Pengertian Pembangunan, Konsep dan Teori Serta Contoh Pembangunan TERLENGKAP

Posted on

Pengertian Pembangunan, Konsep dan Teori Serta Contoh Pembangunan TERLENGKAP – Pembangunan sering kali dikaitkan dengan ekonomi, politik, mental dan berbagai bidang lainnya. Selain itu, pembangunan juga sering dikaitkan dengan perubahan ke arah yang lebih baik atau perubahan dari hal lama ke hal baru. Jadi, secara singkat pengertian pembangunan adalah setiap kegiatan terencana guna mencapai perubahan ke arah yang lebih baik.

Berbicara tentang pembangunan, kali ini kita akan membahas tentang makna dan pengertian pembangunan menurut para ahli, konsep pembangunan, serta teori pembangunan.

Pengertian Pembangunan Menurut Para Ahli

Nugroho dan Rochmin Dahuri (2004)

Menurut Nugroho dan Rochmin Dahuri, Pembangunan adalah suatu upaya terkoordinasi untuk menciptakan alternatif yang lebih banyak secara sah kepada setiap warga negara untuk memenuhi dan mencapai aspirasinya yang paling manusiawi.

Loading...

Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah (2005)

Menurut Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah, Pembangunan adalah proses melakukan perubahan.

Siagian (1994)

Menurut Siagian, Pembangunan adalah suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan per­ubahan yang berencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah, menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa (nation building).

Ginanjar Kartasasmita (1994)

Menurut Ginanjar Kartasasmita, Pembangunan adalah suatu proses perubahan ke arah yang lebih baik melalui upaya yang dilakukan secara terencana.

Alexander (1994)

Menurut Alexander, Pembangunan (development) adalah proses perubahan yang mencakup seluruh system sosial, seperti politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan dan teknologi, kelembagaan, dan budaya.

Portes (1976)

Menurut Portes, definisi pembangunan yaitu transformasi ekonomi, sosial dan budaya. Pembangunan adalah proses perubahan yang direncanakan untuk memperbaiki berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Deddy T. Tikson (2005)

Menurut Deddy T. Tikson, Pembangunan Nasional adalah transformasi ekonomi, sosial dan budaya secara sengaja melalui kebijakan dan strategi menuju arah yang diinginkan.

Kuncoro (2004)

Menurut Kuncoro, Pembangunan adalah peningkatan yang terus menerus pada Gross Domestic Product atau Produk Domestik Bruto suatu negara.

Sukirno (1995:13)

Menurut Sukirno, Pembangunan adalah suatu usaha proses yang menyebabkan pendapatan perkapita masyarakat meningkat dalam jangka panjang.

Inayatullah

Menurut Inayatullah, Pembangunan adalah perubahan menuju pola-pola masyarakat yang memungkinkan realisasi yang lebih baik dari nilai-nilai kemanusian yang memungkinkan suatu masyarakat mempunyai kontrol yang lebih besar terhadap lingkungan dan terhadap tujuan politiknya dan yang memungkinkan pada warganya mendapatkan kontrol yang lebih terhadap diri mereka sendiri.

Rogers

Menurut Rogers, Pembangunan adalah suatu proses perubahan sosial dengan partisipatori yang luas dalam suatu masyrakat yang dimaksudkan untuk kemajuan sosial dan material, termasuk bertambah besarnya kebebasan, keadilan dan kualitas lainnya yang dihargai untuk mayoritas rakyat melalui kontrol yang lebih besar yang mereka peroleh terhadap lingkungan mereka.

Shoemaker

Menurut Shoemaker, Pembangunan adalah suatu jenis perubahan sosial dimana ide-ide baru diperkenalkan kepada suatu sistem sosial untuk menghasilkan pendapatan perkapita dan tingkat kehidupan yang lebih tinggi melalui metode produksi yang labih modernisasi pada tingkat sistem sosial.

