Pengertian Integritas : Ciri, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Cara Meningkatkan Integritas Diri Lengkap

Posted on

Pengertian Integritas : Ciri, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Cara Meningkatkan Integritas Diri – Kalian mungkin pernah mendengar istilah integritas, apa itu integritas? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi arti integritas menurut para ahli selengkapnya.

Pengertian Integritas

Kata integritas berasal dari bahasa latin yaitu Integer yang berarti lengkap atau utuh. Dengan demikian, integritas dapat diartikan sebagai suatu usaha yang utuh dan lengkap yang dilandasi dengan kejujuran, kualitas dan konsistensi karakter seseorang.

Baca Juga : Integrasi Sosial

Pengertian integritas secara umum adalah suatu konsistensi dan ketangguhan yang tidak dapat digoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai luhur dan keyakinan. Dari sisi etika, integritas adalah kejujuran atau kebenaran setiap tindakan seseorang.

Integritas juga bisa diartikan sebagai keselarasan antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan.

Seseorang dapat dikatakan memiliki integritas apabila tindakan yang ia lakukan sudah sesuai dengan nilai, prinsip dan keyakinan yang dipegangnya.

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Integritas adalah sifat, mutu dan keadaan yang menggambarkan suatu kesatuan yang utuh, sehingga mempunyai potensi dan kemampuan yang selalu memancarkan kejujuran dan kewibawaan.

Henry Cloud

Menurut Henry Cloud, Integritas adalah upaya seseorang untuk menjadi orang yang utuh walaupun di setiap bagian dirinya berbeda. Integritas juga diartikan sebagai orang yang selalu bekerja dengan baik dan selalu menjalankan tugasnya sesuai dengan apa yang telah direncanakannya sebelumnya. Integritas sangat berkaitan dengan keefektifan serta keutuhan seseorang sebagai seorang manusia.

Ippho Santoso

Menurut Ippho Santoso, Integritas adalah menyatunya perkataan, pikiran, serta perbuatan agar dapat melahirkan kepercayaan. Jika dilihat dari asal katanya, integritas mempunyai makna berbicara secara lengkap dan utuh seutuh-utuhnya.

Baca Juga : Solidaritas Sosial

Andreas Harefa

Menurut Andreas Harefa, Integritas adalah 3 hal yang selalu dapat kita amati, yaitu memenuhi komitmen, menunjukkan kejujuran, dan mengerjakan sesuatu dengan penuh konsisten.

Alfred John (1995)

Menurut Alfred John, Integritas adalah bagian penting darikepribadian seseorang. Seseorang yang sifatnya baik (memiliki etikadan moral yang baik), tanpa memiliki integritas kemungkinan hanyabermanfaat bagi dirinya saja, belum dapat mendatangkan manfaatbagi orang lain.

Crimbal and Brooks (2010)

Menurut Crimbal and Brooks, Integritas adalah “Integrity is an internal system of principles which guide our behaviour”

Azyumardi Azra (2012)

Menurut Azyumardi Azra, Integritas adalah kepengikutan dan ketundukan kepada prinsip-prinsip moral dan etis (adherence to moral and ethical principle); keutuhan karakter moral (soundness of moral character); kejujuran (honesty); tidak rusak secara moral (morally unimpared) atau keadaanmoral sempurna tanpa cacat (morally perfect condition).

Collins Cobuild Dictionary

Menurut Collins Cobuild Dictionary, Integritas adalah “the quality of being honest and firm in your moral principles”.

Ciri-Ciri Integritas

Berikut ini karakteristik atau ciri orang yang memiliki integritas, diantaranya yaitu:

  • Selalu menepati janji
  • Taat asa dan tidak plin-plan
  • Komitmen dipegang teguh dan bertanggung jawab
  • Satu kata satu perbuatan
  • Jujur dan terbuka
  • Menghargai waktu
  • Menjaga prinsip dan nilai-nilai yang diyakini
  • Dan lain sebagainya

Baca Juga : Percaya Diri

Tujuan Integritas

Tujuan integritas diantaranya yaitu:

  • Untuk meraih keberhasilan atau kesuksesan.
  • Agar manusia mampu untuk memimpin dan dipimpin.
  • Agar lahir sebuah kepercayaan.
  • Agar bisa melahirkan prestasi.

Fungsi Integritas

Berikut ini fungsi integritas diantaranya yaitu:

Fungsi Kognitif Integritas (Cognitive Functions of Integrity)

Fungsi ini meliputi kecerdasan moral dan self insight. Self insight itu sendiri meliputi pengetahuan diri dan refleksi diri (self knowledge dan self reflection). Dengan demikian, dapat dikatakan integritas berfungsi memelihara moral atau akhlak seseorang yang kemudian mendorong ia untuk memiliki pengetahuan yang luas.

Fungsi Afektif Integritas (Affective Functions of Integrity)

Fungsi ini meliputi hati nurani dan harga diri (conscience dan self regard). Dengan demikian, dapat dikatakan integritas berfungsi memelihara nurani seseorang agar tetap hanif sebagai seorang hamba agar jelas perbedaan diantara dirinya dengan hewan. Karena secara biologis manusia dan hewan, sama-sama memiliki hati, namun hewan tidak memiliki qalb yakni sesuatu yang ada di diri setiap manusia.

Manfaat Integritas

Manfaat integritas, diantaranya yaitu:

Manfaat secara fisik

Secara fisik, integritas membuat diri kita akan merasa fit, sehat dan bugar. Kita akan selalu siap melakukan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari.

Manfaat secara intelektual

Dengan integritas, mental dan pengetahuan kita bisa mengoptimalkan kemampuan otak kita.

Manfaat secara emosional

Dengan integritas, secara emosional diri kita akan menjadi penuh motivasi, sadar diri, empati, simpati, solidaritas tinggi dan sarat kehangatan emosional dalam interaksi kerja.

Baca Juga : Kontrol Diri

Manfaat secara spiritual

Secara spiritual, integritas akan menjadikan diri kita menjadi lebih bijaksana dalam mengartikan segala sesuatu termasuk pengalaman-pengalaman hidup, baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan contohnya seperti keberhasilan, kegagalan dan penderitaan.

Manfaat secara sosial

Dengan integritas, secara sosial kita akan semakin mampu mengembangkan hubungan baik satu sama lain dalam lingkungan masyarakat, mau bekerja sama untuk menyelesaikan tugas atau kegiatan yang menuntut kekompakan dan kerja sama yang baik, memiliki kepekaan hati dan perasaan untuk selalu memberi tempat bagi orang lain di dalam hati kita.

Cara Meningkatkan Integritas Diri

Berikut cara meningkatkan integritas agar dipercaya orang lain, diantaranya:

Tetapkan nilai-nilai diri
Nilai atau prinsip penting diterapkan bagi diri sendiri. Ambil kertas kosong dan pulpen lalu tulis prinsip anda, yang mungkin saja berupa jujur, sabar, menghargai orang lain, atau dapat dipercaya.

Jika masih kesulitan mengetahui nilai-nilai diri, bisa lakukan: Identifikasi panutan anda dan tuliskan mengapa anda menjadikannya sebagai panutan. Pikirkan apa yang membuat anda bahagia atau sedih, lalu gali nilai-nilai di balik semua itu.

Buat paradigma baru tentang uang. Dengan paradigma uang bukan segalanya, anda akan memiliki kompas moral dan bertindak untuk mencari berkah.

Jaga ucapan. Jaga ucapan anda sehingga tidak memberi janji yang tidak bisa ditepati.

Katakan yang sejujurnya. Hindari berbohong, meski berat katakan yang sejujurnya (apa adanya). Dengan berkata yang sejujurnya, anda tidak akan berpura-pura, bermuka dua, atau manipulatif.

Bertanggung jawab. Bertanggung jawablah untuk semua tindakan yang telah anda lakukan.

Analisis setiap keputusan yang diambil. Dengan menganalisis keputusan, anda akan sadar mana yang benar dan mana yang salah. Ini juga sekaligus akan mengesampingkan pembenaran tindakan salah yang akan anda lakukan.

Bergaul dengan orang-orang yang berintegritas. Dengan begitu, anda akan malu berbuat yang tidak sesuai aturan.

Baca Juga : Struktur Sosial

Pentingnya Integritas Bagi Kehidupan

Integritas adalah hal terpenting dalam kehidupan seseorang secara menyeluruh. Ketika kita mencari karakteristik tentang bagaimana cara membangun kehidupan pribadi, maka urutannya dimulai dari:

  • Integritas
  • Motivasi
  • Kapasitas
  • Pengetahuan
  • Pengalaman

Seperti kutipan berikut ini “Tanpa integritas, motivasi itu berbahaya; tanpa motivasi, kapasitas tidak berdaya; tanpa kapasitas, pemahaman terbatas; tanpa pemahaman, pengetahuan tidak ada artinya; tanpa pengetahuan, pengalaman itu buta. Pengalaman mudah diberikan dan digunakan dengan cepat oleh orang-orang dengan semua kualitas lainnya.”

Lebih jelasnya, mengapa integritas begitu penting dalam kehidupan setiap orang?

  • Integritas adalah salah satu kunci kesuksesan setiap orang karena individu yang berintegritas merupakan pribadi yang konsisten dalam menjalankan nilai-nilai dan norma yang berlaku.
  • Integritas seseorang akan menentukan dirinya bisa dipimpin dan bisa menjadi pemimpin karena hanya individu berintegritas yang memiliki kepribadian berkualitas dan mampu belajar dari orang lain.
  • Integritas seseorang akan menentukan seberapa besar dirinya layak dipercaya oleh orang lain karena tindakannya yang konsisten.
  • Integritas akan menghasilkan reputasi dan prestasi bagi seseorang karena mereka berpikir, berkata, dan bertindak secara konsisten.

Baca Juga : Interaksi Sosial

Integritas Nasional

Kata integritas juga sering dikait-kaitkan dengan kata nasional atau jika digabung menjadi Integritas Nasional. Dalam arti sempit, integritas nasional dapat diartikan sebagai integritas yang digunakan dalam menjalankan suatu negara. Sedangkan, dalam arti luas, integritas nasional diartikan sebagai hasrat maupun kesadaran yang muncul secara berkelanjutan dari individu atau orang yang tinggal atau menetap di suatu negara untuk bisa mengembangkan negara yang ditinggali agar menjadi lebih baik dan lebih maju lagi.

Di Indonesia, integritas nasional pernah terjadi yaitu pada tanggal 28 Oktober 1928 atau tepatnya pada hari sumpah pemuda. Dimana seluruh pemuda di Indonesia bersatu dan bekerja sama untuk melawan penjajah untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Demikian pembahasan tentang pengertian integritas, ciri, tujuan, fungsi, manfaat dan cara meningkatkan integritas diri, semoga bermanfaat.