Cara Ampuh Mengobati Jerawat Secara Alami Dan Cepat hanya 1 Malam

Posted on

Cara Ampuh Mengobati Jerawat Secara Alami Dan Cepat Jerawat adalah keadaan pori-pori pada kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kemungkinan munculnya jerawat yaitu terjadinya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang menjadi pemicu munculnya jerawat adalah masa kehamilan, menstruasi, pemakaian pil KB atau stress.

Jerawat memang tidak menyakitkan tapi cukup merepotkan para pemuda dan gadis dan siapa saja yang ingin wajahnya tampak mulus dan tampil dalam keadaan sebaik-baiknya. Banyak orang hanya mengartikan jerawat sebagai benjolan kecil atau bintik-bintik merah yang biasa muncul dibagian wajah.

Mengetahui penyebab dan Gelaja Munculnya Jerawat dan Cara Mengobati Jerawat Dengan Bahan Alami Dengan Cepat

Loading...

Penyebab Munculnya Jerawat

  • Produksi Minyak Berlebih
    Jerawat tidak selalu muncul karena faktor kotor, melainnya disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat merupakan kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbata saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Selain itu penyebab umum munculnya jerawat yaiu faktor hormon, dan tumpukan minyak atau sebum dikulit berkolaborasi dengan bakteri.
  • Sel-sel kulit mati
    Dilihat dari faktor umum munculnya jerawat biasanya timbul karena kelebihan kelenjar minyak yang diproduksi oleh hormon androgen. Jerawat yang timbul tersebut bercampur dengan sel kulit mati, dan ketika sel kulit mati bercampur dengan debu atau kotoran, campuran yangtebal dan lengket dapat membentuk penyumbatan dan menjadi bintik hitam atau putih.
  • Bakteri
    Munculnya bakteri yang biasa disebut dengan p.acne yang berkembang biak didalam kelenjar Sebaceous yang cenderung akan menyumbat dan menghasilkan zat-zat yang dapat menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut akan membengkak dan bisa saja pecah kemudian menyebar ke kulit daerah sekitarnya. Kejadian tersebutlah yang menyebabkan munculnya jerawat batu dan akan menimbulkan pigmentasu jangka panjang serta bekas luka seperti cacar yang permanen.
  • Kosmetik
    Penyebab munculnya jerawat selnajutnya yaitu penggunaan kosmetik. Penyumbatan yang trjadi pada pori-pori salah satu penyebabnya yaitu penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak dan penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Karena foundation yang terkandung pada bedak dapat menyebabkan butiran bubuk bedak tertinggal dan akhirnya terjadi penyumbatan pada pori-pori.
  • Obatan-Obatan
    Mengomsumsi obat-obatan juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Hal ini disebabkan karena aktivitas bakteri patogen yang terkandung pada jenis obat-obatan meningkat.
  • Handphone
    Penggunaan telepon genggam juga dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri dengan subur jika kita menggunakan telepon genggam dalam keadaan kotor dan menempelkan pada pipi. Cara menghindarinya yaitu kita harus rajin membersihkan permukaan telepon dengan alkohol secara rutin.
  • Stress
    Dalam keadaan stress ada hormon tertentu yang keluar dan memungkinkan tumbuhnya jerawat. Selain stress sering mengkomsumsi makanan yang manis dan berlemak tinggi dapat juga menyebabkan muncul nya jerawat.

Pengobatan Jerawat

Kita dapat mengobati sendiri jerawat ringan yang berupa bintik-bintik, komedo putih, dan komedo hitam dengan menggunakan krim atau gel yang mengandung benzoil peroksida atau yang lebih aman yaitu dengan menggunakna bahan alami atau herbal. Berikut ini adalah beberapa saran yang berguna bagi Anda yang berjerawat.

