Pengertian Solidaritas, Jenis, Manfaat, Tujuan dan Faktor Yang Mempengaruhi Solidaritas Terlengkap

Posted on

Pengertian Solidaritas, Jenis, Manfaat, Tujuan dan Faktor Yang Mempengaruhi Solidaritas  Serta Contoh Solidaritas Terlengkap – Secara etimologis, Solidaritas adalah kesetiakawanan atau kekompakan. Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI), Solidaritas berasal dari kata Solider yang berarti mempunyai atau memperlihatkan perasaan bersatu.

Sedangkan menurut Wikipedia, pengertian solidaritas adalah integrasi, tingkat dan jenis integrasi, ditunjukkan oleh masyarakat atau kelompok dengan orang dan tetangga mereka.

Solidaritas adalah membangun rasa kebersamaan, rasa kesatuan kepentingan, rasa simpati,  sebagai salah satu anggota dari kelas sama atau dapatdiartikan perasaan atau ungkapan dalam kelompok yang dibentuk oleh kepentingan bersama.

Loading...

Jenis Solidaritas

Secara umum, solidaritas dibagi menjadi 2 yaitu: solidaritas mekanik dan solidaritas organik.

Solidaritas Mekanik

Solidaritas Mekanik adalah solidaritas yang muncul pada masyarakat yang masih sederhana dan diikat oleh kesadaran kolektif serta belum mengenal adanya pembagian kerja diantara anggota kelompok.

Ciri-ciri solidaritas mekanik yaitu merujuk pada ikatan sosial yang dibangun atas dasar kebersamaan, kepercayaan dan adat bersama. Solidaritas ini disebut dengan solidaritas mekanik karena orang yang hidup dalam unit keluarga, suku maupun kota bisa berdiri sendiri dan memenuhi kebutuham hidup mereka tanpa bergantung pada kelompok lain. Solidaritas seperti ini terjadi dalam masyarakat pedesaan.

Solidaritas Organik

Solidaritas Organik adalah solidaritas yang mengikat masyarakat yang sudah kompleks dan  sudah mengenal pembagian kerja yang teratur sehingga disatukan karena adanya sifat saling ketergantungan antar anggota.

Ciri-ciri solidaritas organik yaitu menguraikan tatanan soaial berdasarkan perbedaan individual antar rakyat. Solidaritas seperti ini terjadi di masyarakat perkotaan.

Pentingnya Membangun Rasa Solidaritas

Manusia merupakan makhluk sosial yang berarti tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan dari orang lain. Manusia akan hidup berkelompok dalam masyarakat baik itu dalam kelompok kecil maupun kelompok besar dan tidak akan hidup sendirian.

Rasa solidaritas atau kebersamaan ini akan muncul dengan sendirinya saat manusia satu dengan yang lain memiliki kesamaan dalam beberapa hal. Dengan adanya solidaritas maka kita dapat bersatu dan mewujudkan sesuatu bersama-sama.

Manfaat Solidaritas

Manfaat dari adanya rasa solidaritas yaitu akan ada rasa saling tolong menolong antar sesama dan adanya rasa peduli terkadap kawan.

Banyaknya manfaat yang bisa kita ambil dari adanya rasa solidaritas dan kepedulian terhadap sesama berarti menunjukan pentingnya rasa solidaritas dalam kehidupan manusia dimana rasa solidaritas dalam kehidupan sehari-hari bisa menjaga tali persaudaraan terhadap sesama,teman ataupun keluarga. Jadi, sudah seharusnya kita menumbuhkan rasa solidaritas dalam diri dan menjaganya agar tidak hilang dan tentunya kita dapat memanfaatkan dengan benar rasa solidaritas tersebut.

Tujuan Solidaritas

Adapun pokok tujuan atau prinsip solidaritas yaitu:

  • Terjaganya rasa persaudaraan dan pertemanan terhadap sesama
  • Munculnya rasa keperdulian terhadap sesama baik teman, keluarga atau orang lain
  • Lebih peka terhadap lingkungan sekitar
  • Terjalinnya kekompakan terhadap teman

Faktor yang Mempengaruhi Solidaritas

Ada 2 faktor yang mempengaruhi solidaritas yaitu:

Faktor lingkungan
Lingkungan sekitar bisa mempengaruhi adanya rasa solidaritas seperti bagaimana cara bergaul dan berteman di dalam lingkungan

Faktor keluarga
Pendidikan yang di berikan dalam keluarga sejak kecil bisa memberikan dampak positif setelah dewasa jadi pendidikan yang di berikan bagi anak-anak sangat berguna bagi perkembangannya di kehidupan yang akan datang.

Contoh Penerapan Solidaritas Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Salah satu contoh penerapan rasa solidaritas dalam kehidupan sehari-hari yaitu gotong royong. Contoh tindakan solidaritas melalui gotong royong diantaranya:

  • Kerja bakti lingkungan
  • Kerja kelompok menyelesaikan tugas
  • Keikutsertaan dalam acara kedaerahan ditempat tinggalnya

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Solidaritas, Jenis, Manfaat, Tujuan dan Faktor Yang Mempengaruhi Solidaritas Terlengkap.  Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.