13 Pengertian Program Komputer Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian dan Definisi Program Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap

Secara umum, program merupakan kumpulan intruksi atau kode bahasa yang hanya dimengerti oleh komputer. Intruksi tersebut berfungsi untuk mengatur pekerjaan yang akan dilakukan oleh komputer untuk mendapatkan hasil atau output dengan maksud memudahkan untuk penggunanya. Karena tujuan ditulisnya sebuah program adalah untuk memudahkan dalma suatu proses untuk menghasilkan output yang diinginkan oleh pembuat program yang penggunanya. Orang yang membuat program disebut dengan pemograman atau programmer.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang definisi dan penjelasan lengkap mengenai program, berikut ini merupakan pendapat para ahli tentang pengertian program.

Pengertian Menurut Ahli

1. Binanto (2009:1)
Menurut Binanto, pemograman dapat diartikan dalam beberapa hal, sebagai berikut:

Loading...
  • Mendeskripsikan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut sebagai Souce Code yang dibuat oleh programmer.
  • Mendeskripsikan suatu keseluruhan bagian dari software yang executable.
  • Program merupakan himpunan atau kumpulan instruksi tertulis yang dibuat oleh programmer atau suatu bagian executable dari suatu software.
  • Pemrograman berarti membuat program komputer.
  • Pemrograman merupakan suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu. Perintah-perintah ini membutuhkan suatu bahasa tersendiri yang dapat dimengerti oleh komputer.

2. Yulikuspartono (2009:29)
Menurut Yulikuspartono, Program merupakan sederetan instruksi atau statement dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer yang bersangkutan.

3. Sugiyono (2005:21)
Menurut Sugiyono, program merupakan suatu rangkaian instruksi-instruksi dalam bahasa komputer yang disusun secara logis dan sistematis.

4. Sukrisno
Menurut Sukrisno, program merupakan kata, ekspresi atau pernyataan yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakn bahasa pemograman sehingga dapat diekeskusi oleh komputer.

5. Sunarto, S.KOM
Menurut Sunarto, program adalah sekumpulan instruksi yang iwujudkan dalam bentuk bahasa, kode skema, ataupun bentuk lain, yang apabila diganbungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencaPai hasil khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut.

6. Sindhunata
Menurut Sindhunata, program adalah kelompok pernyataan yang persis dan berurutan yang gunanya untuk memberi tahu komputer bagaimana melaksanakan sesuatu pekerjaan.

7. Janner Simarmata
Menurut Janner, program merupakan aplikasi yang dibuat dengan menggunakna bahasa program tertentu dan telah terinstal di dalam komputer.

8. Amikom Yogyakarta
Menurutnya, program merupakan kumpulan instruksi komputer, sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program adalah algoritma.

9. Ema Utami
Menurut Ema Utami, program merupakan bahasa pemograman

10. Agoeng Widyatmoko
Menurut Agoeng, program merupakan program aplikasi hasil pemecahan masalah yang dibuat dalam bentuk program komputer.

11. Anwar Harjono
Menurut Anwar, program merupakan urutan instruksi untuk menjalankan suatu komputasi.

12. Saifuddin Anshari
Menurut Saifuddin Anshari program merupakan daftra terinci mengenai acara dan usaha yang akan di laksanakan.

13. Wiryanto Dewobroto
Menurut Wiryanto Dewobroto, program merupakan hasil penyusunan detai lengkah-langkah solusi (Algoritma) maslah tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa Program adalah instruski yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu, tanpa adanya program komputer tidak akan dapat di gunakan. Karena itulah program merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah komputer.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Program Menurut Para Ahli  semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.