Pengertian Seni dan Cabang-Cabang Seni Menurut Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Seni dan Cabang-Cabang Seni Menurut Ahli Terlengkap – Seni berasal dari kata bahasa sanskerta yaitu sani yang diartikan pemujaan, persembahan dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Sedangkan secara luas seni diartikan sebagai sebuah karya manusia yang dibuat dengan ide, gagasan dan kemauan dari dirinya sendiri yang memiliki nilai keindahan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Selain itu, seni juga diartikan sebagai sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan yang dapat membangkitkan perasaan orang lain.

Pengertian Seni Menurut Ahli

Selain pengertian diatas, ada pula pengertian seni menurut para ahli diantaranya:

Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara, Seni adalah hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni.

Loading...

Sudarmaji

Menurut Sudarmaji, Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

Leo Tolstoy

Menurut Leo Tolstoy, Seni adalah ungkapan perasaan pencipta yanng disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.

Aristoteles

Menurut Aristoteles, Seni adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.

Immanuel Kant

Menurut Immanuel Kant, Seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.

Alexander Baum Garton

Menurut Alexander Baum Garton, Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

Eric Ariyanto

Menurut Eric Ariyanto, Seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

Drs. Popo Iskandar

Menurut Drs. Popo Iskandar, Seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

James Murko

Menurut James Murko, Seni adalah penjelasan rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat dianggap oleh indra pendengar (seni suara), penglihatan (seni lukis), atau dilahirkan dengan perantaraan gerak (seni tari, drama).

Ira Adriati. M.Sn

Menurut Ira Adriati. M.Sn (Dosen Seni ITB), Seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggnaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.

Cabang-Cabang Seni

Adapun cabang-cabang seni, diantaranya: Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari, Seni Teater, Seni Sastra dan Seni Film.

Seni Rupa

Seni rupa atau visual art adalah salah satu cabang seni yang hasil karyanya dapat dinikmati dengan indera penglihatan serta rabaan atau dapat disebut sebagai sebuah karya yang bisa dilihat, dan memiliki bentuk/wujud nyata. Unsur seni rupa terdiri atas titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur dan gelap terang.

Seni Musik

Pada umumnya, seni musik dipandang sebagai seni menggubakab tata nada sebagai unsur pemebentuknya meskipun telah mengandung unsur syair pula. Musik lahir karena adanya irama dan tangga nada yang dibuat melalui berbagai alat dan cara seperti tepuk tangan, memukul atau meniup benda/alat ataupun dengan teriakan.

Seni Tari

Seni tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, pengungkapan perasaan, maksud dan juga pikiran. Dapat pula diartikan, gerak seni tari adalah gerak yang telah diolah secar khusus dan dibarengi dengan aluana irama yang menyebabkan tubuh penari bagaikan melayang, lincah gemulai, sehingga mengungkapkan unsur dinamika gerak yang menarik dan juga mempesona.

Sumber inspirasi pokok seni tari yaitu gerakan ritmis untuk mengungkapkan makna kehidupan melalui tata gerak badan.

Seni Teater

Seni teater adalah sebuah bentuk penampilan atau penyajian seni pentas yang menggunakan kisah atau cerita baik itu lisan maupun tulisan yang diungkapkan melaluigerak, suara, nyanyian hingga tari.

Seni Sastra

Seni sastra adalah suatu karya seni yang harus menampilkan seni karya sastra yang dibentuk secara puitis sehingga lebih spontan mengungkapkan gejolak kehidupan batin bercorak estetis.

Seni Film

Seni film merupakan perpaduan berbagai kesenian yang menggabungkan cahaya, warna, gerak dan bunyi ke dalam karya seni yang menggetarkan jiwa. Film mampu mempertontonkan berbagai gerak, bunyi dan adegan yang sulit ditampilkan oleh cabang seni lainnya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Seni dan Cabang-Cabang Seni Menurut Ahli Terlengkap Semoga  bermanfaat