Pengertian Deflasi, Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Deflasi Terlengkap

Posted on

Pengertian Deflasi, Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Deflasi TerlengkapDeflasi adalah sebuah periode dimana harga secar umum jatuh dan nilai uang bertambah. Deflasi merupakan kebalikan dari inflasi, apabila inflasi terjadi karena banyaknya jumlah uang yang beredar di masyarakat, maka deflasi terjadi karena kurangnya jumlah uang yang beredar dimasyarakat. Definisi lain mengenai deflasi yaitu meningkatnya permintaan terhadap uang berdasarkan jumlah uang yang berada di masyarakat.

Jenis-Jenis Deflasi

Dari proses terjadinya, deflasi dibedakan menjadi dua, yakni

Deflasi Strategis

Jenis deflasi ini terjadi akibat diterapkannya kebijakan pengontrolan terhadap gejala konsumsi berlebihan guna mengatasi kenaikan harga pasar.

Loading...

Deflasi Sirkulasi

Jenis deflasi ini terjadi saat masa transisi dari kemakmuran perekonomian menjadi kemerosotan perekonomian. Akibat ketidakseimbangan antara daya produksi dan konsumsi, hal ini mendorong penurunan harga pasar dalam resesi ekonomi, akibat semakin kurangnya jumlah kebutuhan terhadap barang ekonomi yang berlebihan.

Penyebab Deflasi

Hal-hal yang menyebabkan deflasi diantaranya:

1. Menurunnya Persediaan Uang di Masyarakat
Saat terjadi deflasi ekonomi, maka harga barang akan mengalami kenaikan dan hal tersebut membuat konsumen menunda sementara atau lebih lama hingga harga barang turun. Hal tersebutlah yang akan memperlambat laju ekonomi.

2. Meningkatnya Persediaan Barang
Apabila persediaan uang di masyarakat menurun, maka masyarakat menjadi malas membelanjakan uang mereka. Para pembisnis menjadi bingung karena persediaaan barang yang mereka miliki tidak laku dan menumpuk. Oleh sebab itu, pendapatan masyarakat mengalami penurunan dan jumlah uang yang beredarpun semakin sedikit.

3. Menurunnya Permintaan Barang
Ketidakseimbangan antara harga barang yang tinggi dan jumlah uang yang beredar di masyarakat akan menyebabkan terjadinya penurunana permintaan barang.

4. Naiknya Permintaan Uang
Sedikitnya jumlah uang yang beredar di masyarakat akan membuat masyarakat bingung untuk melakukan kegiatan ekonomi dan juga tak ada kegiatan bisnis yang berjalan membuat peredaran uang semakin berkurang. Semua itu membuat kemunduran perekonomian dan maka dari itu, masyarakat meminta bank sentral untuk mengeluarkan uang agar menambah pasokan uang.

Dampak Deflasi

Adapun dampak positif dan dampak negatif dari adanya deflasi yaitu:

Dampak Positif Deflasi

Adapun dampak positif dari deflasi yaitu:

  • Nilai mata uang akan menguat
  • Kesadaran menabung masyarakat akan bertambah agar dapat memenuhi kebutuhan mereka

Dampak Negatif Deflasi

Adapun dampak negatif yang disebabkan karena terjadinya deflasi yaitu:

  • Pengusaha akan kurang bernafsu memproduksi barang karena harganya terus menurun.
  • Kesempatan kerja berkurang
  • Pajak tidak bisa ditarik Negara sehingga pendapatan Negara berkurang.
  • Kegiatan perekonomian akan mengalami kemunduran.
  • Menurunnya persediaan uang di masyarakat dan akan menimbulkan depresi besar.
  • Membuat pasar saham mengalami kekacauan.
  • Banyak pekerja yang mengalami PHK karena pemilik bisnis tidak sanggup membayar gaji karyawan.
  • Melesunya investasi di sektor riil maupun di lantai bursa yang akan menambah berat kelesuan ekonomi karena tidak ada aktivitas bisnis berjalan.
  • Menyebabkan suku bunga suatu negara menjadi nol persen dan diikuti penurunan suku bunga pinjaman di bank.
  • Menyebabkan penurunan produksi perusahaan karena kurang permintaan dan lemahnya daya beli dan hal tersebut akan dampak pada pengurangan produksi dan pengurangan jumlah tenaga kerja.

Cara Mengatasi Deflasi

Adapun hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi terjadinya deflasi, diantaranya:

  • Menurunkan tingkat suku bunga.
  • Memberikan stimulus ekonomi berupa bantuan likuiditas ke sektor bisnis.
  • Pemerintah dapat memotong pajak dan meningkatkan belanjanya sendiri untuk meningkatkan kembali perekonomian.
  • Dari sisi Bank Sentral, pemerintah juga dapat meningkatkan peredaran uang di masyarakat dengan membeli surat hutang sektor swasta dan menukarkannya dengan uang tunai.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Deflasi, Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Deflasi Terlengkap .  Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.