Pengertian Perencanaan Pemasaran : Tujuan, Macam Jenis, Tipe dan Proses Perencanaan Pemasaran (Marketing Planning)

Posted on

Pengertian Perencanaan Pemasaran (Marketing Planning)  – Apa yang dimaksud dengan perencanaan pemasaran? Apa tujuan dari perencanaan pemasaran? Bagaimana proses perencanaan pemasaran?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian perencanaan pemasaran, tujuan, macam jenis, tipe dan proses perencanaan pemasaran secara lengkap.

Baca Juga : Rencana Pemasaran

Pengertian Perencanaan Pemasaran

Perencanaan pemasaran (marketing planning) merupakan bagian dari desain dalam pencapaian suatu tujuan. Tujuan perencanaan pemasaran adalah untuk menciptakan nilai bagi konsumen dalam kondisi tetap menguntungkan perusahaan, atau dalam konsep pemasaran ini dikatakan hubungan yang saling menguntungkan.

Rencana pemasaran merangkum penilaian terhadap kebutuhan dan keinginan pasar, kekuatan dan kelemahan pada organisasi dan pada kompetitor saat ini atau yang diprediksikan dan desain yang dibuat untuk menciptakan nilai untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen dalam kondisi tetap untung. Rencana pemasaran memuat rencana tindakan (siapa yang melakukan apa dan kapan) dan visi, tujuan strategis, tujuan, juga sasaran. Perencanaan pemasaran dapat diartikan sebagai penerapan sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran.

Perencanaan pemasaran berupa urutan tindakan menuju penetapan tujuan pemasaran dan pemformulasian rencana untuk mencapainya. Umumnya, perusahaan melakukan proses menajemen dalam mengembangkan rencana pemasaran. Pada perusahaan kecil dan tidak terdiversifikasi, proses ini sering disistemisasi. Konsep perencanaan pemasaran ini sederhana dan melibatkan tujuan apa yang akan dijual dan kepada siapa, memutuskan bagaimana tujuan dapat dicapai dan penjadwalan juga penghitungan biaya tindakan yang dibutuhkan dalam penerapannya.

Sebuah perusahaan akan mengalami kesulitan mengembangkan rencana pemasaran apabila manajemen perusahaan tidak memiliki arah bagaimana proses tersebut harus dikelola mulai dari tinjauan ulang, tujuan, strategi, program, anggaran dan kembali lagi hingga tercapainya suatu kompromi antara apa yang diinginkan dan apa yang diperkirakan, dengan memperhatikan hambatan yang dihadapi setiap perusahaan. Selain itu, karena sistem perencanaan tidak lebih dari sebuah pendekatan yang terangkai terhadap proses yang baru dijelaskan.

Jenis Jenis Perencanaan Pemasaran

Berikut ini macam macam jenis perencanaan pemasaran, antara lain:

Perencanaan Pasar yang Strategis

Perencanaan pasar yang strategis berhubungan dengan perencanaan arah pengembangan usaha perusahaan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan arah perencanaan pasar yang strategis , diantaranya yaitu:

  • Konsumen yang akan dicapai dan dilayani.
  • Kompetitot yang harus dihadapi.
  • Ciri pasar yang ada.
  • Ciri perusahaan.
  • Trend lingkungan baik sosial, ekonomi, politik, teknologi dan lainnya.

Baca Juga : Manajemen Pemasaran

Perencanaan Strategis Perusahaan

Perencanaan strategis perusahaan adalah perencanaan jangka panjang yang bersifat menyeluruh. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam melakukan perencanaan strategis pemasaran perusahaan diantaranya yaitu:

  • Analisis sumber daya, lingkungan dan strategi acuan produk.
  • Analisis situasi.
  • Penetapan strategi perusahaan.
  • Perencanaan pemasaran yang strategis.
  • Perencanaan pemasaran produk baru.
  • Perencanaan pemasaran operasional.

