10 Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli, Fungsi Dan Tujuan Akuntansi Biaya Lengkap

Posted on

10 Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli, Fungsi Dan Tujuan Akuntansi Biaya Lengkap  – Akuntansi biaya adalah suatu bidang akutansi yang digunakan untuk proses pelacakan, pencatatan, analisis terhadap biaya-biaya yang berhubungan dfengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang atau jasa. Definisi biaya yaitu waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dan menurut konvensi diukur dengan satuan mata uang. Pendekatan akuntansi biaya dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu biaya standar (Standard Costing), Biaya berdasarkan kegiatan (activity based costing) dan berdasarkan hasil (akuntansi throughput). Manfaat Akuntansi Biaya yaitu sebagai alat untuk memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis dan juga menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya. Manfaat biaya yaitu untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh manajemen dalam mengelola perusahaan seperti untuk perencanaan dan pengendalian laba, penentuan harga pokok produk dan jasa dan juga untuk pengambilan keputusan manajemen.

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Schaum

Menurut Schaum, Akuntansi Biaya adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang atau jasa. Fungsi utama akutansi biaya yaitu untuk melakukan akumulasi biaya untuk penilaian persediaan dan penentuan pendapatan.

Carter dan Usry

Menurut Carter dan Usry, Akuntansi Biaya adalah perhitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian, perbaikan kualitas dan efisiensi, serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin maupun strategis.

Mulyadi (1999:6)

Menurut Mulyadi, Akuntasi Biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan pengkajian biaya serta pembuatan dan penjualan produk atau jasa dengan cara-cara tertentu dan penafsiran terhadapnya.

R.A Supriyono (2000:21)

Menurut R.A Supriyono, Akuntansi Biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupaka alay manajemen dalam memonitor dan menekan transaksi biaya secara sistematis serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

Abdul Halim

Menurut Abdul Halim, Akuntasi Biaya adalah ilmu akuntansi yang membicarakan tentang penentuan cost atau harga pokok dari suatu produk yang diproduksi atau yang akan dijual di pasar baik itu untuk memenuhi pesanan dan pemesan ataupun untuk dijadikan persediaan barang dagangan yang akan dijual.

Armanto Witjaksono (2006:45)

Menurut Armanto Witjaksono, Akuntansi Biaya akan melengkapi manajemen dengan perangkat akuntansi untuk meningkatkan perencanaan dan pengendalian.

Rayburn

Menurut Rayburn, Akuntansi Biaya adalah ilmu mengidentifikasik, mendefinisikan, mengukur, melaporkan serta menganalisis berbagai unsur biaya langsung dan tidak langsung yang berhubungan dengan produksi serta pemasaran barang dan jasa. (Diterjemahkan oleh Sugyarto (1999)(h.3))

Kholmi dan Yuningsih (2009:1)

Menurut Kholmi dan Yuningsih, Akuntansi Biaya adalah proses pelacakan, pencatatan, pengalokasian, pelaporan serta analisis terhadap bermacam-macam biaya yang berhubungan dengan aktifitas atau kegiatan dari suatu perusahaan atau organisasi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Bastian dan Nurlela (2006)

Menurut Bastian dan Nurlela, Akuntansi Biaya adalah suatu bidang dalam akuntansi yang mempelajari bagaimana cara mencatat, mengukur dan melaporkan tentang informasi biaya yang digunakan.

Horngren, Datar, dan Foster

Menurut Horngren, Datar, dan Foster, Akuntansi Biaya akan menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Akuntanasi biaya akan mengukur dan melaporkan setiap informasi keuangan dan non keuangan yang berkaitan dengan biaya perolehan atau pemanfaatan sumber daya dalah suatu organisasi. (Diterjemahkan oleh Desi Adhariani (2005))

Fungsi Akuntansi Biaya

Adapun fungsi dari akuntansi biaya, diantaranya:

  • Untuk melakukan perhitungan dan pelaporan biaya atau harga pokok suatu produk
  • Untuk memperincikan harga atau biaya pokok produk pada setiap unsurnya.
  • Untuk memberikan informasi dasar untuk membuat perencanaan biaya dan beban.
  • Untuk memberikan informasi biaya bagi manajemen untuk dipakai dalam pengendalian manajemen
  • Untuk memberikan data setiap proses penyusunan anggaran.

Tujuan Akuntansi Biaya

Adapun beberapa tujuan akuntansi biaya, diantaranya:

  • Penentuan Harga Pokok Penjualan (HPP) yakni mencatat, menggolongkan dan meringkas suatu biaya dalam pembuatan produk.
  • Menyediakan informasi biaya untuk kepentingan manajemen sebagai ukuran efisiensi
  • Alat Perencanaan, akuntasnsi biaya sebagai alat perencanaan bisnis pasti berkaitan dengan penghasilan dan biaya. Perencanaan biaya tersebut tidak akan mempersulit dalam pengendalian biaya.
  • Pengambilan Keputusan Khusus, salah satu tujuan untuk sebagai alat manajemen dalam mengawasi dan merekam sebuah transaksi biaya secara sistematis dan menyediakan informasi biaya dalam metode laporan biaya.
  • Memperkenalkan Berbagai Metode, Untuk memperkenalkan berbagai macam cara dalam Akuntansi biaya dapat disesuaikan dengan kepentingan yang dibutuhkan dengan hasil yanbg paling efisien dan efektif.

Demikian artikel pembahasan tentang”10 Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli, Fungsi Dan Tujuan Akuntansi Biaya Lengkap“, semoga bermanfaat.