Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Unsur dan Bentuk Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Unsur dan Bentuk Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli Terlengkap – Secara umum, Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol atau sinyal.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Djoko Purwanto

Menurut Djoko Purwanto, Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal guna mencapai suatu tujuan tertentu.

William Albig

Menurut William Albig, Komunikasi Bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal maupun impersional melalui simbol atau sinyal.

Loading...

William C.Himstreet dan Wyne Murlin Baty

Menurut William C.Himstreet dan Wyne Murlin Baty, Proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang lazim baik itu dengan simbol, sinyal atau perilaku dan tindakan.

Cutris

Menurut Cutris, Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang terdapat dalam organisasi bisnis dalam pertunjukan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan.

Katz

Menurut Katz, Komunikasi Bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.

Philip Kolter

Menurut Philip Kolter, Komunikasi Bisnis adalah suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui peroses pertukaran.

Persing

Menurut Persing, Komunikasi Bisnis adalah proses penyampaian arti melalui lambang yang meliputi keseluruhan unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik dalam bentuk tulisan, lisan, atau non-verbal yang dilakukan di dalam suati organisasi untuk membayar orang guna memproduksi jasa dan barang dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan.

Rosenbalt

Menurut Rosenbalt, Komunikasi Bisnis adalah suatu tindakan pertukaran informasi, ide/opini, intruksi dsb, yang dikemukakan baik secara personal maupun non-personal melalui simbol dan tanda guna mencapai tujuan perusahaan.

Hunghess dan Kapoor

Menurut Hunghess dan Kapoor, Komunikasi Bisnis adalah suatu kegiatan atau usaha individu yang terorganisir untuk menghasilkan, menjual barang dan jasa dengan tujuan untuk mendapat keuntungan dan memahami kebutuhan masyarakat.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Menurut James J. Floyd , Jerry L. Winsor dan B Curtis, tujuan komunikasi bisnis yaitu:

a. Menyelesaikan Masalah dan Membuat Keputusan
Ini sangat tepat karena semakin tinggi seseorang dalam suatu bisnis maka orang tersebut akan bergantung pada keahlian orang lain dalam membuat keputusan dan memecahkan masalah untuk mencapai keberhasilan.

b. Mengevaluasi Perilaku
Penilaian atau evaluasi perlu dilakukan anggota organisasi untuk mengetahui dan mengoreksi hal apa saja yang akan dan telah dilakukan terhadap prestasi mereka. Penilain ini membutuhkan kepekaan dan keahlian komunikasi.

Sedangkan menurut Soeganda Priyatna, tujuan komunikasi bisnis yaitu untuk pemenuhan barang yang dibutuhkan masyarakat. Tujuan kegiatan bisnis yaitu untuk memperoleh laba. Penetapan tujuan bisni setiap organisasi berkaitan dengan sistem nilai masyarakat tempat organisasi atau lembaga bisnis tersebut beroperasi.

Fungsi Komunikasi Bisnis

Adapun fungsi komunikasi bisnis yaitu:

a. Memberi Informasi
Informasi sangat dibutuhkan pimpinan dan anggota organisasi guna menyelesaikan setiap tugas mereka. Informasi tersebut juga digunakan sebagai upaya organisasi untuk mencapai tujuan.

b. Pengendalian (Regulatory)
Komunikasi bisnis berfungsi sebagai pengatur dan pengendali organisasi. Komunikasi bisnis tersebut dapat berupa prosedur, perintah peraturan dan laporan.

c. Memberi Persuasif
Dengan komunikasi, maka akan lebih mudah untuk mengajak, mengikuti atau menjalankan ide/gagasan atau tugas. Persuasi yang diberikan pada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik. Hal ini sering dilakukan terutama saat berhubungan dengan penegasan konfirmasi pesanan pelanggan.

d. Integratif
Integratif berfungsi menjadikan organisasi atau perusahaan beroperasi secara utuh dan terpadu, termasuk didalamnya fungsi koordinasi dan penjadwalan aktivitas, penetapan saluran informasi dan otoritas, serta menarik dan melatih para karyawan.

Unsur Komunikasi Bisnis

Dalam suatu komunikasi bisnis terdapat 6 unsur utama, diantaranya seperti:

  • Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
  • Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak 2 (dua) orang atau lebih yaitu komunikator dan komunikan.
  • Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi dan kondisinya.
  • Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
  • Menggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
  • Pencapaian tujuan organisasi, salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Bentuk Komunikasi Bisnis

Menurut Djoko Purwanto, bentuk atau pola komunikasi apat dikelompokkan menjadi saluran komunikasi formal (formal communications channel) dan saluran komunikasi nonformal (informal communications channel).

a. Saluran Komunikasi Formal
Dalam struktur organisasi garis, fungsional atau matriks, ini berkaitan dengan proses penyampaian informasi dari manajer ke bawahan atau sebaliknya, pola transformasi informasinya bisa berbentuk dari atas ke bawah atau bawah keatas (top down atau downward communications), komunikasi dari bawah ke atas (bottom-up atau upward communications), komunikasi horizontal (horizontal communicatons), dan komunikasi diagonal (diagonal communications).

b. Saluran Komunikasi Informal
Orang yang berada dalam suatu jaringan komunikasi informal tidak memandang jenjang hirarki, pangkat atau kedudukan, komunikasi ini dapat dilakukan secara luas. Walaupun pembicaraan dalam komunikasi ini hanya bersifat umum. Contohnya seperti mengobrol humor dengan anak-anak, teman, keluarga atau juga membahas tentang situasi kerja pada organisasinya.

Demikian artikel tentang”Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Unsur dan Bentuk Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat.