Pengertian Peradaban, Ciri-Ciri dan Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban Lengkap

Posted on

Pengertian Peradaban, Ciri-Ciri dan Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban Lengkap – Secara umum, pengertian peradaban adalah bagian dari kebudayaan yang tinggi, halus, indah, dan maju. Peradaban adalah kumpulan suatu identitas terluas dari seluruh hasil budidaya manusia, yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia baik fisik seperti bangunan, jalan maupun non fisik seperti nilai-nilai, tatanan, seni budaya ataupun iptek, yang teridentifikasi melalui unsur obyektif umum, seperti bahasa, sejarah, agama, kebiasaan, institusi, maupun melalui identifikasi diri yang subjektif.

Istilah peradaban sering digunakan untuk bisa menunjukan pendapat dan penilaian pada perkembangan kebudayaan yang mana pada saat perkembangan kebudayaan tersebut mencapai titik tertinggi yang berwujud unsur budaya yang halus, tinggi, indah, sopan, luhur dan sebagainya, maka masyarakat pemilik kebudayaan tersebut dikatakan telah memiliki peradaban yang tinggi.

Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli

KBBI

Peradaban menurut KBBi yaitu kemajuan (kecerdasan, kebudayaan) lahir batin atau hal yang menyangkut sopan santun, budi bahasa, dan kebudayaan suatu bangsa.

Albion Small

Peradaban menurut Albion Small yaitu kemampuan manusia didalam mengendalikan dorongan dasar kemanusiaannya untuk dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Sementara itu, kebudayaan mengacu pada kemampuan manusia dalam mengendalikan alam dengan melalui ilmu pengetahuan serta teknologi. Menurutnya, peradaban berhubungan dengan adanya perbaikan yang bersifat kualitatif serta menyangkut kondisi batin manusia, sedangkan kebudayaan mengacu pada sesuatu yang bersifat material, faktual, relefan, serta konkret.

Bierens De Hann

Peradaban menurut Bierens De Hann yaitu keseluruhan kehidupan sosial,ekonomi,politik dan juga teknik. Jadi, peradaban tersebut memiliki kegunaan praktis dalam hubungan kemasyarakatan.

Arnold Toynbee

Peradaban menurut Arnold Toynbee yaitu suatu kebudayaan yang sudah mencapai taraf perkembangan teknologi yang lebih tinggi. Selkain itu, di juga menyatakan bahwa peradaban adalah kumpulan seluruh hasil budi daya manusia, yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia, baik fisik seperti bangunan, jalan) ataupun non-fisik (seperti nilai, tatanan, seni budaya ataupun iptek).

Huntington

Peradaban menurut Huntington yaitu suatu identitas terluas dari budaya, yang teridentifikasi dengan melalui dalam unsur-unsur obyektif umum seperti bahasa, agama,sejarah, institusi,kebiasaan ataupun melalui identifikasi diri yang subyektif.

Oswald Spengler

Peradaban Menurut Oswald Spengler yaitu tingkat kebudayaan pada saat sudah mencapai taraf tinggi serta kompleks. Selain itu, ia mengemukakan pendapat lain bahwa peradapan adalah tingkat kebudayaan saat tidak lagi memiliki aspek produktif, beku dan mengkristal.

Alfred Weber

Peradaban menurut Alfred Weber mengacu pada pengetahuan prakti serta intelektual dan juga sekumpulan cara yang bersifat teknis yang difungsikan untuk mengendalikan alam.

Kebudayaan tersebut terdiri atas serangkaian nilai, prinsip, normatif, dan juga ide yang bersifat unik. Aspek peradaban tersebut lebih bersifat kumulatif dan lebih siap untuk disebar, lebih rentan terhadap suatu penilaian, serta lebih berkembang dibandingkan dengan aspek kebudayaan. Peradaban bersifat impersonal dan juga objektif, sedangkan kebudayaan tersebut bersifat personal, subjektif dan unik.

Ciri-Ciri Peradaban

Adapun ciri-ciri dari peradaban diantaranya:

  • Pembangunan kota-kota baru dengan tata ruang yang lebih baik, indah, serta modern
  • Sistem pemerintahan yang baik disebabkan karena adanya hukum dan peraturan.
  • Berkembangnya beragam ilmu pengetahuan dan juga teknologi yang lebih maju seperti astronomi, bentuk tulisan, arsitektur, ilmu ukur dan lain sebagainya.
  • Masyarakat dalam berbagai jenis pekerjaan, keahlian, serta juga strata sosial yang lebih kompleks.

Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban

Kebudayaan adalah sesuatu yang sedang menjadi (it becomes), sedangkan peradaban adalah sesuatu yang sudah selesai (it has been). Contoh peradaban adalah bangunan-bangunan monumental seperti Borobudur, Piramida, Tembok Besar Cina, san berbagai hal monumental lain. Sementara, contoh kebudayaan antara lain makanan dan minuman, pakaian, dan berbagai hal yang masih memiliki kecenderungan untuk terus berkembang.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang”Pengertian Peradaban, Ciri-Ciri dan Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban Lengkap“. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.