Mohammad Ali

Menurut Mohammad Ali, Pembangunan adalah setiap upaya yang dikerjakan secara terencana untuk melaksanakan perubahan yang memiliki tujuan utama untuk memperbaiki dan menaikan taraf hidup, kesejahteraan dan kualitas manusia.

Kleinjans

Menurut Kleinjans, Pembangunan adalah suatu proses pencapaian pengetahuan dan keterampilan baru, perluasan wawasan manusia, tumbuhnya suatu kesadaran baru, meningkatnya semangat kemanusiaan dan suntikan kepercayaan diri.

Rogers Dan Shoemaker

Menurut Rogers Dan Shoemaker, Pembangunan adalah suatu jenis perubahan sosial yang mana terdapat berbagai ide baru yang diperkenalkan di sebuah sistem sosial yang bertujuan agar bisa menghasilkan pendapatan per kapita dan level kehidupan yang lebih baik dengan menggunakan metode produski yang lebih canggih dan organisasi sosial yang lebih terarah.

Seers

Dalam istilah teknik menurut Seers, Pembangunan adalah seni dalam membangitkan masyarakat di berbagai negara berkembang dari kemiskinan, tingkat melek huruf yang rendah, tingginya angka pengangguran da ketidakadilan dalam bidang sosial.

H. Hoed

Menurut H. Hoed, Pembangunan adalah setiap upaya sistematis yang dilaksanakan untuk melepaskan diri dari ketertinggalan dan upaya meningkatkan dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat.

Drs. Joko Untoro

Menurut Drs. Joko Untoro, Pembangunan adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan di dalam stuktur ekonomi dan pola kegiatan ekonomi ataupun upaya menaikkan pendapatan per kapita.

Fakih (2001:10)

Menurut Fakih, Pembangunan adalah kata benda netral yang maksudnya adalah suatu kata yang digunakan untuk menjelaskan proses dan usaha yang meningkatkan kehidupan ekonomi, politik, budaya, infrastruktur masyarakat dan sebagainya.

Galtung

Menurut Glatung dalam Trijono (2007:3), Pembangunan adalah upaya untuk memenuhan kebutuhan dasar manusia, baik secara individual maupun kelompok dengan cara-cara yang tidak menimbulkan kerusakan, baik terhadap kehidupan sosial maupun lingkungan alam.

Dissaynake

Menurut Dissaynake, Pembangunan adalah sebuah proses menuju perubahan sosial yang mengarah ke kualitas hidup yang lebih baik dari seluruh ataupun mayoritas masyarakat tanpa merusak lingkungan ataupun budaya/kultur lingkungan mereka dan berusaha melibatkan sebanyak mungkin anggota masyarakat dalam usaha ini, serta membuat mereka menjadi penentu untuk tujuan mereka sendiri.

Effendi (2002:2)

Menurut Effendi, Pembangunan adalah suatu upaya meningkatkan segenap sumber daya yang dilakukan secara berencana dan berkelanjutan dengan prinsip daya guna yang merata dan berkeadilan.

Konsep Dan Teori Pembangunan

Konsep Pembangunan adalah konsep mengenai kemajuan pembangunan dan hasil-hasil pembangunan suatu negara. Konsep pembangunan tersebut selalu dikembangkan dari masa ke masa agar negara atau pemerintah dapat memberikan pelayanan pada masyarakat. Menurut Imam Nazeni konsep pembangunan diibaratkan seperti proses komputer yang harus ada perangkatnya yakni:
1. Perangkat Keras, perangkat keras dalam pembangunan terdiri atas:

  • Tenaga kerja
  • Dana
  • Material
  • Basis usaha
  • Waktu

2. Perangkat Lunak, perangkat lunak dalam pembangunan terdiri atas:

  • Ilmu
  • Keahlian
  • Peraturan
  • Teknologi
  • Informasi
  • Moral

Akan tetapi, konsep pembangunan pada awalnya tidak akan terlepas dari berbagai teori pertumbuhan ekonomi yang dikemukakan oleh para ahli, teori-teori pembangunan tersebut diantaranya:

Teori Pembangunan Adam Smith

Teori ini juga dikenal dengan Teori Hukum Alam. Teori ini meyakini berlakunya doktrin hukum alam dalam persoalan ekonomi maka wajar jika ia menganjurkan kebijakan pasar bebas dalam ekonomi. Kekuatan yang tidak terlihat yakni pasar persaingan sempurna yang merupakan mekanisme menuju keseimbangan secara otomatis dan cenderung memaksimumkan kesejahteraan nasional.

Teori Pembangunan Ricardian

Teoripembangunan yang dibangun oleh David Richardo yaitu teori mengenai hubungan antara tiga kelompok perekonomian yaitu tuan tanah, kapitalis dan buruh. Keseluruhan pendapatan nasional dibagikan pada tiga kelompok tersebut sebagai uang sewa, keuntungan dan upah.

Teori Pembangunan Malthus

Dalam teori ini, Thomas Robert Malthus menganggap bahwa proses pembangunan ekonomi itu tidak terjadi dengan sendiri, namun membutuhkan berbagai usaha yang konsisten dari pihak rakyat. Jadi proses pembangunan adalah suatu proses naik turunnya aktivitas ekonomi lebih daripada sekedar lancar mtidaknya aktivitas ekonomi.

Teori Pembangunan Mill

Dalam teori ini, John Stuart Mill menganggap pembangunan ekonomi sebagai fungsi tanah, tenaga kerja dan modal. Peningkatan kesejahteraan hanya mungkin jika tanah dan modal mampu meningkatkan produksi lebih capat dibanding dengan angkatan kerja.

Teori Pembangunan Marxis

Ada 3 hal yang disumbangkan Karl Max dalam teori pembangunan nasional yaitu dalam arti luas memberikan tafsiran sejarah dari sudut ekonomi, dalam arti sempit merinci kekuatan yang mendorong perkembangan kapitalis dan menawarkan jalan alternatif tentang pembangunan ekonomi terencana. Dalam penafsiran sejarah, semua peristiwa sejarah merupakan hasil perjuangan ekonomi yang terus menerus di berbagai kelas dan kelompok masyarakat. Dalam perkembangan kapitalis, karena produksi tunduk pada perubahan Maka kekuatan produksi bertentangan dengan struktur kelas masyarakat akan terjadi revolusi sosial.

Teori Pembangunan Schumpeter

Joseph Alois Schumpeter menyatakan bahwa pembangunan adalah perubahan yang spontan dan terputus-putus pada saluran sirkuler dari produksi barang, penawaran, permintaan, laba, tabungan dan bunga.

Teori Pembangunan Rostow

Dalam teori ini Rosrow membuat penyataan tentang membedakan adanya lima tahap pertumbuhan ekonomi, diantaranya:

  • Masyarakat tradisional
  • Prasyarat untuk tinggal landas
  • Tinggal landas
  • Dewasa / maturity
  • Masa konsumsi massal

Teori Pembangunan Lewis

Teori sistematis yang dibangun W. Arthur Lewis yakni pembangunan ekonomi dengan penawaran buruh yang tidak terbatas. Negara berkembang memiliki ketersediaan buruh yang melimpah dengan upah sekedar cukup untuk hidup. Pembangunan ekonomi berlangsung jika modal terakumulasi sebagai akibat peralihan buruh surplus dari sektor subsisten ke sektor kapitalis.

Contoh Pembangunan

Berikut adalah beberapa contoh pembangunan, diantaranya:

  • Membeli produk dalam negeri dan meningkatkan produk dalam negeri agar tidak kalah saing dengan produk luar negeri.
  • Tidak boleh terpengaruh dengan budaya asing yang negatif, seperti budaya minum minuman keras dan lain sebagainya.
  • Pembangunan yang bersifat jangka panjang, seperti pembangunan bangunan atau jalan yang ditargetkan selesai dalam waktu 10 tahun.
  • Dan lain sebagainya

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Pembangunan, Konsep dan Teori Serta Contoh Pembangunan TERLENGKAP“, semoga bermanfaat.