  • Gunakan sabun atau pembersih wajah ringan, serta air hangat untuk membersihkan area yang berjerawat.
  • Hindari menggunakan air yang terlalu panas atau dingin karena bisa membuat jerawat makin parah.
  • Jangan terlalu sering mencuci area kulit yang berjerawat karena hal tersebut hanya akan memperparah iritasi, cukup cuci dua kali dalam sehari.
  • Atur rambut sebisa mungkin agar tidak mengenai wajah dan keramas rambut secara rutin agar selalu bersih.
  • Jangan mencoba menghilangkan komedo dengan cara menekannya karena justru akan memperparah dan meninggalkan bekas luka.
  • Jangan pakai kosmetik atau rias wajah secara berlebihan. Sebaiknya gunakan produk kosmetik berbasis air yang tidak memiliki efek menghalangi pori-pori kulit.
  • Bersihkan seluruh rias wajah sebelum tidur.
  • Jika Anda memiliki kulit kering, pakailah pelembap berbasis air yang tidak mengandung unsur parfum.

Pengobatan Herbal

  • Masker Alpukat dan Madu

Alpukat kaya akan kandingan vitamin E yang mampu menembus pori-pori keulis yang dapat mengurangi peradangan pada kulit. Sementara madu dikenal memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit karena madu memiliki kandungan hoidrogen peroksida yang bersifat antibakteri. Cara membuat masker madu antara lain

  1. Ambil daging buah alpukat dan masukkan ke dalam wadah
  2. Haluskan daging buah alpukat
  3. Tambahkan satu sendok madu lalu aduk hingga rata
  4. Tambahkan juga perasan lemon (opsional)
  5. Aplikasikan masker pada wajah yang berjerawat selama 15 – 20 menit
  6. Bilas dengan air hangat
  • Baking Soda

Baking soda mampu menetralkan keasaman pada kulit sehingga bakteri pada jerawat tidak mampu hidup lama pada wajah. Baking soda juga dapat mengikis sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat serta menyerap minyak berlebih. Sebaiknya sebelum anda menggunakan baking soda pada wajah, akan lebih baik jika anda sudah mengecek terlebih dahulu reaksi yang muncul pada kulit anda. Jika terdapat reaksi bintik merah pada wajah, sebaiknya jangan dilanjutkan. Cara pengaplikasian baking soda untuk mengobati jerawat yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan sedkit air hingga berbentuk pasta, kemudian oleskan pasta baking soda pada wajah yang berjerawat. Biarkan masker pasta baking soda selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan.

  • Lemon

Cara selanjutnya menghilangkan jerawat secara alami yaitu menggunakan Lemon. Lemon mengandung asam askorbat yang dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit yang berjerawat serta membersihakan pori-pori pada wajah yang trsumbat. Lemon juga dikenla baik sebagai pencerah kulit dan mampu menghilangkan bintik-bintik noda pada wajah. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan lemon yang sudah dipotong menjadi dua bagian pada wajah, lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Pasta Gigi

Pasta gigi juga dapat digunakan untuk mengurangi masalah jerawat. Karena dalam pasta gigi mengandung Fluoride, triclosan, hidrogen peroksida yang merupakan bahan aktif yang mampu mencegah iritasi pada kulit, mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan pada wajah. Cara menggunakan pasta gigi untuk mengobati jerawat yaitu dengan mengoleskan pasta gigi pada jerawat lalu biarkan selama 2 jam (cara efektif sebaiknya gunakan pada waktu malam hari) lalu bilas dengan air dingin.

  • Ketimun

Ketimun ternyata memilki banyak sekali kandungan antara lain antioksidan, mineral, asam amino dan vitamin C yang berkhasiat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, membersihkan jerawat serta melembabkan kulit. Caranya yaitu dengan menempelkan irisan ketimun pada wajah lalu diamkan sekitar 15 menit atau hingga ketimun layu dan agak kering lalu bilas wajah dengan air hangat. Untuk lebih maksimal lagi anda dapat membuat jus ketimun dengan dicampurkan dengan sedikit perasan jeruk nipis. Cara ini mampu membersihkan tubuh dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

  • Kulit jeruk

Jika anda senang mengkomsumsi jeruk, jangan buang kulit jeruk sembarangan ya.. ternayta dalam kulit jeruk terdapat kandungan Vitamin C dan asam alpha hidroksi yang mampu membersihkan pori-pori pada kulit yang tersumbat oleh debu atau kosmetik. Caranya yaitu dengan mengeringkan kulit jeruk selama beberapa hari dengan bantuan sinar matahari, lalu haluskan kulit jeruk yang sudah kering. Kemudian campurkan bubuk kulit jeruk dengan air secukupnya hingga membentuk pasta. Lalu oleskan pasta kulit jeruk pada wajah diamkan hingga masker kering dan bilas wajah dengan air hangat.

  • Cuka sari Apel

Cuka apel yang biasa anda gunakan dalam masakan ternyata dapat anda gunakan sebagai obat jerawat. Cuka apel mengandung asam malat dan asam laktat yang dapat mengangkat sel kulit mati serta antioksidan yang berfungsi mempercepat proses penyembuhan pada kulit akibat jerawat. Cara menggunakannya yaitu dengan mengcampur sekitar 5ml cuka sari apel dengan 95 ml air. Oleskan pada wajah dngan menggunakan kapas,lalu diamkan sekitar 10-20 menit. Setelah dirasa kering bilang dengan air hangat. lebih efektif lagi lakukan terapi ini sebelum tidur dan biarkan selama semalam.

  • Putih Telur

Dalam putih telur mengandung Enzim Lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat. Putih telur dapat mengecilkan pori-pori kulit serta mengurangi minyak berlebih yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Selain itu putih telur juga terbukti ampuh untuk menghilangkan komedo yang biasa bersarang di hidung. Cara menggunakan putih telur sebagai obat jerawat yaitu dengan mengoleskan putih telur yang sebelumnya sudah dikocok sampai mengembang pada kulit lalu diamkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat yang dpat digunakan unutk mengusir jerawat karena memiliki banyak zat aktif didalamnya. Beberapa zat aktif tersebu yaitu hormon giberelin dna polisakarida yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat serta antioksidan, mineral, vitamin C dan E yang mampu mempercepat penyembuhan kulis yang berjerawat. Cara menggunakannya yaiut dengan membuat pasta dari lidah buaya. Caranya dengan menghaluskan daging lidah buaya yang berbentuk gel lalu oleskan pada area kulit yang berjerawat, diamkan sekitar 3-5 menit, bilas dengan air dingin.

  • Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi mengikis sel kulit mati, dan antioksidan serta vitamin E yang mampu mencerahkan kulit wajah dan mengurangi peradangan pada kulit. caranya yaitu dengan membuat masker menggunakan pepaya. Yaitu dengan menghaluskan pepaya dan oleskan pasta pada wajah yang berjerawat lalu diamkan selama 15 menit bilas dengan air hangat.

  • Bawang Putih

Bawang putih sudah dikenal dari dahulu memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu efektif untuk menghilangkan jerawat. Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang dapat mengeringkan jerawat serta senyawa alicin yang ersifat antiseptik yang mampu menangkal bakteri penyebab jerawat. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada wajah yang berjerawat lalu diamkan beberapa menit dan bilas menggunakan air hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal, dapat pula mencampurkan bawang puitih dengan cuka sari apel sebelum dioleskan ke wajah.

  • Scrub Gula

Gula murni mengandung AHA dan Asam Glikoat yang baik digunakan untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati serta menghilangkan jerawat dan bekas yang ditingglakan. Gula juga dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara membuat scrub gula yaitu dengan mencampurkan 2 sendok gula dengan 1 sendok air, aduk hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada wajah selama 15 menit dan bilas menggunakan air hangat.

  • Madu

Sejak zaman dahulu madu digunakan sebagai perawatan kecantikan. Madu memiliki kandungan antiseptik yang mampu membunuh bakteri dan mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat. Madu juga berfungsi sebagai probiotik alami yang efektif mencegah dan mengurangi jerawat. Caranya yaitu dengan mengoleskan madu pada jerawat lalu diamkan sampai 15 menit dan bilasn dengan air hangat . Lakukan perawatan tersebut selama 3 kali dama seminggu.

  • Es Batu

Es batu dapat digunakan untuk meghilangkan minyak berlebih dalma wajah yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Selain itu, es batu juga berfungsi menenangkan kulit dan mengurangi peradangan yang ditimbulkan akibat jerawat. Caranya yaitu dengan mengompreskan es batu pada wajah lakukan perawatan ini sampai diwasa jerawat mengempis.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang informasi seputar jerawat dan cara pengobatan menggunakan cara Herbal. Penggunaan bahan alami untuk mengatasi jerawat memerlukan kesabaran dan harus rajin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu sebaiknya gunakan perawatan ini secara rutin.