Pengertian Manajemen Kelas, Tujuan, Sifat dan Prinsip Manajemen Kelas Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Manajemen Kelas, Tujuan, Sifat dan Prinsip Manajemen Kelas Menurut Para Ahli Lengkap – Manajemen Kelas adalag segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif, menyenangkan dan dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan. Atau dengan kata lain, Manajemen kelas adalah pengelaloaan kelas yang dilakukan oleh guru.

Pengertian Manajemen Kelas Menurut Para Ahli

Ahmad Sulaiman (1995)

Menurut Ahmad Sulaiman, Manajemen Kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif yang menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan.

Suharsimi Arikunto (1988)

Menurut Suharsimi Arikunto, Manajemen Kelas adalah usaha yang dilakukan guru untuk membantu menciptakan kondisi belajar yang optimal.

Loading...

Lois V. Jhonson dan Mary Bany (1970)

Menurut Lois V. Jhonson dan Mary Bany, Manajemen Kelas adalah proses seleksi menggunakan alat tertentu terhadap problem dan situasi.

Suhardian dkk (2009:106)

Menurut Suhardian dkk, Manajemen Kelas adalah egala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan serta bisa memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan. Atau bisa dikatakan bahwa manajemen kelas merupakan usaha sadar untuk mengatur aktivitas proses belajar mengajar secara sistematis.

Sulistitirini (2006:66)

Menurut Sulistitirini, Manajemen Kelas adalah proses atau usaha yang dilakukan oleh seorang guru secara sistematis untuk menciptakan dan mewujudkan kondisi kelas yang dinamis dan kondusif dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Arikunto (1992:67)

Menurut Arikunto, Manajemen Kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar atau yang membantu dengan maksud agar dicapainya kondisi yang optimal, sehingga bisa terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan.

Djamarah (2000:173)

Menurut Djamarah, Manajemen Kelas adalah suatu upaya memberdayagunakan potensi kelas yang ada seoptimal mungkin untuk mendukung proses iteraksi edukatif mencapai tujuan pembelajaran.

Nawawi (1982:115)

Menurut Nawawi, Manajemen Kelas adalah kemampuan guru atau wali kelas dalam mendaya gunakan potensi kelas dalam bentuk pemberupan kesempatan yang seluas-luasnya kepada setiap personal untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan terarah, sehingga waktu dan dana yang tersedia bisa dimanfaatkan secara efisien untuk melakukan kegiatan-kegiatan kelas yang berhubungan dengan kurikulum dan perkembangan murid.

Tujuan Manajemen Kelas

Secara umum, tujuan manajeman kelas atau pengolaan kelas yaitu untuk menyediakan fasilitas untuk berbagai aktivitas belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional dan intelektual.

Menurut Suharsimi Arikunto (2004), tujuan manajemen kelas yaitu :

  • Mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar, yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
  • Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi pembelajaran.
  • Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan siaoal, emosional dan intelek siswa dalam belajar.
  • Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang sosial,ekonomi,budaya,serta sifat-sifat individunya.

Sifat-Sifat Manajemen Kelas

Adapun sifat manajeman kelas yaitu otoritatif, permisif, behavioral modification, sosio-emosional, dan sosial.

a. Otoritatif, artinya penerapan manajemen kelas ini beroientasi pada kedisiplinan peserta didik dan bertujuan agar menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana belajar yang kondusif.

b. Permisif, artinya penerapan manajeman kelas ini bertujuan memaksimalkan perwujudan kebebasan peserta didik.

c. Behavioral Modification, artinya penerapan manajemen kelas ini berfokus pada penanaman akhlak terpuji dan budi pekerti luhur peserta didik.

d. Sosio-emosional, artinya penerapan manajemen kelas ini berprinsip dasar pada kegiatan belajar akan berkembang secara maksimal dengan hubungan antara guru dan peserta didik terjalin dengan baik.

e. Sosial, artinya penerapan manajemen kelas ini berdasarkan anggapan bahwa kelas merupakan sistem sosial dengan proses kelompok sebagai intinya.

Prinsip Manajemen Kelas

Menurut Muhaimin (2002:137-144), ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan sebagai syarat membuat model pembelajaran yang efektif, diantaranya seperti:

a. Prinsip Kesiapan (Readyness)
Kesiapan belajar merupakan kematangan dan pertumbuhan fisik, psikis, intelegensi, latar belakang pengalaman, hasil belajar yang paten, motivasi, presepsi dan faktor lain yang menjadikan mungkin seseorang dapat belajar.

b. Prinsip Motivasi (Motivation)
Adanya motivasi pada peserta didik, maka mereka akan menunjukan bersungguh-sungguh menunjukan minat, perhatian dan rasa ingin tahu yang tinggi dalam aktivitas belajar.

c. Prinsip Perhatian
Perhatian merupakan suatu strategi kognitif yang meliputi 4 keterampilan seperti berorientasi pada masalah, meninjau isi masalah, memusatkan diri pada aspek yang relevan danga mengesampingkan stimuli yang tidak relevan.

d. Prinsip Persepsi
Prinsip yang perlu diperhatikan dalam prinsip ini yaitu:

  • Semakin baik persepsi tentang suatu hal maka peserta didik mudah belajar mengingat sesuatu itu
  • Dalam pembelajaran harus menghindari persepsi yang salah karena hal ini akan menimbulkan pengertian yang salah pada peserta didik mengenai apa yang dipelajari.
  • Dalam pembelajaran harus diusahakan berbagai sumber belajar yang bisa mendekati benda nyata sehingga peserta didik mendapatkan persepsi yang sangat akurat.

e. Persepsi Retensi
Dengan retensi maka apa yang sudah dipelajari dapat bertahan dan tertinggal lebih lama di struktur kognitif dan dapat diingat kembali jika diperlukan.

f. Prinsip Transfer
Dalam pembelajaran tranfer merupakan proses dimana sesuatu yang pernah dipelajari dapat berpengaruh dalam proses mempelajari hal yang baru.

Demikian artikel tentang”Pengertian Manajemen Kelas, Tujuan, Sifat dan Prinsip Manajemen Kelas Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat.