25 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

25 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap – Komitmen Organisasi adalah suatu keadaan dimana seorang karyawan memihak pada organisasi tertentu serta tujuan dan keinginannya untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi tersebut

Selain pengertian diatas, adapula pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli. Berikut selengkapnya:

Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli

L. Mathis-John H. Jackson

Menurut L. Mathis-John H. Jackson, Komitmen Organisasi adalah tingkat sampai dimana karyawan yakin dan menerima tujuan organisasional, serta berkeinginan untuk tinggal bersama atau meninggalkan perusahaan pada akhirnya tercermin dalam ketidakhadiran dan angka perputaran karyawan.

Stephen P. Robbins

Menurut Stephen P. Robbins, Komitmen Organiasasi adalah keterlibatan pekerjaaan yang tinggi berarti memihak pada pekerjaan tertentu seseorang individu, sementara komitmen organisasional yang tinggi berarti memihak organisasi yang merekrut individu tersebut.

Cut Zurnali

Menurut Cut Zurnali, dalam bukunya yang berjudul “Learning Organization, Competency, Organizational Commitment, dan Customer Orientation : Knowledge Worker – Kerangka Riset Manajemen Sumberdaya Manusia pada Masa Depan ” (2010), ia menyatakan bahwa perhatian umum dan tujuan kunci dari unit organisasi SDM adalah untuk mencari pengukuran yang dapat mengestimasikan secara akurat komitmen para pekerjanya dan mengembangkan program-program dan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan komitmen pada organisasi.

O’Reilly (1989)

Menurut O’Reilly, Komitmen Organisasi adalah ikatan kejiwaan seseoran terhadap organisasi yang mencakup keterlibatan kerja, kesetiaan dan perasaan percaya terhadap nilai-nilai organisasi.

Fred Luthan (2005)

Menurut Fred Luthan, pengertian komitmen organisasi yaitu:

  • Keinginan kuat untuk tetap sebagai anggota organisasi tertentu;
  • Keinginan untuk berusaha keras sesuai keinginan organisasi; dan
  • Keyakinan tertentu, dan penerimaan nilai dan tujuan organisasi. Dengan kata lain, ini merupakan sikap yang merefleksikan loyalitas karyawan pada organisasi dan proses berkelanjutan di mana anggota organisasi mengekspresikan perhatiannya terhadap organisasi dan keberhasilan serta kemajuan yang berkelanjutan

Wikipedia

Menurut Wikipedia, Komitmen Organisasi adalah suatu keadaan dimana seorang karyawan memihak organisasi tertentu serta tujuan-tujuan dan keinginannya untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi tersebut

Cut Zurnali (2010)

Menurut Cut Zurnali, Komitemen Organisasi adalah sebuah keadaan psikologi yang mengkarakteristikkan hubungan karyawan dengan organisasi atau implikasinya yang mempengaruhi apakah karyawan akan tetap bertahan dalam organisasi atau tidak, yang teridentifikasi dalam tiga komponen yaitu: komitmen afektif, komitmen kontinu dan komitmen normatif. Definisi komitmen organisasional ini menarik, dikarenakan yang dilihat adalah sebuah keadaan psikologi karyawan untuk tetap bertahan dalam organisasi. Dan ini dirasa sangat sesuai untuk menganalisis komitmen organisasional para karyawan dalam organisasi bisnis atau organisasi berorientasi nirlaba.

Lincoln

Menurut Lincoln dalam Bashaw dan Grant (1994), pengertian komitemen organisasi adalah mencakup anggota, kesetiaa anggota dan kemauan anggota pada organisasi.

Robbins (1989)

Menurut Robbins, Komitmen Organisasi adalah suatu sikap yang merefleksikan perasaan suka atau tidak suka dari karyawan terhadap organisasi.

Mowday (1992)

Menurut Mowday, Komitmen Organisasi adalah komitmen kerja, ia berpendapat bahwa komitmen merupakan dimensi perilaku manusia yang digunakan untuk menilai loyalitas karyawan terhadap perusahaannya.

Griffin

Menurut Griffin, Komitmen Organiasasi adalah sikap yang mencerminkan sejauh mana seseorang individu mengenal dan terikat pada organisasinya. Seseorang yang memiliki komitmen tinggi pada peruasahaan kemungkinan akan melihat dirinya sebagai anggota sejati dalam organisasi.

McShane dan Von Glinow (2008:119)

Menurut McShane dan Von Glinow, Komitmen Organisasi adalah pengaruh yang paling kuat, dimana orang mengidentifikasi terhadap permintaan dan sangat termotivasi untuk melaksanakannya, bahkan ketika sumber motivasi tidak lagi hadir.

Mathins dan Jackshon (2000)

Menurut Mathins dan Jackshon, Komitmen Organisasi adalah derajat dimana karyawan mempercayai dan menerima tujuan-tujuan organisasi serta tidak akan meninggalkan organisasi tersebut.

Steers dan Porter (1983:442)

Menurut Steers dan Porter, Komitmen Organisasi adalah suatu sikap dimana individu mengidentifikasikan dirinya terhadap tujuan-tujuan dan harapan-harapan organisasi tempat ia bekerja serta berusaha menjaga keanggotaan dalam organisasi untuk mewujudkan tujuan organisasi tersebut.

Luthans (2006)

Menurut Luthans, Komitmen Organisasi adalah keinginan kuat untuk tetap sebagai anggota organisasi tertentu, keinginan untuk berusaha keras sesuai dengan keinginan organisasi dan keyakinan tertentu juga penerimaan nilai dan tujuan organisasi.

Greenberg dan Baron (2003:160)

Menurut Greenberg dan Baron, Komitmen Organisasi adalah derajat dimana karyawan terlibat dalam organisasinya dan berkeinginan untuk tetap menjadi anggotanya, dimana didalamnya mengandung sikap kesetiaan dan kesediaan karyawan untuk bekerja secara maksimal bagi organisasi tempat karyawan tersebut bekerja.

Allen dan Meyer

Menurut Allen dan Meyer, Komitmen Organisasi adalah kelekatan emosi, identifikasi dan keterlibatan individu dengan organisasi serta keinginan untuk tetap menjadi anggota organisasi.

Robbins dan Judge (2009:100)

Menurut Robbins dan Judge dalam Angelica, Cahyani, dan Rosyid, Komitmen Organisasi adalah suatu keadaan dimana seorang pegawai memihak organisasi tertenu serta tujuan-tujuan pegawai tersebut dan keinginan untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi tersebut.

Zurnali C (2010:127)

Menurut Zurnali C, Komitmen Organisasi adalah sebuah keadaan psikologi yang mengkarakteristikan hubungan karyawan dengan organisasi atau impikasinya yang mempengaruhi apakah karyawan akan tetap bertahan dalam organisasi atau tidak, yang teidentifikasi dalam tiga komponen yakni komitmen afektif, komitmen kontinyu, dan komitmen normatif.

Richard M. Steer dalam Sopiah (2008:156)

Menurut Richard M. Steer dalam Sopiah , Komitmen Organisasi adalah rasa identifikasi (kepercayaan terhadap nilai-nilai organisasional sebagai rasa identifikasi (kepercayaan terhadap nilai-nilai organisasi), keterlibatan (kesediaan untuk beruasha sebaik mungkn demi kepentingan organisasi, dan loyalitas keinginan untuk tetap menjadi anggota yang bersangkutan) yang dinyatakan oleh seoang karyawan terhadap perusahaannya.

Spector (2000)

Menurut Spector, Komitmen Organiasasi adalah komitmen yang melibatkan keterikatan individu terhadap pekerjaannya.

Mathis dan Jackson (2001)

Menurut Mathis dan Jackson, Komitmen Organisasi adalah tingkat kepercayaan dan penerimaan tenaga kerja terhadap tujuan organisasi dan mempunyai keinginan untuk tetap ada didalam organisasi tersebut yang pada akhirnya tergambar dalam statistik ketidakhardiran dan masuk keluar tenaga kerjanya.

Mowday, Porter dan Steers dalam Luthans (2006)

Menurut Mowday, Porter dan Steers dalam Luthans, Komitmen Organisasi terdiri dari tiga faktor, yakni: keinginan yang kuat untuk tetap menjadi anggota organisasi, kemauan yang besar untuk berusaha bagi organisasi dan kepercayaan yang kuat dan penerimaan terhadap nilai dan tujuan organisasi.

Dessler dalam Oktorita, Rosyid dan Lestasi (2001)

Menurut Dessler dalam Oktorita, Rosyid dan Lestasi, Komitmen karyawan terhadap perusahaan atau organiasasi adalah hubungan antara karyawan dengan perusahaan/organisasi yang merupakan orientasi karyawan pada perusahaan sehingga bersedia menyumbangkan energinya dan mengikatkan diri melalui aktivitas dan keterlibatan dalam perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Salancik (1977)

Menurut Salancik, Komitmen Organisasi adalah keadaan dimana perilaku karyawan menjadi terikat pada organisasi dan karyawan memiliki keyakinan untuk meneruskan perilaku dan keterlibatannya.

Demikian artikel tentang”25 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat.