Pengertian Animasi, Prinsip dan Jenis-Jenis Animasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Animasi, Prinsip dan Jenis-Jenis Animasi Menurut Para Ahli Terlengkap – Film Animasi atau Animasi adalah film yang merupakan hasil pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari lembar-lembar kertas gambar yang kemudian diputar sehingga muncul efek gambar bergerak. Namun kini dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat, bahkan akhir-akhir ini banyak bermunculan film animasi 3d (3 dimensi) daripada film animasi 2d (2 dimensi).

Pengertian animasi yang lain, animasi yaitu gambar yang bergerak, berasal dari kumpulan objek yang disusun sedemikian rupa dengan objek dapat berupa tulisan, gambar hewan, tumbuhan, manusia dan lain sebagainya.  Selain pengertian tersebut, ada juga pengertian menurut ahli, diantaranya:

Menurut Agus Suheri (2006:2), Animasi adalah kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan.

Loading...

Orang yang membuat animasi disebut dengan animator. Banyak perusahaan yang telah sukses membuat animassi diantaranya seperti Walt Disney, Pixar, DreamWorks dan lain sebagainya.

Prinsip-Prinsip Animasi

Adapun prinsip animasi yaitu:

  • Solid Drawing (kemampuan menggambar)
  • Squash and Strech (menekan dan melentur)
  • Anticipation (antisipasi)
  • Staging (penataan gerak)
  • Straiht Ahead and Pose to pose
  • Follow Through and Overlappping Action (gerakan mengkuti)
  • Slow in and slow out
  • Archs (konstruksi lengkung)
  • Timing
  • Secondary Action (gerakan pendukung)
  • Exaggeration (melebihkan)
  • Appeal (daya tarik)

Jenis-Jenis Animasi

Adapun macam-macam jenis animasi, diantaranya:

Berdasarkan Bentuk Karakter Yang Dibuat

Stop Motion Animation/Claymation
Stop Motion Animation atau yang dikenal juga dengan claymation merupakan teknik dalam membuat animasi yang ditemukan oleh Blakton pada sekitar tahun 1906. Teknik ini menggunakan clay atau tanah liat sebagai objeknya. Teknik animasi clay sering digunakan untuk mendapatkan suatu visual efek pada film di tahun 1950-1960 an.

Animasi 2 Dimensi/2D
Animasi 2 dimensi atau yang disebut dengan kartun. Kartun atau Cartoon didefinisikan sebagai gambar yang lucu, contohnya bisa dilihat di film kartun, banyak gambar yang lucu yang ditunjukkan dan seringkali untuk menghibur, contoh animasi 2d atau kartun adalah Tom & Jerry.

Animasi 3 Dimensi/3D
Dengan semakin berkembangnya teknologi terutama komputer, maka muncul animasi 3 Dimensi. Animasi 3D ini merupakan hasil pengembangan animasi 2D. Dalam animasi 3D objek akan terlihat semakin hidup dan juga nyata. Banyak contoh film dengan menggunakan teknik animasi 3D dan CGI (Computer Generated Imagery).

Animasi Jepang
Animasi jepang atau Anime ini banyak digemari para remaja, contoh film anime diantaranya seperti Naruto, Dragon Ball dan lain sebagainya.

Berdasarkan Teknik Pembuatannya

Menurut Antonius Rachmat (2005: 46), jenis animasi  berdasarkan teknik pembuatannya diantaranya yaitu:

Animasi Cell
Kata cell berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi untuk membuat film gambar bergerak pada tahun awal animasi. Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakang, sehingga bisa saling bergerak mandiri.

Animasi Frame
Animasi frame adalah bentuk animasi paling sederhana. Contohnya saat kita membuat gambar yang berbeda gerakannya pada tepian buku lalu kita buka buku tersebut dengan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak.

Animasi Sprite
Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam. Sprite merupakan bagian animasi yang bergerak secara mandiri, misalnya seperti burung terbang, planet yang berotasi, bola yang memantul, logo yang berputar dan lain sebagainya.

Animasi Path
Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan. Contohnya dalam pembuatan animasi kereta api, pesawat terbang, burung dan lainnya yang memerlukan lintasan gerak tertentu. Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.

Animasi Spline
Spline merupakan representasi matematis dari kurva, sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus namun juaga berbentuk kurva.

Animasi Vektor
Vektor merupakan garis yang memiliki ujung, pangkal, arahdan panjang. Animasi vektor ini hampir sama dengan animasi sprite, namun animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.

Animasi Karakter
Animasi karakter biasanya ada di film kartun. Semua bagian dalam film kartun selalu bergerak bersamaan. Apapun jenis animasinya, yang penting adalah memberikan efek hidup (visual efek) pada gambar atau obyek.

Demikian artikel tentang”Pengertian Animasi, Prinsip dan Jenis-Jenis Animasi Menurut Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat.