Pengertian Pembangunan Berkelanjutan, Ciri, Tujuan, Prinsip dan Contoh Pembangunan Berkelanjutan Terlengkap

Posted on

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan, Ciri, Tujuan, Prinsip dan Contoh Pembangunan Berkelanjutan Terlengkap – Pembangunan Berkelanjutan atau sustainable development adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan yang sekarang tanpa harus mengurangi kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan generasi yang akan datang.

Menurut laporan Brundtland dari PBB (1987), Pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan baik lahan, kota, bisnis, masyarakat dan lain sebagainya yang berprinsip memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan kebutuhan generasi masa depan.

Proses pembangunan berkelanjutan ini mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam, sumber daya manusia dan iptek. Dengan menserasikan ketiga komponen tersebut sehingga dapat berkesinambungan.

Loading...

Pembangunan berkesinambungan atau pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia melalui pemanfaatan sumber daya alam dengan bijak, efisien dan memperhatikan pemanfaatannya baik untuk generasi sekarang maupun generasi masa depan.

Ciri-Ciri Pembangunan Berkelanjutan

Adapun ciri-ciri dari pembangunan berkelanjutan ini, diantaranya seperti:

a. Memberikan kemungkinan kelangsungan hidup dengan melestarikan fungsi dan kemampuan ekosistem yang mendukung baik secara langsung maupun tidak langsung.

b. Memanfaatkan sumber daya alam dengan menggunakan teknologi yang tidak merusak lingkungan.

c. Memberikan kesempatan kepada berbagai sektor dan kegitan lain untuk berkembang bersama di tiap daerah baik dalam kurun waktu yang sama maupun berbeda secara berkesinambungan.

d. Melestarikan dan meningkatkan kemampuan dan fungsi ekosistem untuk memasok, melindungi dan mendukung sumber daya alam secara berkesinambungan.

e. Menggunakan prosedur dan cara yang memeperhatikan kelestarian fungsi dan kemampuan ekosistem guna mendukung kehiidupan baik untuk masa sekarang maupun masa depan.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Adapun tujuan adanya pembangunan berkesinambungan, yaitu:

  • Mengatasi segala bentuk kemiskinan di semua tempat(baik desa, kota dan lain sebagainya)
  • Memastikan pendidikan yang layak, berkualitas dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang
  • Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan
  • Mengakhiri kelaparan dengan menggalakan pertanian berkelanjutan, mencapai ketahanan pangan dan perbaikan nutrisi.
  • Menjamin akses air dan sanitasi bagi semua orang
  • Menggalakan hidup sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua umur
  • Memastikan akses energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan dan modern
  • Mengurangi kesenjangan baik dalam dan antar negara
  • Membangun infrastruktur yang kuar, mempromosikan industrial berkelanjutan dan mendorong inovasi.
  • Mempromosikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan inklusif serta lapangna pekerjaan yang layak bagi semua orang.
  • Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan
  • Menjadikan perkotaan inklusif, aaman, kuat dan berkelanjutan
  • Mengambil langkah penting untuk melawan perubahan iklim beserta dampaknya
  • Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.
  • Melindungi dan menggunakan samudra, laut dan sumber daya kelautan secara berkelanjutan
  • Menghidupkan kemitraan global kembali guna pembangunan berkelanjutan
  • Mendorong masyarakat yang adil, damai dan inklusif.
  • Mengelola hutan secara berkelanjutan, melawan perubahan lahan menjadi gurun, menghentikan dan merehabilitasi kerusakan lahan, serta menghentikan kepunahan keanekaragaman hayati.

Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Adapun prinsip pembangunan berkelanjutan yaitu:

a. Equity (Pemerataan)
Pemerataan merupakan tujuan utama pembangunan berkelanjutan. Pemerataan ini dianggap dapat meminimalisir disparitas ekonomi dan sosial serya kesempatan yang sama bagi masyarakat.

b. Ekonomi
Pendekatan pembangunan aspek ekonomi dalam pembangunan berkelanjutan menitikberatkan pada peningkatan keahliaan pekerja agar dapat meningkatkan daya saing dalam mendapatkan pekerjaan yang layak, Mendorong kerja sama ekonomi strategis dan peningkatan peforma infrastruktur dasar seperti perumahan, air, jalan dan lain sebagainya hingga infrastruktur informasi.

c. Energi
Penerapan penghematan energi merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan. Contoh penerapannya yaitu mengoptimalkan pembangunan bangunan dengan pencahayaan alami sebanyak mungkin dan lain sebagainya.

d. Ekologi
Prinsip pelestarian ekologi dalam poembangunan berkelanjutan diterapkan melalui penggunaan lahan campuran semaksimal mungkin, memperhatikan keberadaan ruang terbuka hijau, sistem tranportasi dan pembangunan saling terintegrasi dan membatasi pemekaran kota secara berlebihan.

e. Engagement (Peran Serta)
Pembangunan berkelanjutan ini dapat dilakukan melalui peningkatan dan pengoptimalan peran serta masyarakat didalamnya.

Sedangkan, Menurut UNCED dalam KTT Pembangunan Berkelanjutan tahun 2002 di Johannesburg Afrika Selatan, prinsip pembangunan berkelanjutan yaitu:

a. Keadilan antar generasi
Ini berarti setiap generasi di dunia memiliki hak untuk menerima dan menempati bumi bukan dalan kondisi yang buruk akibat generasi sebelumnya.

b. Keadilan dalam satu generasi
Ini membahas mengenai keadilan dalam suatu generasi dimana beban permasalahan lingkungan harus ditanggung bersama.

c. Prinsip pencegahan dini
Ini berarti bahwa jika terjadi ancaman yang berarti yang menyebabkan kerusakan lingkungan yang tidak bisa dipulihkan maka ketiadaan temuan atau pembuktian ilmiah yang konklusif dan pasti tidak bisa dijadikan alasan untuk menunda upaya untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan.

d. Perlindungan keanekaragaman hayati
ini merupakan prasyarat dari hasil implementasi keadilan antar generasi. Perlindungan keanekaragaman hayati berarti juga mencegah kepunahan keanekagaraman hayati tersebut.

e. Internalisasi biaya lingkungan

Contoh Pembangunan Berkelanjutan

Dalam pembangunan terdapat 3 sektor yang menjadi tiang utama pembangunan yaitu sektor ekonomi, sosial dan lingkungan. Ketiga sektor tersebut saling berkaitan, jika semakin sukses pembangunan pada sektor ekonomi maka sektor lain juga akan mengalami hal yang serupa. Namun tidak menutup kemungkinan peningkatan sektor ekonomi justru akan merusak sektor lingkungan yang akhirnya akan memicu kegagalan pembangunan. Untuk itu, pemanfaatan lingkungan secara bijak dan menjaganya harus diprioritaskan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Pembangunan Berkelanjutan, Ciri, Tujuan, Prinsip dan Contoh Pembangunan Berkelanjutan Terlengkap“, semoga bermanfaat.