Pengertian Strategi Pemasaran : Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contoh Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)

Posted on

Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) – Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran? Apa tujuan strategi pemasaran? Bagaimana strategi pemasaran yang efektif?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian strategi pemasaran menurut para ahli, tujuan, fungsi,jenis dan contoh strategi pemasaran secara lengkap.

Baca Juga : Motif Ekonomi

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran (marketing strategy) adalah sebuah cara yang ditempuh perusahaan untuk mencapai tujuan, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

Strategi pemasaran merupakan upaya memasarkan produk atau jasa dengan pola rencana dan taktik jitu agar berhasil menjual lebih banyak apa yang dijual.

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Hausman dan Associate

Strategi pemasaran adalah desain pemasaran jangka panjang untuk mengoptimalkan penjualan dengan memberikan pelanggan kepuasan.

David Aaker

Strategi pemasaran merupakan sebuah proses yang dimulai dengan memindai lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal. Hal tersebut dilakukan dan dibutuhkan untuk memahami banyak aspek dari lingkungan eksternal dengan tujuan agar dapat bersaing dengan fokus perhatian yaitu aspek teknologi, ekonomi, hukum, budaya dan politik.

Christian Homburg

Strategi pemasaran adalah semua upaya baik jangka pendek maupun jangka panjang di bidang pemasaran. Hal ini berhubungan erat dengan analisis situasi awal strategis perusahaan. Biasanya strategi tersebut dimulai dari perumusan, evaluasi dan pemilihan strategi serta berkontribusi pada tujuan perusahaan.

Michael Baker

Strategi pemasaran adalah tujuan dasar meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Philip Kotler

Strategi pemasaran adalah cara dimana fungsi pemasaran menyelenggarakan kegiatannya untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dalam penjualan pada level marketing mix.

Tjiptono

Strategi pemasaran adalah sebuah alat yang dirancang dan direncanakan secara fundamental. Hal ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk melakukan pengembangan keunggulan bersaing melalui program khusus dalam melayani pasar secara berkesinambungan.

Paul dan Guiltinan

Strategi pemasaran adalah sebuah pola pikir yang digunakan untuk mengembangkan suatu perusahaan. Cara yang digunakan yaitu dengan mengintegrasikan beberapa unsur pemasaran seperti bauran marketing, segmentasi pasar, sasaran, posisi dan lainnya.

Tujuan Strategi Pemasaran

Tujuan strategi pemasaran, diantaranya yaitu:

  • Untuk meningkatkan kualitas koordinasi dalam tim pemasaran.
  • Untuk mengukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang berlaku.
  • Untuk memberikan dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan.
  • Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika terjadi perubahan dalam pemasaran.

Fungsi Strategi Pemasaran

Fungsi atau manfaat strategi pemasaran, diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan motivasi untuk berpikir jauh ke depan. Strategi pemasaran memaksa manajemen perusahaan berfikir out of the box, hal tersebut sangat dianjurkan untuk menjaga ritme atau kelangsungan perusahaan. Usahakan tidak terus mengikuti ritme pasar, namun sesekali coba menggebrak pasar dengan sesuatu yang baru.
  • Koordinasi pemasaran yang lebih efektif dan terarah. Fungsi strategi pemasaran adalah untuk mengatur arah dan jalannya perusahaan sehingga membuat tim koordinasi menjadi jauh lebih baik dan terarah.

Baca juga : Prinsip Ekonomi

  • Dapat merumuskan tujuan perusahaan yang akan dicapai. Dengan strategi pemasaran, pelaku usaha dapat merinci tujuan yang ingin dicapai perusahaan, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Pengawasan kegiatan pemasaran lebih efektif atas standard prestasi kerja. Awasi kegiatan anggota tim agar peningkatan mutu dan kualitas semakin terjamin.

Jenis Strategi Pemasaran

Ada 3 (tiga) jenis strategi pemasaran yang bisa dilakukan perusahaan menururt Assauri (2008 : 163), diantaranya yaitu:

Undifferentiated Marketing

Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (undifferentiated marketing) adalah jenis strategi pemasaran yang menganggap pasar sebagai keseluruhan, jadi perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan secara umum. Biasanya produk yang dihasilkan dan dipasarkan hanya satu produk saja dan berusaha menarik konsumen dengan satu rencana pemasaran saja.

