13 Bagian Jantung dan Fungsinya dalam Organ Tubuh Manusia Penjelasan Terlengkap

Posted on

Penjelasan Terlengkap Tentang Bagian Bagian Jantung dan Fungsinya dalam Organ Tubuh Manusia

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia, karena jantung memiliki fungsi sebagai alat pemompa darah melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh. Jantung terdiri atas beberapa bagian diantaranya yaitu :

1. Atrium atau Serambi
Atrium merupakan bentuk jamak dari atria, Atrium sama artinya dengan serambi. Atrium terbagi menjadi 2 bagian yaitu atrium kanan atau serambi kanan dan juga atrium kiri atau serambi kiri. 2 bagian Atrium tersebut terdapat dalam 2 ruang teratas dari empat ruang utama pada jantung. Atrium kanan berfungsi untuk menerima darah yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh kemudian membawanya ke vertikel kanan. Atrium kiri berfungsi untuk menerima darah yang kaya akan oksigen dari paru-paru lalu membawanya ke vertikel kiri.

2. Ventrikel atau Bilik
Ventrikel atau Bilik terdapat dalam 2 ruang terbawah dari empat ruang yang ada pada jantung.Ventrikel berfungsi untuk menerima darah dari atrium kemudian membawanya ke luar jantung. Ventrikel atau Bilik terdiri dari 2 bagian yaitu Ventrikel kanan atau Bilik kanan dan Ventrikel kiri atau Bilik kiri. Ventrikel kanan berfungsi untuk menerima darah dari atrium kanan dan membawanya ke paru-paru, sedangkan Ventrikel kiri berfungsi untuk menerima darah dari atrium kiri dan membawanya ke seluruh tubuh.

Loading...

3. Aorta
Aorta merupakan pembuluh nadi atau arteri terbesar dalam tubuh, letak pembuluh ini berada pada bagian atas jantung. Aorta berfungsi untuk membawa darah yang kaya oksigen dari ventrikel kiri ke seluruh tubuh.

4. Katup Aorta
Katup Aorta merupakan katup yang memisahkan antara aorta dengan ventrikel kiri. Perubahan tekanan darah pada kedua bagian katup mengakibatkan katup dapat terbuka dan tertutup. Katup aorta memiliki fungsi untuk mencegah darah mengalir ke arah yang salah.

5. Katup Trikuspidalis
Katup Trikuspidalis atau Katup Trikuspid terdiri atas tiga daun katup. Katup Trikuspidalis akan terbuka apabila sistole berkontraksi dan akan menutup kembali. Katup ini berfungsi untuk memisahkan antara atrium kanan dan ventrikel kanan serta membantu mengalirkan darah yang mengandung sedikit oksigen dari atrium kanan ke ventrikel kanan.

6. Katup Mitral
Katup Mitral atau bicuspid merupakan katup yang memisahkan antara atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini akan terbuka apabila darah yang mengandung banyak oksigen dari atrium kiri akan mengalir ke ventrikel kiri. Katup Mitral berfungsi untuk mencegah darah yang ada dalam ventrikel kiri kembali ke atrium kiri.

7. Katup Atrioventrikular
Katup Atrioventrikular atau Katup Atrioventrikuler merupakan katup yang berada diantara atrium dan ventrikel. Katup Atrioventrikular berfungsi untuk membuat darah hanya dapat mengalir dari atrium ke ventrikel.

8. Arteri Pulmonalis
Arteri Pulmonalis merupakan arteri yang mengangkut darah dari jantung ke paru-paru. Arteri Pulmonalis berfungsi untuk mengganti karbon dioksida dan juga uap air yang ada dalam darah dengan oksigen.

9. Vena Kava Superior
Vena Kava Superior atau Vena Cava merupakan pembuluh balik atau vena terbesar yang ada dalam tubuh. Letak Vena Cava ini berada pada bagian atas jantung. Vena Kava Superior berfungsi untuk membawa kembali darah yang mengandung banyak karbon dioksida dari seluruh tubuh kebagian atas jantung.

10. Vena pulmonalis
Vena pulmonalis merupakan pembuluh vena pembawa darah yang mengandung banyak oksigen dari jantung ke atrium kiri. Vena pulmonalis terdiri dari Vena pulmonalis kanan dan Vena pulmonalis kiri. Vena pulmonalis berfungsi membawa darah yang kaya oksigen ke jantung untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

11. Vena Kava Inferior
Vena Kava Inferior atau vena cava inferior juga merupakan vena terbesar yang ada dalam tubuh. Vena Kava Inferior berfungsi untuk membawa darah dari bagian bawah tubuh ke atrium kanan.

12. Dinding Jantung
Dinding Jantung merupakan bagian paling luar yang melapisi jantung. Terdapat tiga lapisan dari dinding jantung yaitu epikardium (terluar), miokardium (bagian tengah), dan endokardium (terdalam). Epikardium merupakan sebuah membran fibrosa, miokardium terdiri atas otot jantung atau otot kardiak, dan endokardium terdiri atas epitel pipih selapis. Dindig Jantung memiliki fungsi untuk membuat jantung berdetak dan mencegah agar jantung tidak bocor.

13. Perikardium
Perikardium ialah selaput yang membungkus jantung. Selaput ini berfungsi untuk menjaga jantung dari guncangan.

Demikian artikel yang diberikan tentang Bagian Jantung dan Fungsinya dalam Organ Tubuh Manusia  semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya