Pengertian Audit Manajemen, Ruang Lingkup, Tujuan, Manfaat dan Tahapan Audit Manajemen Lengkap

Posted on

Pengertian Audit Manajemen, Ruang Lingkup, Tujuan, Manfaat dan Tahapan Audit Manajemen Lengkap – Audit Manajemen (Management Audit) adalah pengevaluasian terhadap efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan. Pengertian lain audit manajemen adalah tindakan evaluasi semua kegiatan departemen perusahaan dengan maksud untuk memberikan saran yang tepat pada manajemen. Dengan kata lain, audit manajemen adalah tugas yang berorientasi pada masa depan dengan mengevaluasi semua tingkatan manajemen usaha secara tepat waktuseperti manajemen produksi.

Pengertian Audit Manajemen Menurut Para Ahli

Alexander Hamilton Institute (1986:1)

Menurut Alexander Hamilton Institute, Audit manajemen adalah suatu teknik yang meliputi berbagai bidang yang luas tentang prosedur, metode penilaian, kelayakan dan pendekatan. Pemeriksaan manajemen dirancang untuk menganalisis, menilai, meninjau ulang dan menimbang hasil kerja perusahaan dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan atau pedoman yang ditentukan oleh perusahaan. Tujuan dari pemeriksaan manjemen adalah untuk mengevaluasi efisiensi dan efektifitas perusahaan.

Arens dan Loebbecke (2003:12)

Menurut Arens dan Loebbecke, Audit manajemen adalah evaluasi terhadap seluruh prosedur dan metode organisasi perusahaan, dalam tujuan untuk mengevaluasi tingkat efisiensi dan efektivitas perusahaan.

Loading...

Carmichael dan John Wilingham

Menurut Carmichael dan John Wilingham, Manajemen audit adalah suatu penelaahan sistematis terhadap aktivitas suatu organisasi tertentu dalam hubungannya dengan tujuan-tujuan tertentu dengan maksud untuk menilai kegiatan, mengidentifikasi berbagai kesempatan untuk perbaikan, mengembangkan rekomendasi bagi perbaikan atau tindakan lebih lanjut.

Ruang Lingkup Audit Manajemen

Ruang lingkup audit manajemen meliputi seluruh aspek kegiatan audit manajemen tersebut. Ruang lingkup ini dapat berupa seluruh kegiatan atau dapat juga hanya mencakup bagian tertentu dari program atau aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan.

Tujuan Audit Manajemen

Adapun tujuan audit manajemen yaitu untuk mengidentifikasi program, kegiatan dan aktivitas yang masih membutuhkan perbaikan, sehingga dengan rekomendasi yang diberikan nantinya bisa dicapai perbaikan atas pengelolaan berbagai program dan aktivitas perusahaan.

Selain tujuan tersebut, audit manajemen tersebut memiliki tujuan lain yaitu:

a. Penilaian atas pengendalian

Tujuan ini berhubungan dengan pengendalian administrasi suatu perusahaan yang bertujuan untuk menentukan apakah pengendalian yang ada sudah memadai dan terbukti efektif dalam mencapai tujuan yang suidah ditetapkan perusahaan.

b. Penilaian atas pelaksanaan

Auditor mengumpulkan informasi untuk menentukan apakah kegiatan perusahaan sudah berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

c. Memberikan bantuan pada manajemen

Sebagai auditor untuk membantu manajemen, auditor harus memahami prinsip manajemen yang diterapkan dan fungsi manajemen seperti planning, organizing, staffing, leading, dan controlling terlebih dahulu.

Manfaat Audit Manajemen

Adapun manfaat audit manejemen yaitu

a. Mengevaluasi tujuan, kebijakan, sasaran, peraturan, prosedur dari struktur organisasi yang belum ditentukan sebelumnya.
b. Mengevaluasi kriteria pengukuran pencapaian tujuan organissasi dan penilaian prestasi manajemen.
c. Secara independen dan objektif menilai prestasi individual dan kegiatan unit organisasi tertentu.
d. Menilai efektivitas, efisiensi, serta kehematan sistem perencanaan dan pengendalian manajemen.
f. Menemukan atau mengidentifikasi masalah organisasi yang muncul dan apabila mungkin menentukan penyebabnya.
g. Menilai reliabilitas dan manfaat berbagai laporan pengendalian manajemen.

Tahapan Audit Manajemen

Adapun tahapan dalam audit manajemen yaitu:

a. Definisi ruang lingkup proyek
Tahap ini merupakan tahap pengenalan dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman mengenai latar belakang kegiatan yang diperiksa. Hal tersebut akan membantu auditor lebih mudah mengidentifikasi masalah yang muncul, menemukan penyebabnya dan melakukan tindakan perbaikan.

b. Rencana, persiapan dan organisasi
Pada tahap ini dilakukan pemeriksaan manajemen dengan meneliti dan menelusuri ruang lingkup setiap sumber dokumentasi, kemudian dianalisa dan selanjutnya diperbarui.

c. Pengumpulan fakta dan pembaharuan dokumen
Pengumpulan data pemberitahuan yang berhubungan dengan ruang lingkup proyek yang dimaksud. Data tersebut didapatkan dari surat menyurat dan untuk informasi yang non formal bisa didapatkan secara langsung dari para karyawan melalui wawancara.

d. Riset dan analisis
Pada tahap ini pemeriksa mengumpulkan semua data dan bukti empiris yang sangat penting untuk mendukung kesimpulan. Selanjutnya penelitian akan diubah sesuai dengan tujuan perencanaan dan mengevaluasi keadaan ruang lingkup tertentu.

e. Laporan
Hasil pengujian dan pemeriksaan yang dijelaskan dilaksanakan, lalu tahap akhir dibuat laporan hasil audit secara menyeluruh yang merupakan kesimpulan dari pemeriksaan yang dilakukan.

Demikian artikel tentang”Pengertian Audit Manajemen, Ruang Lingkup, Tujuan, Manfaat dan Tahapan Audit Manajemen Lengkap“, semoga bermanfaat.