentang kenyataan yang belum diketahui secara pasti.

16. Nazir
Teori adalah pendapat yang dikemukakan sebagai keterangan mengenai suatu peristiwa ataukejadian.

17. Ismaun
Teori adalah pernyataan yang berisi kesimpulan substantis tentang keteraturan.

18. Kneller
Teori memiliki dua makna bahwa itu adalah teori empiris sebagai hasil pengujian hipotesis dengan observasi dan eksperimen.

19. Siswoyo
Menurut Siswoyo dalam Mardalis (2003:42). Teori adalah seperangkat konsep dan definisi yang saling berhubungan yang mencerminkan suatu pandangan sistematik mengenai fenomena dengan menerangkan hubungan antar variable, dengan tujuan untuk menerangkan dan meramalkan fenomena.

20. Hoy Dan Miskel
Menurut Hoy Dan Miskel “Dalam Sugiyono, 2010:55”, teori adalah seperangkat konsep, asumsi dan generalisasi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan dan menjelaskan perilaku dalam berbagai organisasi.

21. Mike Bal (1985)
Teori merupakan “a theory is a systematic set of generalized statements about a particular segment of reality”. (Teori adalah seperangkat sistematis pernyataan umum tentang segmen tertentu dari sebuah realitas)

22. Heinan (1985)
Teori merupakan ” a group of logically organized laws or relationships that constitute explainnation in a discipline”. (Teori adalah sekolompok hukum logis hubungan yang terorganisir dan penjelasananya secara disiplin ).

23. Azuar Juliandi
Teori adalah suatu pemikiran, penelaahan serta penelitian yang telah diakui keabsahannya secara ilmiah.

24. Pius Partanto & M. Dahlan Barry
Teori sebagai patokan dasar atau garis-garis dasar sains dan ilmu pengetahuan.

25. Merriam-Webster
Teori adalah ide atau prinsip-prinsip umum yang berhubungan dengan fakta-fakta pada pokok persoalan.

3 hal yang perlu diperhatikan dalam mengkaji dan mencermati tentang Teori, yaitu

  • Teori merupakan sebuah set proposisi yang terdiri dari konstrak yang didefinisikan secara luas dengan hubungan unsur-unsur dalam set secara jelas.
  • Teori menerangkan hubungan antar variabel atau antar konstrak sehingga pandangan yang sistematikk dari fenomena yang diterangkan oleh variable dengan jelas.
  • Teori menerangkan tentang fenomena cara dan spesifikasi variable satu yang berhubungan dengan variabel lainnya.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Teori Menurut Ahli  semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.