10 Resep Obat Bisul Secara Alami Paling Ampuh Lengkap dengan Gejala dan Penyebabnya

Posted on

Resep Obat Bisul Secara Alami Paling Ampuh  – Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini muncul akibat infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococ yang masuk ke dalam pori kulit lalu menyerang bagian dalam dan menimbulkan radang yang berisi nanah. Nanah ini merupakan basil yang mati akibat melawan sel darah putih dalam tubuh.

Bisul biasanya mucul dibeberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, ketiak, bahu, payudara, penis, serta paha. Ini terjadi karena bagian-bagian tersebut sering mengalami gesekan dan berkeringat. Sedangkan untuk bisul yang sering muncul dibagian kelopak mata biasa disebut dengan bintitan. Munculnya bisul disebakan oleh beberapa gejala, antara lain:

Gejala Munculnya Bisul

Gejala munculnya bisul biasanya diawali dengan munculnya bintik merah pada kulit, awal munculnya biasanya berukuran kecil, selain itu desertai dengan beberapa gejala lainnya seperti :

Loading...
  • Benjolan disekitar kulit memerah, bengkak, dan terasa hangat jika disentuh. Ini merupakan indidkasi bahwa infeksi telah menyebar dikulit sekitarnya.
  • Benjolan bertambah besar dan berisi nanah
  • Terbentuk titik putih di bagian puncak benjolan.
  • Rasanya panas, pegal dan sakit agak dalam apalagi bila tersentuh benda lain
  • Bila pengobatannya secara medis, biasanya dioperasikan tetapi pengobatan secara tradisional mengusahakan agar bisul tersebut cepat masak dan pecah.

Kondisi ini biasanya tidak membutuhkan penangan khusus dari dokter. karena pada kebanyakan kasus penyakit ini dapat sembuh dengan sendiri. Walaupun begitu, sebaiknya anda segela melakukan pengobatan ke dokter jika dirasa bisul yang muncul menyebabkan beberapa efek yang dialamai seperti :

  • Muncul demam
  • Bisul membesar dan rasa yang muncul sangat sakit
  • Bisul tumbuh lebih dari satu dan muncul diarea yang sama
  • Bisul muncul didalam kulit seperti di hidung, diwajah, dan pada tulang belakang
  • Bisul belum sembuh lebih dari 2 minggu
  • Bisul sering kambuh dan muncul kembali selang beberapa saat

Faktor Penyebab munculnya Bisul

Bisul dapat muncul kepada siapa saja, biasanya muncul disebakan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Faktor usia dan jenis kelamin. Biasanya bisul banyak muncul pada usia remaja dan pada pria
  • Faktor kebersihan lingkungan.
  • Sistem daya tahan tubuh yang lemah.
  • Mengalami masalah kulit seperti Jerawat.

Pengobatan Bisul

Untuk membantu mengatasi bisul, anda dapat menggunakan beberapa resep herbal dibawah ini:

Resep 1 Daun bayam duri
Daun bayam duri dapat digunakan untuk mengatasi bisul dengan menghaluskan sekitar 3 lembar daun duri dengan dicampur sedikit garam dan tempelkan pada bisul. Lakukan cara ini secara rutin sampai bisul sembuh.

Resep 2 Daun cabe
Pengobatan bisul menggunakan daun cabe yaitu dengan melumatkan beberapa lembar daun cabe lalu dicampur dengan sedikit minyak kelapa. Dan tempelkan pasta daun cabe pada bisul, lakukan sampai bisul pecah dengan sendirinya.

Resep 3 Bawang putih
pengobatan bisul selanjutnya yaiut dengan menggunakan bawang putih. pengobatan menggunakan bawang putih yaitu dengan menempelkan bawang putih yang sudah dihaluskan. Cara ini menimbulkan rasa panas pada area kulit yang merupakan reaksi dari pengobatan. Hal ini merupakan reaksi untuk melancarkan peredaran dara dan membuat bisul cepat kering dan pecah.

