Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsi Manajemen Organisasi Terlengkap

Posted on

Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsi Manajemen Organisasi Terlengkap – Manajemen Organisasi berasal dari dua kata yaitu manajemen dan organisasi. Manajemen adalah proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sesuatu. Sedangkan organisasi adalah kumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama, bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Dengan kata lain, pengertian manajemen organisasi adalah proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya dalam suatu organisasi atau entitas dengan tujuan keseluruhan mencapai tujuan. Manajemen organisasi ini merupakan proses lanjutan setelah proses penentuan strategi untuk mencapai visi dan misi organisasi.

Tujuan Manajemen Organisasi

Tujuan manajemen organisasi yaitu untuk memberikan rasa aman dan kesatuan bagi para karyawan, sehingga dalam kinerjanya bisa lebih efektif terutama saat melakukan koordinasi ke berbagai departemen.

Loading...

Fungsi Manajemen Organisasi

Berdasarkan alurnya, fungsi utama manajemen organisasi yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepegawaian (staffing), pengarah (lead), kontrol (control), manajemen waktu (time management) dan motivasi (motivation).

Perencanaan (Planning)

Manajemen organisasi berfungsi untuk merencanakan bisnis yang efektif. Hal tersebut sangat penting untuk menentukan langkah agar terhindar dari kebingungan di kemudian hari.

Hal terkait dengan perencanaan meliputi rencana kerja atau kegiatan serta anggaran yang dibutuhkan. Teknis perencanaan dapat ditentukan melalui rapat kepengurusan atau rapat anggaran.

Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian mengacu pada kebijakan penggunaan sumber daya agar dalam prakteknya bisa tersusun dengan baik sehingga tidak terjadi kerancuan terutama dalam koordinasi. Sebagai contoh, job description yang jelas sesuai dengan posisi atau pengelolaan arsip dan inventaris organisasi seperti surat atau lainnya.

Kepegawaian (Staffing)

Suatu manajemen organisasi yang buruk dapat menyebabkan karyawan tidak bahagia yang berakibat pada penciptaan masalah bagi diri sendiri maupun organisasi. Untuk itu, manajer harus dapat merekrut bakat yang tepat bagi organisasi.

Pengarahan (Lead)

Salah satu fungsi manajer atau pemimpin dalam organisasi yaitu menetapkan target yang jelas bagi anggota tim. Tujuannya agar setiap kegiatan anggota dapat terarah. Seorang pemimpin harus memastikan timnya bekerja serempak guna maencapai tujuan yang sama.

Kontrol (Control)

Atasan sebagai pemegang kuasa pengambilan keputusan, maka harus bisa menyadari apa yang terjadi di sekitarnya. Bila tidak maka ia tidak akan bisa mengambil kontrol dalam organisasi.

Tingkatan kekuasaan, harus didefinisikan dengan baik agar dapat menjalankan manajemen yang efektif. Selain itu, manajer harus meninjau kinerja dan kemajuan setiap anggota dan membimbing mereka setiap kali dibutuhkan.

Manajemen Waktu (Time Management)

Dengan adanya manajemen waktu yang efektif dalam sebuah organisasi, tentu bisa membantu karyawan melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat.

Motivasi (Motivation)

Manajemen organisasi juga berfungsi sebagai motivasi. Motivasi tersebut dalam artian menjadikan karyawan mampu bekerja sama.

Salah satu bentuk motivasi yang dapat dilakukan yaitu dengan menghargai pekerjaan yang baik dari karyawan dengan memberikan insentif. Dengan begitu karyawan akan lebih giat dan semakin nyaman dalam organisasi.

Demikian artikel tentang”Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsi Manajemen Organisasi Terlengkap“, semoga bermanfaat.