29 Pengertian Peramalan (Forecasting) Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

29 Pengertian Peramalan (Forecasting) Menurut Para Ahli Terlengkap – Peramalan atau Forecasting merupakan suatu teknik analisa perhitungan yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif untuk memperkirakan kejadian di masa depan dengan menggunakan referensi data di masa lalu. Tujuan peramalan ini yaitu untuk memperkirakan prospek ekonomi dan kegiatan usaha serta pengaruh lingkungan terhadap prospek tersebut.

Pengertian Peramalan (Forecasting) Menurut Para Ahli

Nasution dan Prasetyawan (2008:29)

Menurut Nasution dan Prasetyawan, Peramalan adalah proses untuk memperkirakan beberapa kebutuhan di masa datang yang meliputi kebutuhan dalam ukuran kuantitas, kualitas, waktu dan lokasi yang dibutuhkan dalam rangka memenuhi permintaan barang ataupun jasa.

Sudjana (1989:254)

Menurut Sudjana, Peramalan adalah proses perkiraan (pengukuran) besarnya atau jumlah sesuatu pada waktu ayang akan datang berdasarkan data pada masa lampau yang dianalisis secara ilmiah khususnya menggunakan metode statistika.

Loading...

Sumayang (2003:24)

Menurut Sumayang, Peramalan adalah perhitungan yang objektif dan dengan menggunakan data-data masa lalu, untuk menentukan sesuatu di masa yang akan datang.

Supranto (2000)

Menurut Supranto, Peramalan adalah dugaan atau perkiraan mengenai terjadinya suatu kejadian atau peristiwa di waktu yang akan datang. Ramalan bisa bersifat kualitatif, artinya tidak berbentuk angka dan bisa bersifat kuantitatif, artinya berbentuk angka, dinyatakan dalam bilangan.

Heizer dan Render (2009:162)

Menurut Heizer dan Render, Peramalan (Forecasting) adalah eni dan ilmu untuk memperkirakan kejadian di masa depan. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan pengambilan data historis dan memproyeksikannya ke masa mendatang dengan suatu bentuk model matematis.

Murahartawaty (2009:41)

Menurut Murahartawaty, Peramalan adalah penggunaan data masa lalu dari sebuah variabel atau kumpulan variabel untuk mengestimasi nilainya di masa yang akan datang.

Makridakis dkk (1993:24)

Menurut Makridakis dkk, Peramalan adalah dasar dari segala jenis perencanaan dimana hal ini sangat diperlukan untuk lingkungan yang tidak stabil yaitu menjembatani antara sistem dengan lingkungan.

Tita Deitana

Menurut Tita Deitana, Peramalan adalah suatu ilmu dan seni untuk melakukan prediksi di masa mendatang.

Danang Sunyoto

Menurut Danang Sunyoto, Peramalan adalah suatu langkah untuk melakukan pengukuran atau penaksiran pada keadaan bisnis di masa depan. Peramalan penjualan adalah perkiraan penjualan yang akan terjadi pada masa yang akan datang dalam suatu kondisi tertentu dan dibuat berdasarkan data-data yang pernah terjadi dan mungkin akan terjadi.

Assauri

Menurut Assauri, Peramalan adalah kegiatan untuk memperkirakan apa yan gakan terjadi di masa yang akan datang.

Nafarin (2000:24)

Menurut Nafarin, Peramalan Penjualan adalah proses kegiatan memperkirakan produk yang akan dijual pada waktu yang akan datang dalam keadaan tertentu dan dibuah berdasasrkan data yang pernah terjadi dan atau tidak mungkin akan terjadi.

Render dan Heizer (2005:136)

Menurut Render dan Heizer, Peramalan adalah sebagai seni dan ilmu untuk memperkirakan kejadian di masa depan.

Rudy Aryanto (2009)

Menurut Rudy Aryanto, Forecasting is the art and science of predictig the events of the future. Forecasting requier historical data retrival and project into the future with some form of mathematical models.

