17 Pengertian Ras Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

17 Pengertian Ras Menurut Para Ahli Terlengkap – Ras adalah suatu sistem klasifikasi yang digunakan untuk mengategorikan manusia dalam populasi atau kelompok besar dan berbeda melalui ciri fenotip, asal usul geografis, penampilan jasmani dan kesukuan yang terwarisi.

Selain pengertian diatas, terdapat beberapa pengertian ras menurut para ahli diantaranya:

Pengertian Ras Menurut Para Ahli

Dunn dan Dobshansky

Menurut Dunn dan Dobshansky, Ras adalah persamaan gen/kateogri individu secara turun-temurun mempunyai ciri-ciri fisik dan biologis tertentu, ras mempunyai pengertian sercara biologis dan fisik tidak termasuk sifat-sifat budanyanya.

Banton (1967)

Menurut Banton, Ras adalah suatu tandan peran, perbedaan fisik yang dijakdikan dasar untuk menetapkan peran yang berbeda-beda, pengertian ras ini menyangkut aspek biologis”ciri fisik, warna kulit, bentuk tubuh, dan lain-lain” dan aspek sosial berkaitan peran dan kebiasaan yang dilakukan.

Chainur Arrasjid (1972)

Menurut Chainur Arrasjid (Dosen Fakultas Hukum USU), Ras adalah segolongan manusia yang memiliki persamaan sifat-sifat lahir tertentu yang dilanjutkan kepada keturunannya.

Daljoeni

Menurut Daljoeni, Ras adalah:

  • Suatu kategori tertentu dari seseorang yang dapat superior atau inferior yang ditandai oleh karakteristik fisik, seperti warna kulit, tekstur rambut, dan lipatan mata.
  • Pengelompokkan manusia berdasarkan karakteristik biologis, misal; kaukasoid, negroid, australoid, dan indian.

Haldane

Menurut Haldane, Ras adalah suatu kelompok yang berbagai kesamaan satu set karakter tertentu fisik bawaan dan asal geografis dalam area tertentu itu.

Grosse

Menurut Grosse, Ras adalah golongan manusia yang merupakan satu kesatuan karena kesamaan sifat jasmani dan rohani yang diturunkan sehingga dapa dibedakan dengan kesatuan lain.

Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, Ras adalah golongan manusia yang menunjukkan berbagai ciri tubuh yang tertentu dengan frekuensi yang besar.

Gill Dan Gilbert

Menurut Gill Dan Gilbert, Ras adalah pengertian biologis yang menjelaskan sekumpulan orang yang dapat dibedakan menurut karakteristik fisik yang dihasilkan melalui proses reproduksi.

Kohlbrugge

Menurut Kohlbrugge, Ras adalah manusia yang memiliki kesamaan ciri-ciri jasmani karena diturunkan, sedangkan sifat-sifat kerohaniannya diabaikan. Dapat disimpulkan bahwa ras adalah golongan manusia dengan ciri fisik yang sama. Para ahli antropologi fisik pada umumnya membagi ras berdasarkan lokasi geografis, ciri-ciri fisik dan prinsip evolusi rasial.

Horton dan Hunt

Menurut Horton dan Hunt, Ras adalah suatu kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya dalam segi ciri-ciri fisik bawaan. Di samping itu banyak juga ditentukan oleh pengertian yang digunakan oleh masyarakat.

Stephen K. Sanderson

Menurut Stephen K. Sanderson, Ras adalah suatu kelompok atau kategori orang-orang yang mengidentifikasi diri mereka sendiri dan diidentifikasikan oleh orang-orang lain, sebagai perbedaan sosial yang dilandasi oleh ciri-ciri fisik atau biologis.

Bruce J. Cohen

Menurut Bruce J. Cohen, Ras adalah kategori individu yang secara turun temurun mempunyai ciri-ciri fisik dan biologis tertentu yang sama.

Alex Thio

Menurut Alex Thio, Ras adalah sekelompok orang yang dianggap oleh masyarakat mempunyai ciri-ciri biologis yang berbeda.

KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, Ras adalah suatu sistem klasifikasi yang digunakan untuk mengkategorikan manusia dalam populai atau kelompok besar dan berbeda melalui ciri fenotipe, asal usul geografis, tampang jasmani dan kesukuan yang diwarisi.

AAE (Academic American Encylclopedia 1980)

Menurut AAE (Academic American Encylclopedia), Ras adalah suatu kajian teori yang digunakan untuk menyatakan suatu persamaan, dari warna kulit, rupa, bentuk, warna rambut, perilaku, dan tingkat intelektual. Pengertian tersebut tentu saja mengakibatkan bahwa manusia menganggap segala kondisi kaum mereka adalah lebih sempurna dibandingkan dengan kaum lain.

Webster’s New Collegiate Dictionary

Menurut Webster’s New Collegiate Dictionary (Dalam Webster, 1976), Ras adalah suatu bentuk kelompok manusia yang dianggap mempunyai kesamaan secara turun temurun dan kesamaan tersebut dapat untuk mengenali tipe manusia lain.

Demikian artikel yang diberikan tentang 17 Pengertian Ras Menurut Para Ahli Terlengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.