Pengertian Manajemen Pemasaran : Tujuan, Fungsi, Tugas, Unsur dan Konsep Manajemen Pemasaran

Posted on

Manajemen Pemasaran – Apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran? Apa itu manajemen pemasaran? Apa tujuan manajemen pemasaran? Apa saja tugas manajemen pemasaran? Bagaimana konsep manajemen pemasaran?

Baca Juga : Riset Pemasaran

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli, fungsi, tujuan, tugas, unsur dan konsep manajemen pemasaran secara lengkap.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah sebuah proses yang digunakan perusahaan atau orang yang melakukan usaha dalam mengenalkan produk/jasa yang akan dipasarkan dan untuk mempertahankan keberlangsungan perusahaan dan untuk memperoleh keuntungan/laba.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

American Marketing Association

Manajemen pemasaran adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi pemasaran total, termasuk tujuan perumusan tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran dan strategi pemasaran, yang ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang dapat memenuhi tujuan individu maupun organisasi.

Kotler (1980)

Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Dharmmesta & Handoko (1982)

Manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.

Swastha (1995:5)

Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan perusahaan.

Boyd, Walker, Larreche (1998)

A strategic approach with a global orientation, Manajemen Pemasaran adalah suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi serta pengendalian program pemasaran yang meliputi dari kebijakan produk, harga, promosi, serta distribusi dari produk, jasa, dan ide yang dapat ditawarkan untuk menciptakan serta meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

Philip Kotler & Amstrong (2002:14)

Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.

Baca Juga : Strategi Pemasaran

Buchari Alma (2004:130)

Manajemen pemasaran yakni merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.

Sofyan Assauri (2004)

Manajemen pemasaran adalah kegiatan menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan semua kegiatan yang terkait dengan perancangan dan peluncuran produk, pengkomunikasian, promosi dan pendistribusian produk tersebut, rnenetapkan harga dan mentransaksikannya, dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumennya dan sekaligus dapat mencapai suatu tujuan organisasi perusahaan jangka panjang.

Lupiyo Adi (2006:6)

Manajemen pemasaran adalah suatu analisis, perencana, pelaksanaan serta kontrol program yang telah direncanakan dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan terhadap konsumen yang dituju untuk memperoleh keuntungan pribadi maupun bersama.

Philip William J. Shultz

Manajemen pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dari perusahaan.

John W. Mullins

Manajemen pemasaran adalah proses menganalisis, menerapkan, mengkoordinasikan dan mengendalikan program yang melibatkan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi produk, jasa dan ide yang dirancang untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar untuk tujuan mencapai tujuan organisasi.

Peter R. Dickson

Manajemen pemasaran ialah banyak dan variate kegiatan organisasi yang terlibat dalam memahami apa yang konsumen inginkan dan bagaimana mereka berperilaku.

Winardi

Manajemen pemasaran iyalah proses pengambilan keputusan, perencanaan, pengawasan aspek pemasaran sesuatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran, di dalam suatu sistem pemasaran.

William J. Stanton

Manajemen pemasaran merupakan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju, dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

Baca Juga : Motif Ekonomi

Tujuan Manajemen Pemasaran

Tujuan manajemen pemasaran, antara lain:

  • Untuk memperoleh laba atau keuntungan.
  • Untuk memperoleh konsumen atau pelanggan.
  • Untuk meningkatkan pelanggan atau konsumen.
  • Untuk mengenalkan produk atau jasa yang dijalani.
  • Untuk bersaing dengan perusahaan lain.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Fungsi atau manajemen pemasaran, diantaranya yaitu:

  • Untuk melakukan distribusi.
  • Untuk meriset konsumen.
  • Untuk menetapkan harga.
  • Untuk mengembangkan produk.
  • Untuk memberikan layanan (service) pada pelanggan.

Tugas Manajemen Pemasaran

Tugas dari manajemen pemasaran, diantaranya yaitu:

  • Mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen.
  • Mengembangkan konsep produk atau barang untuk kebutuhan dan kepuasan konsumen/pasar.
  • Membuat desain produk dan mengembangkan pembungkusan maupun merk.
  • Mengatur distribusi dan memeriksa penjualan.
  • Menciptakan komunikasi pemasaran efektif dan efisien.
  • Mengatur harga untuk mendapatkan Return on Investment yang layak.

Unsur Manajemen Pemasaran

Berikut ini unsur-unsur manajemen pemasaran, antara lain:

Orientasi Pada Konsumen atau Pembeli

Umumnya, produsen menghasilkan produk dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Konsumen merupakan orientasi utama dalam strategi bisnis. Proses marketing dalam bisnis tentu mendahulukan konsumen dalam konsep pemasaran sebagai perioritas utama.

Perencanaan Kegiatan Pemasaran Secara Menyeluruh

Kegiatan pemasaran harus disusun secara menyeluruh dari berbagai kebutuhan agar mempermudah proses pelaksanaan dan pengawasan.

Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen menjadi perhatian utama dalam menyusun strategi pemasaran. Tolak ukur kepuasan konsumen tidak hanya dari kualitas produk yang dihasilkan, tapi juga dari bagaimana cara ataupun strategi pemasaran yang dijalankan.

Konsep Manajemen Pemasaran

Falsafah konsep pemasaran bertujuan memberi kepuasan pada keinginan dan kebutuhan konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan memenuhi tujuan tersebut.

Menurut Stanton (1978), konsep pemasaran adalah suatu falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Elemen penting dalam konsep pemasaran, antara lain:

  • Market oriented berorientasi pada keinginan Konsumen.
  • Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu.
  • Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen.

Baca Juga : Sumber Daya Ekonomi

Pada hakikatnya, konsep manajemen mencakup berbagai upaya dan strategi yang dijalankan manajemen agar tingkat kepuasan konsumen tercapai.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli, fungsi, tujuan, tugas, unsur dan konsep manajemen pemasaran secara lengkap. Semoga bermanfaat