Pengertian Kapasitor, Fungsi dan Jenis-Jenis Kapasitor Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Pengertian Kapasitor, Satuan, Fungsi dan Jenis-Jenis Kapasitor Beserta Penjelasannya LengkapKondensator atau Kapasitor (Capasitor= C) adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi dalam medan listrik dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kapasitor memiliki satuan Farad (F). Namun, karena Farad satuan yang sangan besar maka digunakan:

PikoFarad (pF) = 1 x 10-2 F
NanoFarad (nF) = 1 x 10-9 F
MicroFarad (μF) = 1 x 10-6 F

1 Farad = 1.000.000µF (mikro Farad)
1µF = 1.000nF (nano Farad)
1µF = 1.000.000pF (piko Farad)
1nF = 1.000pF (piko Farad)

Fungsi Kapasitor

Berikut penyimpan arus atau tegangan listrik

  • Sebagai konduktor yang dapat melewatkan arus Ac atau Alternating Current
  • Sebagai isolator yang dapat menghambat arus DC atau Direct Current
  • Sebagai filter atau penyaring dalam rangkaian power supply
  • Sebagai pembangkit frekuensi dalam rangkaian osilator
  • Sebagai pengdeser fasa
  • Sebagai pemilih gelombang frekuensi
  • Sebagai kopling

Jenis-Jenis Kapasitor

Berdasarkan kegunaannya kapasitor dibagi menjadi 3 yaitu:

  • kapasitor tetap (nilai kapasitasnya tetap tidak dapat diubah) seperti kapasitor keramik, kertas, polyester.
  • kapasitor elektrolit atau Elco
  • kapasitor variable (nilai kapasitasnya dapat diubah-ubah) seperti kapasitor variabel dan trimer.

Terdapat beberapa jenis kapasitor, diantaranya kapasitas elektrolit, kapasitor kertas, kapasitor mika, kapsitor keramik, kapasitor polyster, kapasitor tantalum, valco atau variabel condensator dan Trimmer.

Kapasitor Keramik

Kapasitor keramik adalah kapasitor yang isolatornya terbuat dari keramik dan memiliki bentuk bulat tipis atau persegi berwarna merah, hijau, cokelat dan lain sebagainya . Kapasitor ini tidak memiliki arah atau polaritas, jadi kapasitor ini dapat dipasang bolak-balik dalam ragkaian elektronika. Umumnya, nilai kapasitor keramik yaitu sekitar 1pF hingga 0,01 μF.

Kapasitor Polyester

Kapasitor polyester adalah kapasitor yang isolatornya terbuat dari polyester dengan bentuk persegi berwarna merah, coklat, hijau dan lain sebagainya. Kapasitor jenis ini dapat dipasang terbalik daloam rangkaian elektronika karena tidak memiliki polaritas arah.

Kapasitor Kertas

Kapasitor kertas adalah kapasitor yang isolatornya terbuat dari kertas dan umumnya nilai kapasitor ini yaitu sekitar 300pF hingga 4 μF. Kapasitor ini dapat dipasang bolak-balik dalam rangkaian elektonik karena tidak memiliki polaritas arah.

Kapasitor Mika

Kapasitor mika adalah kapasitor yang bahan isolatornya terbuat dari bahan mika. Nilai kapasitor mika yaitu sekitar 50 pF hingga 0,02 μF. Kapasitor ini tidak memiliki polaritas arah sehingga dapat dipasang bolak-balik dalam rangkaian elektronik.

Kapasitor Elektrolit

Kapasitor Elektrolit atau Elco adalah kapasitor yang bahan isolatornya terbuat dari elekrolit (semacam minyak kimia dengan beberapa zat padat lainnya) dan memiliki bentuk tabung atau silinder. Elco ini termasuk dalam jenis kapasitor yang memiliki kapasitansi tinggi yaitu sekitar 02 μF hingga 20.000 μF bahkan lebih. Kapasitor ini memiliki polaritas arah sehingga apabila pemasangannya terbalik bisa meledak. Kapasitor elektrolit ini digunakan dihampir semua rangkaian elektronik seperti power supply, amplifier dan lain sebagainya.

Kapasitor Tantalum

Kapasitor jenis ini memiliki polaritas arah dan bahan isolatornya berasal dari elektrolit. Disebut dengan kapasitor tantalum, karena terminal anodanya terbuat dari bahan logam tantalum, kapasitor ini dapat beroperasi pada suhu yang tinggi dan memiliki kapasitansi yang tinggi, namun kapasitor ini dikemas dengan ukuran yang lebih kecil dan mungil. Kapaitor ini termasuk jenis kapasitor yang memiliki harga mahal. Umumnya kapasitor jenis ini digunakan pasa handphone dan laptop.

Valco

Valco atau Variable Condensator adalah jenis kapasitor yang terbuat dari logam yang berukuran lebih besar. Umumnya kapasitor jenis ini digunakan untuk memilih gelombang frekuensi pada rangkaian radio. Nilai kapasitansi kapasitor ini yaiu sekitar 100 pF hingga 500 pF.

Trimer

Trimmer adalah jenis kapasitor variable yang memiliki bentuk lebih kecil sehingga membutuhkan alat untuk bisa memutar poros pengaturannya. Dalam rangkaian elektronika, trimmer berfungsi untuk menempatkan pemilihan gelombang frekuensi. Nilai kapasitansi trimmer maksimal hanya sampai 100 pF.

Demikian penjelasan tentang”Pengertian Kapasitor, Fungsi dan Jenis-Jenis Kapasitor Beserta Penjelasannya Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.