Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli, Unsur dan Langkah-Langkah Musikalisasi Puisi Terlengkap

Posted on

Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli, Bentuk-Bentuk Musikalisasi Puisi, Unsur-Unsur Musikalisasi Puisi dan Langkah-Langkah Musikalisasi Puisi Terlengkap Musikalisasi puisi adalah kegiatan pembacaan puisi dengan cara dilagukan, diberi irama, atau diiringi musik yang sesuai dengan isi puisi. Musikalisasi puisi yaitu kolaborasi apresiasi puisi yang dilakukan dengan pembacaan dan penggubahan syair dengan melibatkan beberapa unsur seni seperti irama, bunyi atau musik serta unsur gerak atau tari.

Berbicara tentang musikalisasi puisi, kali ini kita akan membahas tentang pengertian musikalisasi puisi menurut para ahli, bentuk-bentuk musikalisasi puisi, unsur-unsur musikalisasi puisi, dan langkah-langkah musikalisasi puisi atau cara membuat musikalisasi puisi.

Pengertian Musikalisasi  Puisi Menurut Para Ahli

Danardana (2013:56)

Menurut Danardana, Musikalisasi puisi adalah kolaborasi apresiasi seni antara musik, pusis dan pentas. Melalui musikalisasi puisi, seseorang tidah hanya mendapat kesempatan mengapresiasi puisi dan musik tapi juga mendapatkan kesempatan mengekspresikan apresiasi seninya itu di depan khalayak.

Arsie (1996:16)

Mernurut Arsie, Musikalisasi puisi adalah satu bentuk ekspresi sastra puisi dengan melibatkan beberapa unsur seni seperti irama, bunyi(musik) dan gerak (tari)

Supratman Abdul Rani

Menurut Supratman Abdul Rani, Musikalisasi puisi sebagai upaya menampilkan pusi dengan jalan memasukkan unsur-unsur musik secara dominan. Akan tetapi, tujuan pemusikalisasi puisi bukanlah sekedar untuk menampilakan saja. Didalamnya ada upaya yang lebih dari itu.

Dedi S. Putra

Menurut Dedi S. Putra, Musikalisasi puisi sebegai bentuk apresiasi puisi ungkapan musikan : instrumen, melodi dan nyanyian ucapan. Nuansa makna kata: ekplisit dan implisit. Penghayatan menjadikan pusi mendapatkan kemampuan ekstra untuk berkomunikasi karena pencarian yang diciptakan.

Ari KPIN

Menurut Ari KPIN, Musikalisasi puisi adalah sarana mengkomunikasikan puisi pada apresin melalui persembahan musik (nada, irama, lagu dan nyanyian)

Bentuk-bentuk Musikalisasi Puisi

Musikalisasi Puisi Lagu

Bentuk dari Musikalisasi Puisi Lagu adalah model puisi yang terfokus pada pengubahan puisi menjadi syair lagu yang memiliki nada diatonis yang di aransemen dan di kombinasikan melalui iringan musik. Syair lagu yang memiliki nada harmoni yang pada dasarnya adalah bentuk aransemen puisi ke bentuk lagu. Dan Partitur Musik adalah teks lagu yang berisikan puisi-puisi yang di aransemen ke dalam bentuk lembaran musik yang melodi, irama/ritme, dan harmoni.

Pengubahan bentuk puisi menjadi lagu adalah produktivitas yang dilakukan seorang penyair atau pencipta lagu yang puitis melalui unsur imajinasi dan keterampilan dalam bermusik. Musikalisasi puisi dengan cara membuat komposisi lagu dimana syair puisi menjadi lirik lagu. Produktivitas tersebut lahir dari seorang penyair melalui imajinasi dan keterampilan bermusik.

Musikalisasi Puisi Iringan

Bentuk Musikalisasi Puisi Irangan adalah model puisi yang terfokus pada iringan permainan alat-alat musik. Fokus utama dari model puisi ini yaitu keahlian olah vokal dari pembaca puisi. Sama halnya dengan pendapat Danardana (2003:57) yang menyatakan bahwa puisi dibawakan dengan diiringi oleh permainan alat-alat musik. Fokus utama dari model puisi ini yaitu keahlian oleh vokal dari pembaca puisi.

