Bronkitis – Resep Tradisional Mengobati Penyakit Bronkitis dan Mengetahui Gelaja-Gelaja Penyebabnya

Posted on

Resep Tradisional Mengobati Penyakit Bronkitis dan Gejala Bronkitis – Bronkitis adalah infeksi pada saluran udara bagian utama dari paru-paru atau bronkus yang menyebabkan terjadi peradangan atau inflamasi pada saluran udara. Sering juga dikaitkan dengan penyakit pernapasan. Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia megartikan penyakit bronkitis sebagai penyakit peradangan yang sudah sering terjadi dikalangan masyarakat. Memang jenis penyakit ini banyak dialami oleh masyarakat Indonesia dari kalangan anak-anak sampai kalangan dewasa. Jenis penyakit bronkitis menyerang bagian pernapasan seperti paru-paru.

Bronkitis dibagi menjadi dua jenis, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut biasanya terjadi beberapa hari hingga tiga minggu, bronkitis akut adalah salah satu infeksi sistem pernapasan yang paling umum terjadi. Biasanya bronkitis akut sering menyerang anak-anak usia dibawah 5 tahun. Sedangkan bronkitis kronis merupakan infeksi pada bronkus yang dapat menyerang sampai tiga bulan dalam satu tahun dan kejadian ini berulang pada tahun-tahun berikutnya. Bronkitis jenis ini biasanya menyerang pada orang dewasa di atas usia 50 Tahun.

Mengetahui Gejala-Gejala Yang Terjadi pada Penyakit Bronkitis dan Pengobatan Menggunakan Resep Tradisional

Penyebab terjadinya Bronkitis

bronkitis

Loading...

Penyebab terjadinya bronkitis yang paling umum adalah kebiasaan merokok. Setiap isapan rokok berpotensi merusak bulu-bulu kecil di dalam paru-paru yang disebut rambut silia. Rambut silia tersebut berfungsi untuk menghalau dan menyapu keluar debu, iritasi dan mukosa (dahak). Selang beberapa lama, kandungan rokok dapat menyebabkan kerusakan permanen pada silia dan lapisan brokus. Dan saat inilah kotoran tidak bisa keluar dan dibuang dengan normal. Kotoran dan dahak yang menumpuk dalam paru-paru membuat sistempernapasan menjad lebih rentan untuk terserang infeksi.

Bronkus merupakan saluran udara pada sistem pernapasan yang membawa udara ke paru-paru dan sebaliknya. Dinding bronkus menghasilkan mukosa (dahak) yang digunakan untuk menahan debu dan partikel lain yang bisa menyebabkan iritasi agar tidak masuk ke dalam paru-paru. Untuk anda yang memiliki riwayat penyakit bronkitis akut dan mengalaminya secara berkali-kali dapat menekan dan melemahkan bronkus dan akhirnya mengarah pada bronkitis kronis.

Penyebab lain terjadinya Bronkitis antara lain:

  • Batuk – Sering mengalami batuk berdahak dan biasanya dahak disertai dengan darah
  • Sesak Napas – Sering mengalami sesak napas meskipun melakukan aktivitas yang ringan
  • Pembengkakan pada kaki – Terjadi pembengkakan pada bagian kaku dantungkak kaki
  • Demam – Penderita bronkitis akan mengalami demam ringan beberapa hari sekitar 38 – 50 C
  • Cepat Lelah – Biasanya penederita bronkitis akan lebih merasa cepat lelah ketika sedang beraktivitas
  • Hidung Tersumbat – gelaja ini sering sekali dialami oleh penderita bronkitis, dan biasanya disertai dengan napas yang tersedak-sedak.

Gelaja-gejala yang disebutkan diatas merupakan gejala yang paling umum terjadi. Untuk anda yang mengalami gelaja-gelaja diatas, sebaiknya segera periksakan kepada dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dokter akan mendiagnosis bronkitis dengan menanyakan gejala yang dialami oleh penderita serta memeriksa melalui stetoskop.

Pengobatan Bronkitis

Terdapat beberapa tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit bronkitis kronis, tumbuhan tersebut dapat mudah kita jumpai karena jenis tanaman ini cenderung mudah untuk ditanam dan dipelihara. Jenis tanaman yang bisa digunakan untuk mengobati bronkitis yaitu tanaman yang mengandung anti peradangan (anti-inflamasi), antibiotik, anti bakterial, dan meredakan batuk. Berikut ini merupakan beberapa resep tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati bronkitis.

Resep I

Kunyit dan Daun Patikan Kebo

Bahan alami tersebut dapat dengsn efektif menyembuhkan penyakit bronkitis dan jika diminum secara rutin maka penyakit bronkitis akan sembuh dengan cepat. Cara pengobatana yaitu dengan menyiapakan beebrpa bahan antara lain.

  • Rimpang Kunyit
  • Daun Patikan kebo
  • Gula Merah

Cara pengobatannya yaitu dengan merebus semua bahan yang telah disiapkan dengan empat gelas air, rebus hingga air rebusan tersisa 2 gelas. Lalu minum ramuan secara rutin 3 kali sehari, dengan takaran sekali minum sekitar 1/2 gelas saja.

Resep II

Kulit Manggis

Kulit manggis memiliki banyak sekali manfaat, hingga saat ini kulit manggis banyak digunakan sebagai obat dari berbagai jenis penyakit. Banyak pula perusahaan obat yang menggunakan kulit kapsul untuk dijadikan produk dengan menrubahnya dalam kemasan kapsul. Beberapa jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan kulit manggis yaitu Diabetes, selain itu ternyata kulit manggis juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit bronkitis dengan efektif. Caranya yaitu dengan merebus kulit manggis dering dengan 3 gelas air, rebus hingga tersisa satu gelas. Minum air rebusan kulit manggis secar arutin tiga kali dalam sehari untuk mengobati sakit bronkitis.

Resep III

Daun Sirsak

Resep selanjutnya utnuk mengobati bronkitis yaitu menggunakan daun sirsak, cara pengobatannya sama dengan cara yang dilakukan menggunakan kulit manggis. Cara yang dilakukan yaitu dengan merebus sekitar 7 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air, rebus hingga tersisa 1 gelas saja. Lalu minum ramuan secara teratur untuk melihat perubahan yang dirasakan.

Resep IV

Menggunakan Bunga Sepatu

Selain menggunakan bebrpa resep diatas, cara lain yang dapat digunak yaitu menggunakan bunga sepatu, Cara pengobatan yang dilakukan yaitu dengan menyiapkan beberapa bahan antara lain:

  • 2 kuntum bunga kembang sepatu
  • 2 gelas air masak
  • Garam secukupnya

Caranya :
Bunga sepatu dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Masukkan kedalam 1 gelas air masak dan beri garam sedikit. Saringlah bahan tadi dan gunakan sebagai minuman sehari 3 kali.

Resep V

Resep selanjutnya yaitu menggunakan daun kaki kuda (daun pegagan) dan madu, cara pengobatannya yaitu dengan merebus sekitar 1/2 genggam daun kaki kuda dan Madu secukupnya. Cara yang dilakukan yaitu merebus daun kaki kuda dengan air bersih 3 gelas setelah tinggal 1/ 2nya dinginkan lalu minum dengan madu biar rasanya lebih enak, minum ramuan tersebut secara rutin 3 kali sehari dengan takaran sekali minum  1/2 gelas.

Bila anda mengkomsumsi ramuan resep diatas dengan teratur, semoga penyakit bronkitis anda segela sembuh dan anda dapat sehat kembali seperti biasa.  Semoga artikel ini bermanfaat, tetap jaga Kesehatan anda !