Selain itu, adapula jenis-jenis perencanaan pemasaran yang lain, diantaranya yaitu:

  • Perencanaan perusahaan.
  • Perencanaan devisi.
  • Perencanaan jajaran produk.
  • Perencanaan merk produk.

Tipe Perencanaan Pemasaran

Berikut ini beberapa tipe perencanaan pemasaran perusahaan, diantaranya yaitu:

Perencanaan Pemasaran Tahunan

Merupakan tipe perencanaan pemasarab dengan cakupan kegiatan pada produk tertentu dalam satu tahun. Waktu perencanaan pemasaran tahunan ini relatif sangat pendek yakni satu tahun. Masalah perencanaan tahunan antara lain kampanye periklanan, daerah operasi, marketing, pembelian barang dan lainnya.

Perencanaan Pemasaran Jangka Panjang

Ini merupakan tipe perencanaan pemasaran dalam periode 3,5,10 hingga 25 tahun. Masalah yang dihadapi perusahaan dalam perencanaan jangka panjang ini sangat luas sekali, seperti perluasan pabrik, masalah pasar, promosi, pemasaran, harga, produksi, masalah distribusi dan lainnya.

Perencanaan Pemasaran Keseluruhan

Merupakan tipe perencanaan yang meliputi ketentuan umum perusahaan yaitu perencanaan jangka panjang dan pengembangan strategi pemasaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan memuat kegiatan segala faktor intern maupun ekstern.

Proses Perencanaan Pemasaran

Ada beberapa langkah atau proses yang perlu dilakukan dalam proses perencanaan pemasaran dalam memaksimalkan pemasaran produk, diantaranya yaitu:

Baca Juga : Riset Pemasaran

Analisa Hasil Prestasi Kegiatan Pemasaran

Perusahaan harus dapat menyimpulkan sebab naik atau turunnya hasil penjualan barang produksi.

Analisis Keunggulan, Kelemahan, Kesempatan dan Ancaman Perusahaan

Perusahaan harus mengkaji lingkungan pemasaran, terutama perkembangan sosial, ekonomi, budaya, teknologi juga kebijakan pemerintah.

Penyusunan Program Pemasaran

Program pemasaran perlu disusun secara rinci baik itu yang berkaitan dengan waktu, tempat, dan siapa pelaksana program. Dengan adanya program pemasaran akan diketahui tahapan kegiatan pemasaran yang akan dilakukan pada setiap produk diwilayah pemasarannya.

Penentuan Tujuan Pemasaran

Setiap perusahaan akan memiliki tujuan yang ingin dicapai dan tujuan yang telah ditetapkan akan mempengaruhi penetapan strategi pemasaran yang akan dijalankan.

Penerapan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran ditetapkan berdasarkan target pasar dan tujuan perusahaan. Strategi pemasaran yang sudah ditetapkan perusahaan meliputi strategi produk, harga, promosi juga distribusi.

Penetapan Target Pemasaran

Agar perusahaan mendistribusikan hasil produksi dengan mudah, maka perusahaan harus menetapkan strategi target pemasaran. Target strategi pemasaran yang telah ditetapkan perusahaan dapay dinyatakan dalam volume penjualan, share pasar maupun laba.

Penyusunan Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran yang disusun akan menggambarkan kegiatan di bidang pemasaran (marketing).

Penyusunan Anggaran Pemasaran

Penyusunan anggaran pemasaran perusahaan harus didasarkan pada program pemasaran. Selain memperhatikan produknya, penyusunan ini juga harus memperhatikan waktu dan tempat pelaksanaannya sebab anggaran kebutuhan akan selalu berbeda setiap waktu dan tempat pelaksanaan yang berbeda pula.

Baca Juga : Strategi Pemasaran

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian perencanaan pemasaran, tujuan, macam jenis, tipe dan proses perencanaan pemasaran secara lengkap. Semogfa bermanfaat