Arman Hakim Nasution (2006)

Menurut Arman Hakim Nasution, Peramalan adalah proses untuk memperkirakan beberapa kebutuhan di masa datang yang meliputi kebutuhan dalam ukuran kuantitas, kualitas, waktu dan lokasi yang dibutuhkan dalam rangka memenuhi permintaan barang dan jasa.

Jay Heizer dan Barry Render (2011:136)

Menurut Jay Heizer dan Barry Render, Peramalan adalah seni dan ilmu untuk memprediksi kejadian di masa depan dengan melibatkan pengambilan data historis dan memproyeksikannya ke masa mendatang dengan model pendekatan sistematis.

William J. Stevenson (2009:72)

Menurut William J. Stevenson, Peramalan adalah input dasar dalam proses pengambilan keputusan manajemen operasi dalam memberikan informasi tentang permintaan di masa mendatang dengan tujuan untuk menentukan berapa kapasitas atau persediaan yang diperlukan untuk membuat keputusan staffing, budget yang harus disiapkan, pemesanan barang dari supplier dan partner dari rantai pasok yang dibutuhkan dalam membuat suatu perencanaan.

Wignjosoebroto (2003:337)

Menurut Wignjosoebroto, Metode Peramalan adalah suatu upaya untuk memperoleh gambaran mengenai apa yang akan terjadi di masa mendatang.

John E. Biegel (1999)

Menurut John E. Biegel, Peramalan adalah kegiatan memperkiraka tingkat permintan produk yang diharapkan untuk suatu produk atau beberapa produk dalam periode waktu tertentu di masa yang akan datang.

Buffa S. Elwood (1996)

Menurut Buffa S. Elwood, Peramalan adalah penggunaan teknik-teknik statistik dalam bentuk gambaran masa depan berdasarkan pengolahan angka-angka historis.

Makridakis (1988)

Menurut Makridakis, Peramalan adalah bagian integral dan kegiatan pengambilan keputusan manajemen.

Hoffman (1975)

Menurut Hoffman, Peramalan Penjualan adalah pendekatan terhadap pasar yang menempatkan penualan dan pemasaran sebagai aktivitas proyek, yang terdiri dari enam langkah, penelitian pasar, desain produk, penjulan, pembuatan produk yang akan dikirimkan, pengiriman produk dan pelayanan berjalan.

Lerbin R. Aritonang R. (2002:12)

Menurut Lerbin R. Aritonang R., Peramalan adalah kegiatan penerapan model yang telah dikembangkan pada waktu yang akan datang.

Lalu Sumayang (2003:24)

Menurut Lalu Sumayang, Peramalan adalah perhitungan yang objektif dan dengan menggunakan data-data masa lalu, untuk menentukan sesuatu dimasa yang akan datang.

Ishak (2010:104)

Menurut Ishak, Peramalan adalah pemikiran terhadap suatu besaran, misalnya permintaan terhadap satu atau beberapa produk pada periode yang akan datang.

Nasution (2003:25)

Menurut Nasution, Peramalan adalah memperkirakan beberapa kebutuhan dimasa datang yang meliputi kebutuhan dalam ukuran kuantitas (jumlah), kualitas (mutu), waktu dan lokasi yang dibutuhkan dalam rangka memenuhi permintaan barang atau jasa.

Subagyo (2000)

Menurut Subagyo, Forecasting adalah memperkirakan sesuatu yang akan terjadi.

Handoko (1999)

Menurut Handoko, Peramalan adalah suatu usaha untuk meramalkan keadaan di masa mendatang melalui pengujian keadaan di masa lalu.

Gaspersz (2005)

Menurut Gaspersz, Aktivitas peramalan adalah suatu fungsi bisnis yang berusaha memperkirakan penjualan dan penggunaan produk sehingga produk itu dapat dibuat dalam kuantitas yang tepat.

29. Taylor (2004)

Menurut Taylor, Peramalan adalah sebuah prediksi mengenai apa yang akan terjadi di masa depan.

Demikian artikel pembahasan tentang”29 Pengertian Peramalan (Forecasting) Menurut Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat.