Pengertian Seni Rupa Kontemporer, Ciri, Sejarah, Macam Jenis dan Contoh Karya Seni Kontemporer Terlengkap

Posted on

Pengertian Seni Rupa Kontemporer, Ciri, Sejarah, Macam Jenis dan Contoh Karya Seni Kontemporer Terlengkap – Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk suatu karya seni dengan media yang dapat dilihat dengan mata dan dapat dirasakan dengan rabaan. Kesan tersebut diciptakan dengan mengolah unsur seperti titik, garis, bidang, warna, tekstur, dan juga pencahayaan. Ada banyak aliran seni rupa, salah satunya adalah karya seni rupa kontemporer atau karya seni rupa modern.

Seni rupa kontemporer merupakan perkembangan seni yang terpengaruh oleh modernisasi. Secara bahasa kontemporer berarti kekinian. Pengertian seni kontemporer adalah cabang seni yang tidak terikat pakem atau aturan-aturan kuno.

Ciri Seni Rupa Kontemporer

Adapun ciri-ciri seni rupa kontemporer, diantaranya yaitu:

  • Tidak terikat dengan aturan atau pakem seni rupa zaman dulu
  • Berkembang sesuai zaman
  • Tidak ada sekat antar berbagai disiplin seni
  • Meleburnya batas antar seni lukis, seni patung, seni grafis, anarki, omong kosong hingga aksi politik
  • Mempunyai gairah dan nafsu moralistik
  • Cenderung diminati media massa
  • Sering dijadikan komoditas pewacanaan.

Sejarah Perkembangan Seni Rupa Kontemporer Di Indonesia

Dalam seni rupa Indonesia, istilah kontemporer muncul pada awal tahun 70-an. Tokoh pertama yang menggunakan istilah kontemporer yaitu Gregorius Sidharta, ia menggunakan istilah ini untuk judul pameran seni patungnya.

Sejak saat itu, istilah kontemporer semakin banyak digunakan dalam karya seni yang dikembangan dengan konsep pembaharuan. Tokoh yang menggunakan istilah kontemporer ini diantaranya Christo, Saptoadi Nugroho, Jim Supangkat, Dadang Christanto, FX. Harsono, Heri Dono, Eddie Hara, Tisna Sanjaya, Agus Suwage, Nindityo, Arahmaiani, Tita Rubi, Mella Jaarsma dan lain sebagainya. Para tokoh seni tersebut tergabung dalam gerakan Seni Rupa Baru Indonesia.

Macam-Macam Seni Rupa Kontemporer

Seni rupa kontemporer tidak hanya merujuk pada seni patung, seni lukis yang menggunakan aliran baru juga menggunakan istilah kontemporer sebagai perwujudan ide dan pembaruan yang diangkat. Seiring perkembangan zaman, seni rupa kontemporer juga memunculkan beragam jenis seni baru seperti seni lingkungan, seni pertunjukan, seni video, seni arsitektur dans seni fotografi.

Contoh Karya Seni Rupa Kontemporer

Berikut beberapa contoh seni rupa kontemporer diantaranya yaitu:

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Seni Rupa Kontemporer, Ciri, Sejarah, Macam Jenis dan Contoh Karya Seni Kontemporer Terlengkap .Semoga  bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa