Pengertian Patriotisme, Ciri dan Contoh Sikap Patriotisme Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Patriotisme, Ciri dan Contoh Sikap Patriotisme Menurut Para Ahli Terlengkap – Patriotisme adalah sikap yang berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Patriotisme merupakan salah satu sikap bela negara dan nasionalis. Menurut ensiklopedia Indonesia, Patriotisme berasal dari bahasa Yunani yaitu Patris yang berarti tanah air. Selain itu, patriotisme juga berasal dari kata patriot dan isme yang berarti sifat kepahlawanan atau jiwa kepahlawanan atau dalam bahasa inggris heroism dan patriotism . Pengorbanan tersebut dapat berupa harta benda ataupun jiwa raga.

Istilah patriotisme berarti rasa kecintaan dan kesetiaan seseorang pada tanah air dan bangsa. Patriotisme juga dapat diartikan sebagai rasa kekaguman pada adat kebiasaaan bangsa, kebanggaan terhadap sejarah dan kebudayaan serta sikap pengabdian semi kesejahteraan.

Makna patriotisme selalu berubah seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan suatu negara. Pada zaman sebelum merdeka, sikap patriotisme lahir dari perasaan senasip sepenanggungan, setia kawan dan kebersamaan dalam perjuangan menegakkan kemerdekaan bangsa. Setelah Indonesia merdeka, sikap patriotisme dirasakan sebagai sikap yang harus dimiliki bangsa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta harus dijasikan sebagai landasan atau dasar untuk bertindak menjalankan pembagunan.

Loading...

Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli

Ensiklopedia Indonesia

Menurut Ensiklopedia Indonesia, Patriotisme adalah rasa kecintaan dan kesetiaan seseorang pada tanah air dan bangsanya, kekaguman pada adat kebiasaaan, kebanggaan terhadap sejarah dan kebudayaannya, serta sikap pengabdian demi kesejahteraan bersama.

Kamus Umum Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, Patriotisme adalah sikap dan semangat yang sangat cinta kepada tanah air sehingga berani berkorban jika diperlukan oleh negara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Patriotisme adalah sikap dan semangat yang sangat mencintai tanah air sehingga berani berkorban jika diperlukan oleh negara.

Blank dan Schmidt

Menurut Blank dan Schmidt, Patriotisme dan Nasionalisme berbeda. Mereka menyatakan bahwa nasionalisme lebih bernuansa mendominasi dan menonjolkan superioritas terhadap bangsa lain, sedangkan patriotisme lebih berbicara akan cinta dan loyalitas.

Staub

Menurut Staub, Patriotisme adalah sebuah keterikatan seseorang pada kelompoknya baik mengenai suku, bangsa, maupun partai politik. Ia mengemukakan bahwa ada 2 jenis patriotisme yaitu:

  • Patriotisme buta yaitu patriotisme sebagai keterikatan kepada negara tanpa memandang apapun. Ciri khas jenis patriotisme ini tidak mepertanyakan segala sesuatu, loyal dan tidak toleran terhadap kritik.
  • Patriotisme konstruktif yaitu patriotisme yang mendukung adanya kritik dan pertanyaan dari anggotanya demi tercapainya perubahan ke arah yang lebih baik untuk kesejahteraan anggotanya.

Richard Aldington

Menurut Richard Aldington, Patriotisme adalah suatu rasa tanggung jawab kolektif yang hidup dan tentunya dibutuhkan dalam setiap bentuk kehidupan bersama, pada tingkat lokal maupun internasional.

Budiyono

Menurut Budiyono, Patriotisme adalah sikap yang berupaya menjaga kemerdekaan dengan segala cara, termasuk dengan mengorbankan jiwa dan raga.

Ciri-Ciri Patriotisme

Adapun ciri-ciri patriostisme yaitu:

a. Patriotisme merupakan solider secara bertanggung jawab atas seluruh bangsa. Artinya, Patriotisme membuat seseorang mampu mencintai bangsa dan negaranya tanpa menjadikannya sebagai tujuan bagi dirinya sendiri namun untuk kesejahteraan bangsa dan negara.

b. Patriotisme adalah realistis. Artinya, patriotisme mau dan mampu melihat kekuatan bangsa dan daya yang dapat merusak bangsa dan bangsa lainnya.

c. Patriotisme adalah rasa memiliki identitas diri, artinya mau melihat, menerima dan mengembangkan watak dan keperibadian bangsa sendiri.

d. Patriotisme bersifat terbuka, artinya melihat bangsanya dalam konsep hidup dunia, mau terlibat didalamnya dan bersedia belajar dari bangsa lain demi kemajuan bangsanya.

e. Patriotisme bermodalkan nilai dan budaya rohani bangsa dan berjuang pada masa kini untuk menuju cita-cita yang ditetapkan.

Sikap Patriotisme dan Contoh Sikap Patriotisme

Sikap patriotisme bisa diwujudkan dalam semangat cinta tanah air dengan cara sebagai berikut:

a. Sikap Rela berkorban mempertahankan negara
Sikap ini diwujudkan dalam bentuk ketersediaan berjuang untuk mengatasi ancaman bangsa lain yang akan menjajah, ancaman dari dalam negeri, kegiatan yang dapat merugikan negara dan bencana alam yang dapat menyebabkan kerusakan dan juga kehancauran negara.

b. Sikap untuk megisi kelangsungan hidup negara
Sikap ini diwujudkan dengan ketersediaan bekerja sesuai dengan bidangnya, sehingga bisa meningatkan harkat, martabat dan tujuan bangsa.

Berikut ini adalah beberapa sikap atau kegiatan yang mencerminkan jiwa patriotisme dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu:

  • Mengikuti upacara hari besar kenegaraan
  • Mengikuti kegiatan bakti sosial
  • Mengikuti kegiatan seperti pramuka, PMR dan lain sebagainya
  • Rajin belajar
  • Manaati peraturan
  • Menghormati orang tua, guru dan juga orang sekitar
  • Membawa pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  • Dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang”Pengertian Patriotisme, Ciri dan Contoh Sikap Patriotisme Menurut Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.