Pengertian Remunerasi, Indikator, Tujuan dan Unsur Remunerasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Remunerasi, Indikator, Tujuan dan Unsur Remunerasi Menurut Para Ahli Terlengkap – Secara harfiah, Remunerasi adalah penggajihan (payment) atau dengan kata lain remunerasi adalah imbalan uang maupun lainnya yang telah ditetapkan oleh peraturan tertentu sebagai imbalan pekerjaan yang sifatnya rutin.

Pengertian remunerasi adalah balas jasa atau imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada tenaga kerjanya sebagai dari prestasinya karena telah membantu perusahaan dalam mencapai tujuan.

Adapula pengertian lainnya, Remunerasi adalah imbalan yang diberikan kantor atau perusahaan kepada tenaga kerjanya karena telah berjasa pada kantor atau perusahaan dalam membantu mencapai tujuannya.

Loading...

Istilah remunerasi ini sering dijumpai dan berhubungan dengan proses penggajian tenaga kerja seperti remunerasi PNS, renumerasi TNI, remunerasi karyawan dan lain sebagainya. Istilah remunerasi ini juga tidak dapat dipisahkan dengan gaji dan upah. Gaji adalah imbalan yang diberikan kepada tenaga kerja/pegawai berdasarkan kurun waktu tertentu, misalnya harian, mingguan dan bulanan. Sedangkan, upah adalah imbalan yang diterima tenaga kerja/pegawai berdasarkan dari hitungan waktu yang tetap, jadi bisa menggunakan istilah seperti tarif per jam, tarif per dokumen dan lain-lain yang memang bisa dihitung.

Pengertian Remunerasi Menurut Para Ahli

Mochammad Surya (2004)

Menurut Mochammad Surya, Remunerasi adalah Sesuatu yang diterima pegawai sebagai bentuk imbalan dari konstribusi yang telah ia berikan kepada organisasi dimana tempat dia bekerja.

Komarrudin (1983)

Menurut Komarrudin, Remunerasi adalah bentuk pemberian prestasi balasan (balas jasa) atau hasiah khususnya untuk jasa yang sudah dipergunakan.

Rosenberg (1983)

Menurut Rosenberg, Remunerasi adalah upah dan segala macam bentuk manfaat finansial lainnya yang diterima seseorang sebagai hasil dari suatu pekerjaan tertentu.

Indikator Remunerasi

Adapun indikator yang mempengaruhi remunerasi bagi tenaga kerja, diantaranya seperti:

  • Remunerasi yang diterima oleh tenaga kerja harus sesuai dengan kontribusi yang diberikannya pada perusahaan atau kantor.
  • Tinggi rendahnya tingkat remunerasi pada suatu perusahaan.
  • Pada umumnya remunerasi ini diberikan pada tenaga kerja yang memiliki kemampuan atau skill yang berprestasi.

Tujuan Remunerasi

Adapun tujuan remunerasi yaitu:

  • Mendorong terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas.
  • Menjaga sumber daya manusia yang produktif, agar tidak berpindah ke perusahaan lain dan membentuk perilaku yang berorientasi pada layanan serta mengurangi dan mencegah terjadinya tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN)
  • Menciptakan persaingan yang positif antara tenaga kerja di sebuah perusahaan.
  • Menghasilkan pendapatan atau keuntungan yang sebesar-besarnya bagi suatu perusahaan dngan memanfaatkan modal seefektif dan seefisien mungkin.
  • Menciptakan dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja.
  • Menciptakan tata kelola perusahaan yang baik dan bersih.

Unsur Remunerasi

Terdapat dua unsur dalam remunerasi yaitu kompensasi dan bonus atau komisi. Kompensasi adalah semua halyang diterima tenaga kerja atau pegawai baik dalam bentuk fisik maupun non fisik. Hal tersebut bisa dihitung dan bisa diberikan pada tenaga ketja dan biasanya kompensasi tidak dikenai pajak. Sementara, Bonus atau komisi adalah imbalan yang diberikan pada tenaga kerja atau pegawai dengan perhitungan persentase, misalnya keuntungan penjualan produk. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk penghargaan.

Demikian artikel tentang”Pengertian Remunerasi, Indikator, Tujuan dan Unsur Remunerasi Menurut Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat.