Pengertian Tindakan Ekonomi , Jenis Tindakan Ekonomi Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Tindakan Ekonomi , Jenis Tindakan Ekonomi , Tujuan, Pelaku, dan Pengelompokan Tindakan Ekonomi Beserta Contohnya Lengkap

Sebagai mahkluk ekonomi, manusia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup yang sangat beragam baik itu jasmani atau rohani. Dalam ilmu ekonomi kita mengenal istilah Tindakan Ekonomi, apa itu Tindakan Ekonomi?

Pengertian Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi merupakan suatu tindakan manusia yang didorong oelh usaha untuk memenuhi kebutuhan fisik untuk mencapai suatu kesejahteraan. Dikatakan sebagai tindakan ekonomi apabila tindakan yang dilakukan dengan memepertimbangkan antara hasil dan pengorbanan serta dapat untuk memilih pilihan yang tepat yang harus didahulukan sesuai dengan kemampuan.

Jenis-Jenis Tindakan Ekonomi

a. Tindakan Ekonomi Rasional
Tindakan Ekonomi Rasional yaitu suatu tindakan ekonomi yang dilakukan manusia dengan dilandasi atas dasar suatu pilihan yang paling baik dan menguntungkan. Kata rasional sendiri memiliki arti pikiran atau pertimbangan yang logis atau masuk akal. Tindakan rasional ini dibutuhkan manusia baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam usaha.

Loading...

Ciri-Ciri Tindakan Ekonomi Rasional :
Untuk mendapatkan kepuasan maksimal dengan pengorbanan yang minimal. Hal tersebut dalam ilmuekonomi disebut dengan prinsip ekonomi.
Tindakan ekonomi harus didorong dengan kepentingan. Dorongan tersebut dalam ilmu ekonomi disebut dengan motif ekonomi.

Contoh Tindakan Ekonomi Rasional :
Reni harus membeli seragam sekolah dan juga baji baru, namun uang yang ia miliki hanya cukup untuk membeli satu pakaian saja. Dengan penuh pertimbangan akhirnya Ia memutuskan untuk membeli seragam sekolah karena seragam lebih penting untuk ia sekolah, dan untuk baju baru bisa kapan saja dan untuk sementar memakai baju yang lama.

b. Tindakan Ekonomi Irasional
Tindakan Irasional merupakan suatu tindakan ekonomi yang dilakukan manusia berdasarkan perkiraan akan lebih menguntungkan namun dalam kenyataannya malah merugikan. Seseorang yang melakukan tindakan irasional biasanya tidak mempertimbangkan berbagai fakor mulai dari biaya, waktu dan juga waktu yang telah dikelurkan.

Contoh Tindakan Irasional : Ani membeli gula dipasar yang jaraknya lebih jauh, Ia beralasan bahwa harga gula dipasar lebih murah dibanding dengan di warung dekat rumahnya, padahal jika dicermati dengan biaya transportasi yang dikeluarkan maka harga gula tersebut sama saja atau bahkan lebih mahal.

Tujuan Tindakan ekonomi

Terdapat berbagai tujuan ekonomi diantaranya :

  • Dapat menentukan barang atau jasa sebagai alat pemenuh kebutuhan
  • Dapat memebedakan kualitas barang atau jasa
  • Dapat memnentukan barang atau jasa yang harus dipenuhi terlebih dahulu
  • Dapat memperkirakan untung dan rugi.

Pelaku Tindakan Ekonomi

Pelaku tindakan ekonomi dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :

  • Tindakan dalam ekonomi perorangan yaitu tindakan ekonomi yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan sebagai mahluk ekonomi tanpa lupa bahwa ia mahluk sosial.
  • Tindakan dalam ekonomi Lembaga Masyarakat yaitu tindakan ekonomi yang dilakukan oleh berbagai bentuk organisasi kemasyarakatan baik itu perkumpulan, perusahaan, yayasan ataupun yang lainnya.
  • Tindakan dalam ekonomi pemerintah yaitu tindakan ekonomi yang dilakukan oleh lembaga pemerintah atau lembaga negara guna memenuhi kebutuhan negara dan juga rakyat.
  • Tindakan dalam ekonomi antarnegara yaitu tindakan ekonomi yang dilakukan antar 2 negara atau lebih dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan warga negara dan bangsa yang bersangkutan.

Pengelompokan Kegiatan dalam Tindakan Ekonomi

a. Tindakan Ekonomi dalam Produksi
Produksi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menambah nilai guna barang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Lembaga atau orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen. Kegiatan produksi dibagi menjadi 3 yaitu :

  • Produksi sektor Primer (contoh : pertambangan, pertanian), sekunder (contoh :pabrik sepatu), tersier (contoh : guru).
  • Produksi sektor publik (contoh: PT. PLN), sektor swasta (contoh: Telkom).
  • Produksi sektor konsumsi (contoh: dokter), sektor investasi (contoh: pabrik kendaraan).

b. Tindakan Ekonomi dalam Distribusi
Distribusi merupakan proses penyebarluasan hasil produksi ke tangan konsuumen. Orang atau lembaga yang mendistribusikan produk barang atau jasa disebut distributor.

c. Tindakan Ekonomi dalam Konsumsi
Konsumsi merupakan kegiatan menggunakan, memakai, serta menikmati barang/jasa. Orang atau lembaga yang melakukan konsumsi disebut konsumen. Tindakan yang dilakukan oleh konsumen, antara lain:

  • Membeli barang/jasa sesuai kemampuan dan kebutuhan.
  • Menyusun prioritas utama.
  • Menghemat pendapatan.

Contoh Tindakan Ekonomi

  • Menggunakan uang yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan pangan dari pada untuk berekreasi.
  • Membeli barang yang lebih mahal namun lebih awet atau tahan lama dari pada yang murah namun cepat rusak.
  • Menggunakan kereta eksekutif dengan alasan lebih nyaman walau harga tiketnya lebih mahal.
  • Membeli barang limited edision dengan harga mahal untuk memenuhi kepuasan diri.
  • Dan lain sebagainya

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Tindakan Ekonomi , Jenis Tindakan Ekonomi Beserta Contohnya Lengkap.  Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.