Pengertian Kesehatan Menurut Ahli dan Jenis Jenis Kesehatan Secara Umum

Posted on

Mengetahui Pengertian Kesehatan Menurut Pendapat Para Ahli dan Jenis Jenis Kesehatan Secara Umum

Dengan diberi nikmat kesehatan maka segala aktivitas akan terasa mudah untuk dilakukan. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Karena jika kesehatan dalam tubuh terganggu maka dapat membuat segala aktivitas yang dilakukan menjadi tidak nyaman. Lalu apa sebenarnya pengertian dari kesehatan?

Banyak yang berfikir bahwa kesehatan merupakan keadaan atau kondisi tubuh manusia yang tidak lemah, semangat dan tidak merasakan rasa sakit didalam tubunya. Untuk mengkaji lebih dalam mengenai pengertian dari kesehatan, berikut ini merupakan pendapat beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai definisi kesehatan.

Pengertian Menurut Ahli

Loading...

Kesehatan Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) (1947)
Kesehatan merupakan keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan. Sedangkan dalam Piagam Ottawa dikatakan bahwa kesehatan merupakan sumber daya bagi kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup. Kesehatan ialah konsep positif yang menekankan pada sumber daya pribadi,sosial dan kemampuan fisik.

Kesehatan Menurut Undang-Undang No 23 Tahun 1992
Kesehatan merupakan keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Kesehatan Menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI) (1983)
Dalam musyawarah Nasional Ulama pada tahun 1983 Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebutkan bahwa kesehatan merupakan ketahanan jasmani, rohani, dan sosial yang dimiliki oleh manusia sebagai karunia dari Allah yang wajib disyukuri dengan cara mengamalkansegala ajaranNya.

Kesehatan Menurut Perkins (1938)
Kesehatan merupakan suatu keadaan yang seimbang dan dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh juga berbagai faktor yang mempengaruhinya.

Kesehatan Menurut Paune (1983)
Kesehatan merupakan fungsi yang efektis dari sumber-sumber perawatan diri yang menjamin sebuah tindakan untuk perawatan diri. Kesehatan merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukannya untuk mendapatkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi psikososial & spiritual.

Kesehatan Menurut Neuman (1982)
Kesehatan merupakan suatu keseimbangan biopsiko, sosio, kultural dan spiritual pada tiga garis pertahanan yang fleksibel. normal dan resisten.

Kesehatan Menurut White (1977)
Kesehatan merupakan keadaan dimana seseorang pada waktu diperiksa tidak memiliki keluhan apapun atau tidak ada tanda-tanda kelainan atau penyakit.

Kesehatan merupakan istilah yang berasal dari kata sehat yang memiliki arti terbebas dari segala gangguan atau penyakit baik dari penyakit fisik maupun psikis. Jika diartikan dari kata dasarnya, kesehatan memiliki arti sebagai kondisi atau keadaan yang menggambarkan tubuh yang terbebas dari segala penyakit atau gangguan fisik atau psikis.

Jenis Kesehatan Secara Umum

Secara umum, kesehatan dibagi menjadi dua bagian, yaitu kesehatan tubuh dan kesehatan mental. Berikut penjelasannya.

1. Kesehatan Tubuh

Kesehatan tubuh merupakan kesehatan yang dilihat dari kondisi fisik tubuh seseorang. Kesehatan tubuh berkaitan erat dengan masalah-masalah fisik seperti terbebas dari luka atau jenis penyakit yang tampak dari luar maupun dari dalam.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, manusia perlu melakukan dua hal dalam hidupnya, yaitu menjaga pola makan yang sehat dan melakukan olahraga. Dengan menjaga pola makan yang sehat maka tubuh akan terhindal dari berbagai macam penyakit sedangkan dengan melakukan olahraga kan membuat tubuh menjadi jauh lebih sehat dan kuat.

2. Kesehatan Mental

Kesehatan mental merupakan kesehatan yang terlihat dari kondisi jiwa maupun kondisi mental seseorang. Kesehatan mental berkaitan dengan masalah stress dan masalah-masalah terkait pikiran lainnya.

Orang dengan memiliki mental yang sehat cenderung memiliki emosi yang stabil, keseimbangan jiwa, dan tidak terlalu banyak memikirkan permasalahan. Untuk mendapatkan kestabilan dan keseimabangan emosi dalam tubuhnya, manusia membutuhkan tubuh yang sehat dan hati yang bersih dari sifat iri, dengki, sirik, dendam dan berbagai macam sifat buruk lainnya.

Penjelasan diatas merupakan penjelasan mengenai Pengertian Kesehatan Menurut Ahli dan Jenis Jenis Kesehatan Secara Umum .  Semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi para pembaca. Baca artikel lainnya.