Pengertian Lingkungan Kerja, Jenis dan Manfaat Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Lingkungan Kerja, Jenis dan Manfaat Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli Terlengkap – Lingkungan Kerja adalah kehidupan sosial, psikologi dan fisik yang berpengaruh terhadap pekerjaan dan menjalankan tugasnya. Kehidupan manusia tidak terlepas dari berbagai keadaan lingkungan yang ada disekitarnya, antara manusia dan lingkungan memiliki hubungan yang erat.

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

Nitisemito (1992:25)

Menurut Nitisemito, Lingkungan Kerja adalah sesuatu yang ada disekitar para pekerja dan yang mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang dibebankan.

Sedarmayati (2001:1)

Menurut Sedarmayati, Lingkungan Kerja adalah keseluruhan alat perkakas dan bahan yang dihadapi, lingkungan sekitarnya dimana seseorang bekerja, metode kerjanya, serta pengaturan kerjanya baik sebagai perseorangan maupun sebagai kelompok.

Sedarmayanti (2001:12)

Menurut Sedarmayanti, Kondisi lingkungan kerja dikatakan baik atau sesuai apabila manusia dapat melaksanakan kegiatan secara optimal, sehat, aman, dan nyaman. Kesesuaian lingkungan kerja dapat dilihat akibatnya dalam jangka waktu yang lama lebih jauh lagi lingkungan-lingkungan kerja yang kurang baik dapat menuntut tenaga kerja dan waktu yang lebih banyak dan tidak mendukung diperolehnya rancangan sistem kerja yang efisien.

Bambang (1991:122)

Menurut Bambang, Lingkungan Kerja adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja seorang pegawai. Seorang pegawai yang bekerja di lingkungan kerja yang mendukung dia untuk bekerja secara optimal akan menghasilkan kinerja yang baik, sebaliknya jika seorang pegawai bekerja dalam lingkungan kerja yang tidak memadai dan tidak mendukung untuk bekerja secara optimal akan membuat pegawai yang bersangkutan menjadi malas, cepat lelah sehingga kinerja pegawai tersebut akan rendah.

Jenis Lingkungan Kerja

Menurut Sedarmayanti (2001:21), terdapat 2 (dua) jenis lingkungan kerja yaitu Lingkungan Kerja Fisik dan Lingkungan Kerja Non Fisik.

Lingkungan Kerja Fisik

Lingkungan kerja fisik adalah semua keadaan dalam bentuk fisik yang ada di sekitar tempat kerja yang bisa mempengaruhi pegawai baik secara langsung maupun tidak langsung. Lingkungan kerja fisik bisa dibagi menjadi 2 kategori yaitu lingkungan kerja langsung dan lingkungan kerja perantara/umum.

a. Lingkungan kerja yang langsung berhubungan dengan pegawai seperti pusat kerja, kursi, meja dan lain sebagainya.

b. Lingkungan perantara atau lingkungan umum atau bisa juga disebut lingkungan kerja yang mempengaruhi kondisi manusia, diantaranya seperti temparatur, kelembaban, sirkulasi udara, pencahayaan, kebisingan, getaran mekanik, bau tidak sedap, warna dan lain sebagainya.

Untuk bisa memperkecil pengaruh lingkungan fisik terhadap karyawan, maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mempelajari manusia baik secara fisik dan tingkah laku lalu dijadikan sebagai dasar memikirkan lingkungan fisik yang susuai.

Lingkungan Kerja Non Fisik

Lingkungan kerja non fisik adalah semua keadaan yang terjadi yang berkaitan dengan hubungan kerja, baik hubungan dengan atasan maupun hubungan dengan sesama rekan kerja ataupun hubungan dengan bawahan.

Perusahaan harusnya bisa mencerminkan kondisi yang mendukung kerja sama antar tingkat atasan, bawahan maupun yang memiliki status yang sama. Kondisi yang harusnya diciptakan yaitu suasana kekeluargaan, komunikasi yang baik dan pengendalian diri. Jadi lingkungan kerja non fisik merupakan kelompok lingkungan kerja yang tidak dapat diabaikan.

Manfaat Lingkungan Kerja

Menurut Ishak dan Tanjung (2003), manfaat lingkungan kerja yaitu menciptakan gairah kerja, sehingga produktivitas dan prestasi kerja meningkat. Sementara itu, manfaat yang didapatkan karena bekerja dengan orang yang termotivasi yakni pekerjaan bisa terselesaikan dengan tepat, itu artinya pekerjaan diselesaikan sesuai standar yang benar dan dalam skala waktu yang ditentukan. Prestasi kerjanya akan dipantau oleh individu yang bersangkutan, dan tidak akan mengakibatkan terlalu banyak pengawasan serta semangat juang akan tinggi.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Lingkungan Kerja, Jenis dan Manfaat Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli Terlengkap Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.