Pengertian Tajuk Rencana, Ciri, Fungsi, Tujuan, Struktur dan Contoh Tajuk Rencana Terlengkap

Posted on

Pengertian Tajuk Rencana, Ciri, Fungsi, Tujuan, Struktur dan Contoh Tajuk Rencana Terlengkap – Tajuk rencana/Editorial merupakan artikel pokok dalam surat kabar berupa pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan saat surat kabar itu diterbitkan. Biasanya dalam tajuk rencana/Editorial diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan dan harapan redaksi akan peran serta pembaca.

Ciri-Ciri Tajuk Rencana

Adapun ciri-ciri tajuk rencana yaitu:

  • Berisi pendapat atau opini tentang kejadian atau peristiwa yang sedang hangat dibicarakan
  • Berisi tentang ulasan terhadap suatu masalah yang dimuat
  • Adanya pikiran subjektif dari redaksi
  • Merupakan tulisan pendek
  • Tergolong prosa nonfiktif semi-ilmiah, karena isu yang ada merupakan isu faktual (nyata)
  • Hanya dimuat di surat kabar
  • Gaya bahasa yang digunakan formal
  • Bertujuan untuk memberikan pandangan kepada masyarakat serta bermaksud untuk mengajak masyarakat tertarik dengan isu yang sedang diperbincangkan.

Fungsi Tajuk Rencana

Secara umum fungsi tajuk rencana yaitu untuk menjelaskan berita, menjelaskan arti dan akibat dari sebuah fenomena kepada masyarakat luas. Tajuk rencana juga menjadi isi dari latar belakang dari hubungan dengan fakta sosial dan juga faktor yang dapat menjadi pengaruh secara keseluruhan.

Loading...

Tujuan Tajuk Rencana

Adapun tujuan penulisan tajuk rencana yaitu:

  • Mengajak masyarakat atau oembaca untuk ikut berpikir dalam masalah atau isu/topik yang sedang berkembang di kehidupan sekitar.
  • Memberikan pandangan kepada masyarakat terhadap isu yang sedang berkembang

Struktur Teks Tajuk Rencana

Struktur atau susunan tajuk rencana yaitu:

Thesis Statement (Pertanyaan Pendapat)
Thesis statement merupakan pertanyaan pendapat yang berisi topik tentang kejadian atau permasalahan yang akan dibahas. Atau bisa dikatakan sebagai sudut pandang penulis tentang peristiwa atau permasalahan yang sedang berkembang di masyarakat.

Argumentasi (Alasan)
Argumentasi merupakan alasan yang menjadi penguat pendapat atau opini yang hendak disampaikan, argumentasi ini bisa dalam bentuk fakta, pertanyaan umum, menurut ahi, opini hasil penelitian dan lain sebagainya. Pada bagian ini penulis berupaya untuk meyakinkan masyarakat bahwa apa yang ditulisnya benar adanya.

Reiteration (Pernyataan Ulang Pendapat)
Reiteration adalah bagian ini berisikan pernyataan atau penegasan kembali tentang pendapat yang sudah ditulis agar pembaca lebih yakin terhadap isi teks tersebut, seringkali juga ditambahkan saran terhadap pembaca.

Format Penulisan Tajuk Rencana

Adapun format atau aspek yang perlu diperhatikan dalam sebuah tajuk rencana, diantaranya:

  • Judul, terkait dengan topik/ isu yang akan dibahas
  • Latar belakang. menjelaskan sepintas akan isu/ topik.
  • Tokoh. Mengungkapkan tokoh-tokoh yang terkait (opsional)
  • Masalah. Mengutarakan masalah yang terjadi dalam isu.
  • Peristiwa, hal-hal yang terjadi pada isu
  • Opini penulis terkait dengan isu tersebut
  • Saran, terhadap permasalahan yang muncul pada isu tersebut
  • Kesimpulan, ringkasan dari pembahsan.
  • Anggota redaksi, mengenakan tim yang terlibat dalam pemberitaan dalam surat kabar.

Contoh Tajuk Rencana

Berikut contoh tajuk:

Persiapan Semarang Menyambut Mudik

Posisinya yang berada di antara Jawa bagian barat dan timur mengakibatkan Kota Semarang menjadi lintasan atau transit para pemudik, baik yang menggunakan jalur laut, darat, maupun udara. Arus mudik telah masuk lewat Pelabuhan Tanjung Emas. Sejumlah kapal motor merapat dengan membawa ratusan penumpang. Mereka berasal dari beberapa daerah di Kalimantan. Dari Semarang mereka kemudian melanjutkan perjalanan ke beberapa daerah di Jawa Tengah.

Arus mudik jalur darat memang belum terlihat. Belum ada lonjakan penumpang di moda transportasi kereta api dan bus. Untuk kereta api diprediksi peningkatan penumpang akan terjadi pada H-10 hingga H+10 Lebaran. Di Stasiun Poncol diperkirakan meningkat sekitar 50 persen, sementara Stasiun Tawang lebih dari 14 persen. Penumpang angkutan bus biasanya meningkat pada H-7 Lebaran. Sebuah agen bus mengungkapkan, dari hari biasa yang 200 penumpang biasanya naik jadi 900 penumpang.

Pemudik dengan kendaraan sendiri, baik bersepeda motor maupun mengendarai mobil, diperkirakan juga tetap besar. Apalagi dengan penawaran jalan tol yang bisa sampai Gringsing, sehingga kemungkinan menyedot arus mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Pemudik yang membawa sepeda motor juga perlu memperoleh perhatian dan pelayanan khusus, baik yang datang dengan berkendara atau memaketkan sepeda motornya lewat darat maupun laut.

Sejak sekarang perlu disiapkan posko-posko untuk memantau dan mengamankan mudik Lebaran. Pengendalian lalu lintas diperlukan untuk mencegah penumpukan kendaraan di satu jalur atau kawasan. Posko itu juga bisa berfungsi sebagai rest area dan pelayanan kesehatan bagi pengendara sepeda motor yang lelah setelah berkendara berjam-jam. Selain itu petugas perlu berjaga di lokasi-lokasi yang berpotensi menimbulkan kemacetan, seperti di sekitar pasar tradisional.

Pemkot juga perlu segera menata dan membereskan sarana dan prasarana, mulai rute, rambu, dan penerangan jalan yang akan dilalui pemudik. Rute dan rambu yang jelas akan memberikan kejelasan arah bagi mereka, sementara penerangan akan memberikan rasa nyaman dan aman ketika mereka harus berkendara pada malam hari. Perhatian juga perlu diberikan kepada proyek yang belum selesai seperti underpass Jatingaleh. Material yang masih berserakan perlu dirapikan.

Masih cukup waktu bagi Pemkot Semarang untuk menyiapkan diri guna melayani kebutuhan para pemudik, baik yang menjadikan Semarang sebagai tujuan atau sebagai tempat transit. Melayani para pemudik yang melintas layaknya tamu menjadi keniscayaan. Perlu dipastikan mereka mendapat kenyamanan dan keamanan berkendara. Juga akan segera mendapatkan perawatan jika di perjalanan jatuh sakit. Dengan demikian Semarang bisa menjadi kota yang ramah bagi para pemudik.

Sumber : Dikutip dari suara merdeka.com

Demikian artikel tentang”Pengertian Tajuk Rencana, Ciri, Fungsi, Tujuan, Struktur dan Contoh Tajuk Rencana Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.