Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional (UN) dengan Sukses

Posted on

Inilah Beberapa Tips yang dapat Kalian Lakukan Ketika Akan Menghadapi Ujian Nasional

Semua pelajar pasti akan merasa cemas jika sudah mendekati masa ujian nasional. Karena ujian merupakan proses yang menentukan berhasil atau tidaknya kita selama belajar. Meskipun sejak tahun 2015 Ujian Nasional atau UN bukan lagi menjadi penentu kelulusan, namun tetap saja rasa cemas masih kerap melanda para siswa untuk menghadapi UN.

Sebai pelajar ketika mendekati Ujian Nasional sudah pasti akan merasa bingung dalam menentukan pola belajar, membagi waktu belajar antara disekolah, dirumah atau mengikuti bimbel di luar. Dengan kebingungan yang dirasakan tersebut akan membuat siswa tidak merasa percaya diri dengan kemampuan yang ia miliki ketika menghadapi Ujian Nasional.

Untuk mengurangi rasa cemas tersebut, kali ini PelajaranSekolahOnline akan memberikan beberapa tips jitu yang bisa dilakukan oleh para pelajar ketika akan melakukan Ujian Nasional. Simak tips dibawah ini

Loading...

Cara Sukses Menghadapi Ujian Nasional

1. Tanamkan dalam hati kalian, bahwa kalian adalah juara
Pada dasarnya, bedanya juara dan tidak juaranya terletak pada pola pikir yang dimiliki. Sebuah tindakan terwujud karena adanya pola pikir. Sebagai perumpamaan, orang dapat sukses karena tindakan yang ia lakukan, tindakan tersebut berawal dari pola pikir yang sukses. Kesimpulannya, kunci dari sukses adalah tanamkan dalam diri kalian pola pikir sukses untuk mendapatkan hasil yang sukses

2. Hilangkan segala yang menghambat untuk berhasil
Kebanyakan masalah yang menjadikan anak malas untuk beljar adalah emosi negatif. Anak menjadi tidak termotivasi saat disuruh untuk beljar. Namun ketika menjelanh ujian, mereka merasa takut, cemas, khawatir dan merasa stress. Hal tersebut yang menghambat mereka untuk berhasil menghadapi UN. Untuk itu cara yang paling efektif adalah dengan menghilangkan segala bentuk rasa takut, cemas dan berbagai macam emosi negatif yang ada.

3. Percayakan pada diri kalian kalau kalian bisa
Kunci sukses ketika meneghadapi Ujian Nasional selanjutnya adalah Percaya diri.

4. Jaga kesehatan
Ketika sudah mendekati ujian, jangan lupa tetap jaga kesehatan kalian. Jaga pola makan dan berolahraga secara teratur agar kondisi badan menjadi lebig bugar dan kalian lebih semangat belajar.

5. Simak dan perhatikan program belajar disekolah dengan baik
Ketika akan mendekati Ujian, sekolah pasti akan memberikan progam latihan ujian seperti latihan mengerjakan soal, try out, bimbingan dan lainnya. Sebaikan manfaatkanlah kesempatan tersebut semaksimal mungkin. Dengan begitu, kalian akan merasa terbiasa mengerjakan soal sebelum menghasapi ujian Nasional.

6. Perbanyak sumber belajar
Sebenarnya, dari tahun ketahun ujian Nasional sama saja, soal juga tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya, jadi perbanyaklah mengerjakan soal latihan ujian dari beberapa sumber.

7. Melakukan belajar kelompok
Kalian pasti akan merasa bosan jika belajar sendiri, kalian dapat melakukan belajar kelompok untuk bertukar pikiran dan membuat pikiran menjadi lebih santai. Namun tetap fokus dengan tujuan utama yaitu belajar.

8. Atur waktu belajar
Biasanya ketika sudah mendekati ujian nasional, kebanyakan siswa terlalu memaksakan dirinya untuk belajar secara terus menerus tanpa memperhatikan waktu belajarnya dengan baik. Padahal cara tersebut akan membuat diri anda menjadi stress dan lelah, untuk itu aturlah waktu belajar anda dengan baik. Cari waktu yang pas untuk dapat dengan baik menyerap materi yang sedang dipelajari, jangan memaksakan belajar secara kelelahan karena malah akan berakibat materi tidak terserap dengan baik.

9. Minta Restu kepada Orang Tua
Supaya ujian yang akan kalian hadapi ebrjalan dengan lancar,jangan lupakan doa dari orang tua. Mintalan restu dan doa kepada orangtua kalian agar ujian yang akan dihadapi berjalan dengan lancar dan mendapat hasil yang maksimal.

10. Banyaklah Beribadah dan Berdoa
Selain meminta restu kepa orangtua, jangan lupakan diri anda. Perbanyaklah berdoa kepada Tuhan. Karena Dia-lah penentu dari segala usaha yang dilakukan oleh manusia. Karena usaha yang dilakukan tanpa berdoa tidak akan berhasil dan anda termasuk orang yang sombong.

Itulah beberapa Tips yang bisa kalian lakukan ketika akan menghadapi Ujian Nasional. Semoga bermanfaat