21 Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

21 Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli Terlengkap – Arsitektur merupakan seni yang dilakukan setiap individu untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. Arsitektur sendiri berasal dari kata Archi yang berarti kepa dan Techton yang berarti tukang. Secara umum, deasin arsitektur adalah seni yang dilakukan individu atau kelompok untuk merancang sebuah bangunan yang dihasilkan dari ide dan imajinasi mereka. Bapak arsitektur dunia yaitu Marcus Pollio Vitrovius, ia terkenal dengan De Architecture.

Selain pengertian diatas, ada pula pengertian arsitektur menurut para ahli. Berikut selengkapnya:

Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli

Marcus Pollio Vitrovius

Menurut Marcus Pollio Vitrovius, pengertian arsitektur adalah:

Loading...
  • Arsitektur adalah sebuah kekuatan/kekokohan (virmitas), keindahan/estetika (venustas), dan kegunaan/fungsi (utilitas).
  • Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya serta dilengkapi dengan proses belajar.

Banhart CL Dan Jass Stein

Menurut Banhart CL Dan Jass Stein, Arsitektur adalah seni dalam menegakkan bangunan, dimana di dalam seni tersebut terdapat segi perencanaan, konstruksi, dan solusi dekorasinya. Selain itu, sifat atau format bangunan, proses membangun, bangunan dan kelompok lainnya adalah segi-segi lain yang juga ada di dalam arsitektur.

Van Romondt

Menurut Van Romondt, Arsitektur adalah ruang lokasi hidup yang tempat manusia dengan bahagia. Ruang sendiri merujuk pada seluruh ruang yang terjadi karena diciptakan oleh manusia ataupun ruang yang terjadi dengan sendirinya atau alami, seperti gua, pohon, dan lain sebagainya.

Robert Gutman

Menurut Robert Gutman, Arsitektur adalah suatu lingkungan produksi yang tidak hanya menjembatani manusia dan lingkungan, tetapi juga sebagai wahana ekspresi kultural untuk mengatur kehidupan jasmaniah, psikologis.

 Claudil

Menurut Claudil, Arsitektur adalah hasil persepsi dan penghargaan manusia terhadap ruang dan bentuk.

 Y.B. Mangunwijaya (1988:348)

Menurut Y.B. Mangunwijaya, Arsitektur adalah vastuvidya atau wastuwidya yang berarti ilmu bangunan. Wastuwudya mencakup ilmu tata bumi, tata gedung, dan tata kemudian lintas (dhara, harsya, dan kana). Mangunwijaya juga menafsirkan arsitektur sebagai penciptaan suasana, perkawinan guna dan citra. Arsitektur tidak dilihat dari kemewahan bahan, teknologi, dan harganya. Sebab, dari bahan-bahan sederhana pun bisa memberikan cerminan refleksi keindahan yang puitis dari suatu arsitektur dan jauh lebih bersih dari godaan maupun kepongahan.

Henry Maclaine Pont

Menurut Henry Maclaine Pont, Arsitektur adalah bagian dari pekerjaan manusia dalam membuat suatu guna bagi supaya keluar dan juga untuk menundukkan alam.

Djauhari Sumintardja

Menurut Djauhari Sumintardja, Arsitektur adalah karya manusia dan bermanfaat pula bagi manusia itu sendiri. Manfaat tersebut terdiri dari manfaat untuk badan dan manfaat untuk jiwa. Manfaat arsitetur untuk badan adalah memberi perlindungaan diri bagi badan. Sementara itu, manfaat arsitektur untuk jiwa adalah memberikan ketenangan, kesejukan, kenyamanan, dan sebagainya.

Augeste Perret

Menurut Augeste Perret, Arsitektur adalah seni untuk mengorganisasikan ruang.

Cornelis Van de Ven

Menurut Cornelis Van de Ven, Arsitektur adalah proses penciptaan ruang yang diciptakan dengan cara yang benar dan direncanakan serta dipikirkan. Pembaharuan dalam arsitektur yang terus menerus terjadi adalah karena faktor konsep-konsep ruang yang juga terus berkembang.

Benjamin Handler

Menurut Benjamin Handler, Arsitek adalah seorang seniman struktur yang menggunakan struktur secara estetis berdasarkan prinsip-prinsip struktur itu sendiri.

Brinckmann

Menurut Brinckmann, Arsitektur adalah kesatuan antara bentuk dan ruang; penciptaan ruang dan bentuk.

Boukundige Encyclopedia

Menurut Boukundige Encyclopedia, Arsitektur adalah kegiatan mendirikan bangunan dari segi keindahan. Sementara itu, kegiatan mendirikan bangunan dari segi konstruksi disebut sebagai ilmu bangunan.

Sir Henry Wotton

Menurut Sir Henry Wotton, sebuah arsitektur bangunan harus mempunyai 3 kondisi berikut: komoditas, kokoh, dan menyenangkan.

W. Grofius

Menurut W. Grofius, Arsitektur adalah suatu ekspresi yang paling tinggi di dalam alam pikiran seseorang yang mengandung unsur semangat, kemanusiaan, kesetiaan, dan keyakinan.

James Steele

Menurut James Steele, Arsitektur yang paling dibutuhkan adalah arsitektur yang berkelanjutan (sustainable architecture) dan tidak membahayakan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Renzo Piano

Menurut Renzo Piano, gaya arsitektur dibentuk untuk menjadi merek dagang, maka hal itu secara tidak langsung akan menjadi sangkar yang mengekang dan membunuh para arsitek serta kebebasan mereka untuk berkembang.

Vitruvius

Menurut Vitruvius, Arsitektur adalah bangunan yang baik harus memiliki tiga aspek yaitu keindahan/estetika (Venustas), kekuatan (Firmitas), dan kegunaan/fungsi (Utilitas)

 JB. Mangunwijaya (1992)

Menurut JB. Mangunwijaya, Arsitektur adalah astuvidya (wastuwidya) yang berarti ilmu bangunan. Dalam pengertian wastu terhitung pula tata bumi, tata gedung, tata lalu lintas (dhara, harsya, yana).

Amos Rappoport (1981)

Menurut Amos Rappoport, Arsitektur adalah ruang tempat hidup manusia, yang lebih dari sekedar fisik, tapi juga menyangkut pranata-pranata budaya dasar. Pranata ini meliputi: tata atur kehidupan sosial dan budaya masyarkat, yang diwadahi dan sekaligus memperngaruhi arsitektur.

Francis DK Ching (1979)

Menurut Francis DK Ching, Arsitektur membentuk suatu tautan yang mempersatukan ruang, bentuk, teknik dan fungsi.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 21 Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli Terlengkap , semoga  bermanfaat