Differentiated Marketing

Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (differentiated marketing) adalah jenis strategi pemasaran yang melayani kebutuhan beberapa kelompok tertentu dengan satu jenis produk tertentu pula. Jadi produsen atau perusahaan menghasilkan produk berbeda sesuai dengan segmen pasar.

Atau bisa dikatakan, produsen dan perusahaan menawarkan beragam produk yang disesuaikan kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen yang berbeda dengan program pemasaran yang khusus diharapkan tingkat keberhasilan penjualan setiap segmen tersebut tercapai.

Tujuan pemasaran ini adalah meningkatkan kepercayaan kelompok konsumen tertentu pada suatu produk yang beragam sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.

Concentrated Marketing

Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (concentrated Marketing) adalah jenis strategi pemasaran mengkhususkan pemasaran produk ke dalam sejumlah segmen pasar dengan pertimbangan keterbatasan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Keuntungan strategi marketing ini adalah perusahaan akan mendapatkan posisi yang kuat pada segmen pasar yang dipilih. Sebab perusahaan akan lebih fokus dan mempunyai pengalaman yang lebih baik dalam melakukan pendekatan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Kelemahan strategi marketing ini adalah produsen harus waspada pada risiko besar apabila hanya tergantung pada satu atau sejumlah segmen pasar saja. Sebab dikhawatirkan terjadi perubahan kebutuhan konsumen atau terjadinya peningkatan kemampuan daya saing perusahaan lain yang lebih baik.

Langkah-Langkah Penerapan Strategi Pemasaran

Berikut ini cara mengimplementasikan strategi pemasaran dalam usaha, diantaranya yaitu:

Segementasi Pasar

Segmentasi pasar atau (maret segmentation adalah tindakan membagi pasar menjadi beberapa kelompok dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

Penentuan Target Pasar

Ini merupakan proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan menentukan satu atau lebih segmen yang akan dilayani, menetapkan target pasar terdiri atas merancang strategi untuk membangun hubungan yang tepat dengan konsumen yang tepat atau besar perusahaan mungkin memutuskan untuk menawarkan produk untuk melayani berbagai segmen pasarnya, sebagian besar perusahaan memasuki pasar baru dengan melayani satu segmen dan jika berhasil maka segmennya akan ditambah.

Baca Juga : Sumber Daya Ekonomi

Diferensiasi dan Posisi Pasar

Perusahaan harus memutuskan bagaimana membedakan penawaran pasar disetiap segmen target dan posisi apa yang ingin ditempati pada segmen tersebut. Apabila sebuah produk dianggap percis dengan produk lain maka konsumen tak punya alasan untuk membelinya.

Contoh Strategi Pemasaran

Berikut ini beberapa contoh strategi pemasaran yang bisa diterapkan dalam menjalankan usaha, diantaranya yaitu:

Kemitraan (Partnership)

Kemitraan pemasaran mempunya keunggulan seperti bekerja sama dengan pihak lain. Strategi pemasaran satu ini dianggap mudah dan kemungkinan berhasil.

Bekerjasama dengan Influencer

Bekerja sama dengan influencer yang tidak hanya selebriti, bisa vloggers juga blogger dengan jumlah pengikut besar bisa memberikan pengaruh besar pada penjualan produk.

Libatkan Karyawan

Sesekali bisa libatkan karyawan dalam pembuatan iklan lucu, selain menuingkatkan efektivitas kerja dan karyawan akan bangga dengan keterlibatan mereka dalam proyek perusahaan.

Menjaga Konsumen Tetap

Untuk para pelanggan lama atau pelanggan tetap bisa diberikan bonus kecil sebagai imbalan bagi mereka dan dengan begitu mereka dapat mempromosikan produk yang mereka anggap memuaskan.

Baca Juga : Tindakan Ekonomi

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian strategi pemasaran menurut para ahli, tujuan, fungsi,jenis dan contoh strategi pemasaran secara lengkap. Semoga bermanfaat