Resep 4 Daun Sirih
Cara pengobatan bisul menggunakan daun sirih yaitu dengan merebus beberapa lembar daun sirih, lalu oleskan rebusan sirih ketikan masih hangat pada bisul. daun sirih memeiliki kandungan antibiotik tinggi yang mampu membunuh bakteri penyebab bisul.

Resep 5 Daun Belimbing Manis
Ternyata daun belimbing efektif untuk mengobati penyakit bisulan. caranya yaitu dengan menghaluskan beberapa lembar daun belimbing dan campurkan dengan air cucian beras aduk hingga menjadi bubur. Lalu oleskan pada luka bisul kemudian balut dengan kain.

Resep 6 Lidah Buaya

Seperti kita ketahui bahwa lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat dan kandungan mineral alami, vitamin dan antioksidan. Manfaat lainnya dari lidah buaya yaitu mampu mengatasi bisul sekalipun dalam kondisi parah. Caranya yaitu dengan mengoleskan daging lidah buaya secara rutin pada bisul, bila perlu tempelkan daging lidah buaya yang telah di haluskan lalu tutup mengguanakan kain halus.

Resep 7 Mentimun dan Biji Pala

Timun memiliki banyak kandungan anti inflamasi tinggi yang mampu mencegah peradangan pada kulit, sedangakan biji pala memiliki kandungan anti bakterial yang mampu melawan infeksi. Jadi kedua bahan tersebut dinilai efektif untuk mengobati bisul dengan cara menghaluskan kedua bahan tersebut. Setelah itu bungkus dengan daun pisang dan panggang sebentar hingga hangat, kemudian tempelkan pada bisul , diamkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat.

Resep 8 Bawang Merah

Bawang memang kaya manfaat, selain sebagai bumbu dapur, bawang juga dapat dimanfaatkan dalam mempercepat proses penyembuhan dari berbagai penyakit. Selain bawang putih, bawang merah juga dapat digunakan untuk menyembuhakn bisul, bawang merah digunakan untuk memeprcepat proses pengeringan bisul, caranya yaitu dengan menghaluskan bawang merah, lalu tempelkan pada bisul yang sebelumnya telah di kompres dengan air hangat lalu sekitar 1-2 jam dan bilas dengan air hangat.

Resep 9 Biji Asam Jawa

Biji asam jawa dapat anda jadikan sebagai bahan untuk menyembuhkan bisul, yaitu dengan mengolah biji asam menjadi serbuk dengan di panggang terlebih dahulu. Lalu campur serbuk asam jawa dengan minyak kelapa dan sedikit garam, kemudian balurkan pada bisuk hingga kering dan bilas menggunakan air hangat.

Resep 10 Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung senyawa antioksidan yang tinggi yang konon ampuh mengatasi kanker dan tumor. Selain itu, ternyata kandungan tersebut juga berkhasiat untuk mengobati bisul secara alami dengan cara menumbuk halus daun sirsak yang kemudian di balurkan pada bisul.

Resep 11 Tempuyung/Tanaman JOmbang

Tempuyung atau lebih sering dikelnal dengan Gempur Batu merupakan tanaman yang sangat baik untuk mengobati kencing batu. Selain bermanfaat untuk mengobati kencing batu, ternyata tempuyung juga bisa digunakan untuk mengobati bisul yaitu dengan cara menghaluskan daun dan batang tempuyung hingga halus, lalu balurkan air dari perasan daun tersebut pada bisul dan ampasnya dapat pula di tempelkan .

Resep 12 Akar PUle Pandak

Pule pandak memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan seperti mampu mengobati hipertensi, mengatasi insomnia, peradangan, gatal-gatal hingga mempau menyembuhkan bisul. Cara yang digunakan untuk mengobati bisul yaitu dengan merebus akar pule pandak kering dengan satu gelas air hingga tersisa setengah gelas. Lalu minum ramuan tersebut sekaligus.

Penggunaan bahan herbal memang memerlukan waktu yang sedikit lama, namun jika lebih dilihat dari segi keamanan, banyak pula yang menggunakan bahan herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. terimakasih.. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ..