Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli, Faktor Penyebab Dan Dampak Masalah Sosial Terlengkap

Posted on

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli, Ciri dan Karakteristik Masalah Sosial, Faktor Penyebab Dan Dampak Masalah Sosial Serta Cara Mengatasi Masalah Sosial Terlengkap – Masalah sosial adalah suatu kondisi yang lahir dari suatu masyarakat yang tidak ideal, atau dengan kata lain masalah sosial adalah ketidaksesuaian unsur-unsur masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan dari kelompok sosial. Untuk lebih jelasnya, Masalah Sosial adalah suatu kondisi yang dapat muncul dari keadaan masyarakat yang kurang atau tidak ideal, hal tersebut akan terus ada dalam kehidupan apabila masih terdapat kebutuhan masyarakat yang tidak terpenuhi.

Dalam masyarakat pasti terdapat berbagai jenis dan klasifikasi masalah sosial yang terjadi dengan berbagai faktor penyebab. Masalah sosial yang terjadi berdampak dalam masyarakat. Ciri-ciri masalah sosial antara lain:

  • Masalah yang terjadi mencerminkan atau terkait dengan kesadaran moral anggota masyarakat.
  • Keresahan umum menggambarkan telah terbentuk persamaan persepsi terhadap ancaman yang ditimbulkan dari suatu masalah.
  • Timbul kesadaran bahwa masalah tidak dapat diatasi sendiri namun harus bekerja sama.

Selain ciri-ciri, terdapat karakteristik masalah sosial, antara lain:

Loading...
  • Kondisi yang dirasakan banyak orang
  • Kondisi yang dinilai tidak menyenangkan
  • Kondisi yang menuntut perpecahan
  • Pemecahan masalah yang terjadi harus diselesaikan melalui aksi secara kolektif

Contoh masalah masalah sosial di Indonesia antara lain kemiskinan, pengengguran, masalah pendidikan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Jenssen, 1992
Menurutnya, Masalah Sosial adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya.

Arnold Rose
Menurutnya, masalah sosial dapat didefinisikan sebagai suatu situasi yag telah mempengaruhi sebagian besar masyarakat sehingga mereka percaya bahwa situasi itu adalah sebab dari kesulitan mereka. Situasi itu dapat diubah.

Raab dan Selznick
Menurut mereka, masalah sosial adalah masalah hubungan sosial yang menantang masyarakat itu sendiri atau menciptakan hambatan atas kepuasan banyak orang.

Richard dan Richard
Menurut mereka, Masalah sosial adalah pola perilaku dan konsisi yang tidak diinginkan dan tidak dapat diterima oleh sebagian besar anggota masyarakat.

Soerjono Soekanto
Menurutnya, masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur kebudayaan atau masyarakat yang dapat membehayakan kehiduapan kelompok sosial.

Martin S. Weinberg
Menurutnya, masalah sosial merupakan situasi yang dinyatakan sebagai keadaan yang bertentangan dengan nilai-nilai oleh warga masyarakat yang cukup penting, dimana masyarakat sepakat melakukan suatu tindakan guna mengubah situasi tersebut.

Bulmer dan Thompson
Menurut mereka, masalah sosial ialah suatu kondisi yang terjadi dimana dapat mengancam nilai-nilai didalam masyarakat sehingga berakibat pada sebagian besar dari anggota masyarakat.

Soetomo
Menurutnya, masalah sosial ialah suatu kondisi yang tidak diinginkan terjadi oleh sebagian besar dari warga masyarakat.

Lesli
Menurutnya, masalah sosial adalah suatu kondisi yang berpengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai suatu yang tidak diinginkan dan karenanya perlu tindakan untuk mengatasi atau memperbaikinya.

Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Sosial

Terdapat 4 jenis faktor yang menjadi penyebab terjadinya masalah sosial antara lain:

1. Faktor ekonomi
Masalah yang terjadi akibat faktor ekonomi antara lain seperti kemiskinan, pengangguran, dan lain sebagainya. Masalah sosial yang terjadi akibat faktor ekonomi biasanya yang bertanggung jawab ialah pemerintah.

2. Faktor Budaya
Kebudayaan yang semakin berkembang dalam masyarakat akan memiliki peran yang dapat menimbulkan suatu masalah sosial. Masalah sosial yang disebabkan oleh faktor budaya anatara lain perceraian, pernikahan usia dini dan masih banyak yang lainnya.

3. Faktor biologis
Masalah sosial yang terjadi karena faktor biologis antara lain kurang gizi, penyakit menular, dan lai sebagainya. Semua masalah sosial tersebut dapat terjadi akibat kurangnya fasilitas kesehatan yang memadai dan layak, kondisi ekonomi dan juga pendidikan masyarakat yang tidak terpenuhi.

4. Faktor Psikologis
Masalah sosial juga dapat terjadi akibat faktor psikologis masyarakat yang sangat lemah. Biasanya faktor psikologis muncul jika beban his=dup yang dirasakan masyarakat dirasa terlalu berat, pekerjaan yang menumpuk sehingga menimbulkan stres kemudian akan timbul luapan emosi yang akan berakibat pada konflik antar anggota masyarakat.

Dampak Tejadinya Masalah Sosial Di Masyarakat

Dampak adanya masalah sosial dalam masyarakat antara lain:

  • Terjadinya peningkatan tindakan kriminalitas dalam masyarakat
  • Terjadinya kesenjangan sosial antara orang kaya dan miskin
  • Terjadinya perpecahan kelompok
  • Terjadinya perilaku yang menyimpang
  • Terjadi peningkatan tingkat pengangguran

Cara Mengatasi Masalah Sosial

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah sosial yang terjadi di masyarakat, antara lain:

  • Dengan meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan
  • Dengan meningkatkan kesadaran sosial
  • Dengan meningkatkan pemerataan pembangunan
  • Dengan lebih banyak menyediakan lapangan pekerjaan
  • Dengan mensosialisasikan nilai dan juga norma sosial.
  • Dengan memberi sanksi sosial yang tegas terhadap pelanggar
  • dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli, Faktor Penyebab Dan Dampak Masalah Sosial Terlengkap Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.