13 Pengertian Lingkungan Hidup secara Umum dan Menurut Penjelasan Para Ahli Lengkap

Posted on

Pembahasan Lengkap tentang Pengertian Lingkungan Hidup secara Umum dan Menurut Penjelasan Para Ahli

Lingkungan hidup merupakan lingkungan yang berada dekat disekitar ruang lingkup kehidupan manusia, hingga dapat dikatakan bahwa lingkungan hidup tidak dapat terpisah dari manusia. Sedangkan dalam arti ekologi, lingkungan hidup tidak mengenal batas wilayah negara maupun wilayah administratif, namun jika dikaitkan dengan pengelolaanya,maka luas lingkungan hidup harus jelas batas wilayahnya.

Lingkungan hidup terdiri dari sistem lingkungan sosial (Sociosystem), lingkungan buatan (Technosystem) dan lingkungan alam (Ecosystem),ketiga sistem ini saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Karena ketahanan dari masing masing sistem tersebut akan meningkatkan kondisi seimbang dan ketahanan lingkungan hidup, kondisi ini akan memberikan jaminan suatu yang berkelanjutan yang pada akhirnya akan membeikan peningkatan kualitas hidup setiap makhluk hidup didalamnya.

Lingkungan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu biotik dan abiotik. Lingkungan biotik adalah lingkungan yang hidup, seperti tanah, pohon, manusia. sedangkan lingkungan abiotik adalah lingkungan yang mencakup benda-benda yang tidak hidup seperti rumah, gedung, dan lainnya.

Loading...

Dari penjelasan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian lingkungan hidup secara umum adalah kesatuan ruang yang terdiri dari makhluk hidup dan komponen lain yang ada didalamnya, termasuk manusia dan beserta perilakunya. Lingkungan hidup pula tidak hanya terbatas pada lingkungan fisik, melainkan meliputi ekosistem, perilaku sosial dan budaya. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian Lingkungan Hidup. Simak ulasan dibawah ini tentang definisi lingkungan hidup menurut para ahli.

Pengertian Menurut Ahli

1. UU NO.32 Tahun 2009
Berdasarkan UU No. 32 Tahun 2009 tentang Pelindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Lingkungan hidup diartikan sebagai kesatuan ruang yang meliputi seluruh benda, daya, dan keadaan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang memengaruhi lingkungan hidup, kelangsungan kehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk lainnya.

2. Bintarto
Menurut Bintarto, lingkungan hidup merupakan keseluruhan komponen yang berada disekitar tempat hidup kita, baik yang hidup maupun non-hidup yang dapat memengaruhi atau dipengaruhi tindakan kita.

3. Sambas Wirakusumah
Menurut Sambas Wirakusumah, Lingkungan hidup merupakan keseluruhan aspek eksternal biologis tempat organisme hidup dan ilmu-ilmu lingkungan menjadi studi aspek lingkungan organisme tersebut.

4. Munajat Danusaputra
Menurut Munajat Danusaputra, Lingkungan hidup memiliki arti seluruh benda dan kondisi di dalamnya, termasuk manusia dan perilakunya yang memengaruhi kehidupan makhluk hidup lain di sekitarnya.

5. Emil Salim
Lingkungan hidup merupakan keseluruhan benda, keadaan, pengaruh, dan kondisi yang terdapat dalam ruang yang kita tempati dan memengaruhi kehidupan manusia.

6. Soedjono
Menurut Soedjono , mengartikan lingkungan hidup sebagai Lingkungan hidup jasmani atau fisik yang meliputi dan mencakup segala unsur dan faktor fisik jasmaniah yang berada didalam alam.

7. Otto Soemarwoto
Menurut Otto Soemarwoto, lingkungan hidup merupakan semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang kita tempati dan mempengaruhi kehidupan kita.

8. Sri Hayati
Menurut Sri Hayati, lingkungan hidup sebagai satu kesatuan ruang dengan semua benda juga keadaan makhluk hidup.

9. Nursid Sumaatmadja (2003)
Menurutnya, Lingkungan atau lingkungan hidup adalah segala apa saja (benda, kondisi, situasi) yang ada di sekeliling makhluk hidup yang berpengaruh terhadap kehidupan (sifat, pertumbuhan, persebaran)makhluk hidup yang bersangkutan.

10. Gatot Soemartono
Menurutnya, lingkungan hidup adalah ruang dimana baik makhluk hidup maupun tak hidup berada dalam satu kesatuan, dan saling berinteraksi baik secara fisik maupun nonfisik, sehingga mempengaruhi kelangsungan kehidupan makhluk hidup tersebut, khususnya manusia.

11. Siahaan, N. H. T.2004
Menurutnya, Lingkungan hidup adalah Semua benda, daya dan kondisi yang terdapat dalam suatu tempat atau ruang tempat manusia atau makhluk hidup berada dan dapat mempengaruhi hidupnya.

 Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Lingkungan Hidup secara Umum dan Menurut Penjelasan Para Ahli.  Semoga bermanfaat, untuk mengetahui informasi seputar ilmu pengetahuan lainnya.