Musikalisasi Puisi Total

Bentuk Musikalisasi Puisi Total yaitu model musikalisasi yang berubah total menjadi sebuah lagu dengan mengkongkretkan puisi dalam bentuk musik seutuhnya.

Unsur-Unsur Musikalisasi Puisi

Unsur-unsur musikalisasi puisi terdiri atas komposisi yang membentuk satu kesatuan unsur musikalisasi, unsur tersebut antara lain melodi dan irama yang disebut unsur musik dan liriknya yaitu syair puisi. Kedua unsur tersebut tidak dapat dipisahkan.

Langkah-Langkah Musikalisasi Puisi

Berikut ini adalah cara ataua langkah-langkah membuat musikalisasi puisi:

Menikmati Musikalisasi Puisi

Apakah kalian pernah mendengarkan lagu yang dinyanyikan oleh Ebiet G. Ade ataupun Bimbo? Jika didengarkan lirik lagu yang mereka nyanyikan terasa begitu sangat puitis. Pada dasarnya lirik-lirik lagu tersebut adalah puisi yang dimusikalisasi atau disajikan dalam bentuk lagu yang memiliki irama. Berikut ini adalah teks syair lagu “Tuhan”.

Tuhan
Oleh: Trio Bimbo

Tuhan, tempat aku berteduh
Di mana aku mengeluh
Dengan segala keluh

Tuhan, Tuhan yang Maha Esa
Tempat aku memuja
Dengan segala doa

Aku jauh Engkau jauh
Aku dekat Engkau dekat
Hati adalah cermin
Tempat pahala dan dosa berpadu

Memilih Puisi yang Akan Dimusikalisasi

Sebenarnya semua puisi itu dapat dimusikalisasi. Namun, sebaiknya kalian memilih puisi-puisi yang sederhana yaitu puisi yang memiliki syair yang mudah untuk diucapkan agar mudah dinyanyikan. Berikut ini merupakan salah satu contoh puisi sederhana yang dapat dimusikalisasikan :

Tuhan
Karya: Hasbiono K.

Kauberi aku mata untuk melihat
Kauberi aku telinga untuk mendengar
Kauberi aku kaki untuk berjalan
Kauberi aku akal untuk berpikir

Tuhan,
Kini aku telah melihat bumiMu
Kini aku telah mendengar kata-kataMu
Kini aku telah berjalan menyelusuri bumiMu
Dan telah kupikirkan semua tujuanMu

Alangkah munafiknya diri ini
Bila tak bersyukur padaMu
Alangkah berdosanya hati ini
Bila keangkuhan ada pada diriku

Oh, Tuhan
Maafkan hambaMu

Memahami Isi Puisi yang akan Dimusikalisasi

Setelah menentukan puisi yang akan dimusikalisasi, kalian harus mampu memahami isi dari puisi dengan tepat agar irama lagu yang dipilih sesuai dengan isi puisi. Untuk memahami isi sebuah puisi, kalian dapat berpedoman pada pertanyaan berikut.

  • Apa tema dari puisi itu?
  • Suasana bagaimanakah yang menjiwai puisi itu?
  • Hal apakah yang ingin dikemukakan pengarang melalui puisi itu?
  • Adakah bunyi vokal atau konsonan yang dominan dalam puisi itu?
  • Kata-kata apakah di dalam puisi itu yang menurutmu sulit untuk dipahami?

Menentukan Irama yang Sesuai dengan Suasana Puisi

Selanjutnya tentukan nada, irama, serta tempo yang sesuai dengan isi dan suasana puisi, maka akan tercipta perpaduan bunyi yang indah antara puisi dan alat musik yang mengiringi. Manfaatkanlah alat-alat musik sederhana seperti gitar, harmonika, atau seruling. Namun, jika tidak ada alat musik, kalian dapat menyanyikan secara acapela atau bernyanyi tanpa musik.

Menampilkan Musikalisasi Puisi

Setelah semua sudah siap, maka musikalisasi juga siap ditampilkan. Dalam penampilan musikalisasi, unsur terpenting yang harus diperhatikan adalah kejelasan vokal dan penghayatanmu (ekspresi) saat menyanyikan puisi tersebut dan juga yang diutamakan tetap isi larik-larik puisi. Musik pendukung yang harus senada dengan isi puisinya.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli, Unsur dan Langkah-Langkah Musikalisasi Puisi Terlengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.