Pengertian Arsitektur, Fungsi, Teori dan Contoh Bangunan Arsitektur Terlengkap

Posted on

Pengertian Arsitektur, Fungsi, Teori dan Contoh Bangunan Seni Arsitektur Terlengkap – Arsitektur merupakan seni yang dilakukan setiap individu untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. Arsitektur sendiri berasal dari kata Archi yang berarti kepa dan Techton yang berarti tukang. Secara umum, deasin arsitektur adalah seni yang dilakukan individuatau kelompok untuk merancang sebuah bangunan yang dihasilkan dari ide dan imajinasi mereka. Bapak arsitektur dunia yaitu Marcus Pollio Vitrovius, ia terkenal dengan De Architecture.

Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli

Marcus Pollio Vitrovius

Menurut Marcus Pollio Vitrovius, pengertian arsitektur adalah:

  • Arsitektur adalah sebuah kekuatan/kekokohan (virmitas), keindahan/estetika (venustas), dan kegunaan/fungsi (utilitas).
  • Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya serta dilengkapi dengan proses belajar.

Banhart CL Dan Jass Stein

Menurut Banhart CL Dan Jass Stein, Arsitektur adalah seni dalam menegakkan bangunan, dimana di dalam seni tersebut terdapat segi perencanaan, konstruksi, dan solusi dekorasinya. Selain itu, sifat atau format bangunan, proses membangun, bangunan dan kelompok lainnya adalah segi-segi lain yang juga ada di dalam arsitektur.

Loading...

Van Romondt

Menurut Van Romondt, Arsitektur adalah ruang lokasi hidup yang tempat manusia dengan bahagia. Ruang sendiri merujuk pada seluruh ruang yang terjadi karena diciptakan oleh manusia ataupun ruang yang terjadi dengan sendirinya atau alami, seperti gua, pohon, dan lain sebagainya.

Robert Gutman

Menurut Robert Gutman, Arsitektur adalah suatu lingkungan produksi yang tidak hanya menjembatani manusia dan lingkungan, tetapi juga sebagai wahana ekspresi kultural untuk mengatur kehidupan jasmaniah, psikologis.

Francis DK Ching

Menurut Francis DK Ching, Arsitektur adalah kegiatan menyusun suatu tautan yang mempersatukan ruang, bentuk, kiat, dan fungsi.

Claudil

Menurut Claudil, Arsitektur adalah hasil persepsi dan penghargaan manusia terhadap ruang dan bentuk.

Fungsi Arsitektur

Adapun fungsi arsitektur yaitu:

a. Artistik Form (Fungsi Bentuk Artistik)
Ini berarti arsitektur dianggap sebagai bentukan seni. Sehingga arsitektur yang fungsional, diartikan sebagai suatu bentukan yang artistik dan memi­liki nilai-nilai keindahan.

b. Container (Fungsi Perwadahan)
Ini berarti bentukan arsitektur yang fungsional, secara fisik adalah suatu yang mampu mewadahi suatu kegiatan atau aktivitas tertentu, sehingga penikmat dapat merasa aman dan nyaman.

c. Climatic Modifier (Fungsi Modifikasi/Kontrol Iklim)
Ini berarti menunjuk bahwa bentukan arsitektur yang fungsional itu diartikan sebagai bangunan yang mampu mengantisipasi, mengontrol dan beradaptasi dengan lingkungan fisiknya, dalam hal ini adalah aspek iklim yang berlaku disekitarnya.

d. Environmental Filter (Fungsi Filter Lingkungan)
Ini berarti bangunan/arsitektur berfungsi sebagai media filterisasi lingkungan. Bukan hanya lingkungan bersifat fisik, namun juga berupa lingkungan sosial.

e. Behaviour Modifier (Fungsi Pembentuk Perilaku)
Ini berarti setiap olahan dalam suatu bentukan arsitektur pada gilirannya akan mampu memodifikasi, membentuk bahkan memanipulasi tingkah laku seseorang yang secara aktif berinteraksi dengan bentukan arsitektur tersebut.

f. Capital Investment (Fungsi Investasi Modal)
Ini berarti arsitektur juga memiliki semacam tujuan untuk memperoleh manfaat atau nilai tambah tertentu atau keuntungan. Investasi yang dimaksud yaitu sebagai suatu upaya pemanfaatan sumber daya, baik modal uang, alat dan tenaga untuk menghasilkan keuntungan tertentu. Ada 2 jenis keuntungan, yaitu:

  • Keuntungan Profit
  • Keuntungan Benefit

Teori Arsirektur

Berikut beberapa teori mengenai arsitektur, yaitu:

a. Theory in Architecture (what architecture is)
Teori arsitektur yang umumnya mengamati aspek formal, tektonik, structural, representasional dan prinsip estetika yang melandasi gubahan arsitektur. Teori yang tergolong dalam kelompok ini cend-rung bersifat superficial, deskriptif dan persepektif.

b. Theory of Architecture (how best to design!)
Teori ini berusaha menjelaskan bagaimana para arsitek mengembangkan prinsip dan meng gunakan pengetahuan, teknik dan gambar dalam proses desain dan produksi bangunan.

Yang dimaksudkan disini bukan prinsip umum yang memandu desain, namun bagaimana dan mengapa arsitek mendesain, menggunakan media serta mengapa pada arsitek dapat terjadi keaneka keragaman historis maupun budaya.

c. Theory about Architecture (the achievement of Architecture)
Teori ini bertujuan untuk menjelaskan makna dan pengaruh arsitek, mendudukan arsitek dalam konteks sosial-budayanya, memberikan bagaimana arsitek bekerja sebagai produser budaya, atau memahami bagaimana arsitek digunakan dan diterima oleh masyarakat.

Contoh Seni Arsitektur di Indonesia

Berikut beberapa bangunan arsitektur di Indonesia:

Candi Prambanan

Candi Borobudur

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Arsitektur, Fungsi, Teori dan Contoh Bangunan Arsitektur Terlengkap , semoga  bermanfaat