14 Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

14 Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli Terlengkap – Manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur atau metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman. Pengertian manajemen risiko yang lain yaitu, manajemen risiko adalah suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan atau pengelolaan sumber daya.

Sasaran atau Tujuan manajemen risiko dilakukan yaitu untuk mengurangi risiko yang berbeda yang berkaitan dengan bidang yang telah dipilih pada tingkat yang bisa diterima oleh masyarakat.

Selain pengertian tersebut, adapula pengertian manajemen risiko atau manajemen resiko menurut para ahli. Berikut selengkapnya:

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli

Wikipedia

Pengertian Manajemen Risiko menurut Wikipedia, Manajemen Risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya.

Australia/New Zealand Standards (1999)

Pengertian Manajemen Risiko menurut Australia/New Zealand Standards, Manajemen Risiko adalah suatu proses yang logis dan sistematis dalam mengidentifikasi, menganalisa, mengevaluasi, mengendalikan, mengawasi, dan mengkomunikasikan risiko yang berhubungan dengan segala aktivitas, fungsi atau proses dengan tujuan perusahaan mampu meminimasi kerugian dan memaksimumkan kesempatan. Implementasi dari manajemen risiko ini membantu perusahaan dalam mengidentifikasi risiko sejak awal dan membantu membuat keputusan untuk mengatasi risiko tersebut.

NIST (Stoneburner et al.,2001;E-2)

Pengertian Manajemen Risiko menurut NIST, Manajemen Risiko adalah The total process of identifying, controlling and mitigating information sysytem related risks; encompasses risk assesment; cost-benefit analysis; implementation, test and security evalution of safeguards. (Manajemen risiko adalah proses dari mengidentifikasi, mengontrol dan meringankan sistem informasi terkait risiko” dan melingkupi pengkajian risiko, analisa manfaat biaya, dan pemilihan, implementasi, pengetesan dan evaluasi keamanan dari usaha perlindungan).

Djohanputro (2008)

Pengertian Manajemen Risiko menurut Djohanputro, Manajemen Risiko adalah proses terstruktur dan sistematis dalam mengidentifikasi, mengukur, memetakan, mengembangkan alternatif penanganan resiko, dan memonitor dan mengendalikan penanganan resiko.

Noshworthy (2000:600)

Pengertian Manajemen Risiko menurut Noshworthy, Manajemen Risiko adalah Implementation of measures aimed at reducing the likelihood of those threats occurring and minimising any damage if they do; Risk analysis and risk control form the basis of risk management where risk control is the application of suitable controls to gain a balance between security, usability and cost.

Clough and Sears (1994)

Pengertian Manajemen Risiko menurut Clough and Sears, Manajemen Risiko adalah suatu pendekatan yang komprehensif untuk menangani semua kejadian yang menimbulkan kerugian.

Smith (1990)

Pengertian Manajemen Risiko menurut Smith, Manajemen Risiko adalah proses identifikasi, pengukuran, dan kontrol keuangan dari sebuah resiko yang mengancam aset dan penghasilan dari sebuah perusahaan atau proyek yang dapat menimbulkan kerusakan atau kerugian pada perusahaan tersebut.

William (et.al.,1995,p.27)

Pengertian Manajemen Risiko menurut William, Manajemen Risiko adalah suatu aplikasi dari manajemen umum yang mencoba untuk mengidentifikasi, mengukur, dan menangani sebab dan akibat dari ketidakpastian pada sebuah organisasi.

Siahaan (2007)

Pengertian Manajemen Risiko menurut Siahaan, Manajemen Risiko adalah perbuatan (praktik) dengan manajemen risiko, menggunakan metode dan peralatan untuk mengelola risiko sebuah proyek.

Tampubolon (2004)

Pengertian Manajemen Risiko menurut Tampubolon, Manajemen Risiko adalah kegiatan atau proses yang terarah dan bersifat proaktif, yang ditujukan untuk mengakomodasi kemungkinan gagal pada salah satu, atau sebagian dari sebuah transaksi atau instrumen.

Fahmi (2010:2)

Pengertian Manajemen Risiko menurut Fahmi, Manajemen Risiko adalah suatu bidang ilmu yang membahas tentang bagaimana suatu organisasi menerapkan ukuran dalam memetakan berbagai permasalahan yang ada dengan menempatkan berbagai pendekatan manajemen secara komprehensif dan sistematis.

Dorfman (1998:9)

Pengertian Manajemen Risiko menurut Dorfman, Manajemen Risiko adalah suatu proses logis dalam usahanya untuk memahami eksposur terhadap suatu kerugian.

Siagian dan Sekarsari (2001)

Pengertian Manajemen Risiko menurut Siagian dan Sekarsari, Manajemen Risiko luas tidak hanya terfokus pada pembelian asuransi tapi juga harus mengelola keseluruhan risiko-risiko organisasi.

Djojosoedarso (2003:4)

Pengertian Manajemen Risiko menurut Djojosoedarso, Manajemen Risiko adalah pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dalam penanggulangan resiko, terutama resiko yang dihadapi oleh organisasi/perusahaan, keluarga dan masyarakat. Jadi mencakup kegiatan merencanakan, mengorganisir, menyusun, memimpin/mengkordinir dan mengawasi (termasuk mengevaluasi) program penanggulangan resiko.

Demikian artikel tentang”14 Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat.